5 Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Perawatan Telinga

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Telinga merupakan salah satu bagian dari anggota tubuh yang jarang dirawat. Letaknya yang tidak jauh dari wajah dan mata, telinga juga termasuk bagian yang kelihatan ketika berbicara dengan orang lain. Jika telinga kotor, tentulah akan membuat harga diri kita turun karena dianggap orang yang tidak bisa membersihkan diri. Telinga yang bersih membuat kita lebih percaya diri.

Ketika telingan kotor dan cairan pekat berwarna kuning menempel di bagian dalam daun telinga, tentu orang tidak akan betah bicara dengan kita karena jijik melihatnya. Perawatan telinga tidak hanya berkaitan dengan kebersihan tapi juga dengan kesehatan.

Sebelum melakukan perawatan telinga, perhatikan beberapa hal penting untuk kebersihan telinga berikut ini :

Perhatikan ketika keramas

Ketika keramas, berhati-hatilah ketika akan mengguyurkan air ke kepala. Kadang tanpa disadari air masuk ke lubang telinga. Ini akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri bahkan menganggu pendengaran. Hati-hati juga ketika menggosok telinga dengan sabun ketika mandi. Jangan sampai potongan sabun dan buih masuk ke telinga.

Jangan memasukkan benda

Kadang sebagian orang tanpa sadar memasukkan sebuah benda ke dalam telinga. Mungkin karena lagi banyak pikiran kemudian tangannya memainkan sebuah benda kecil, menggaruk dan tak sengaja masuk ke telinga.

Perhatikan tempat tidur

Kotoran di tempat tidur bisa saja masuk dengan posisi miring dan lainnya. Jika pun sebuah benda dianggap bisa mempercantik dan membuat telinga menjadi lebih sehat, tetap harus hati-hati.

Hati-hati membersihkan telinga dengan cutton bud

Salah satu cara yang sering digunakan untuk membersihkan telinga adalah dengan menggunakan cutton bud. Cotton bud digunakan untuk mengjangkau kotoran yang menempel pada bagian dalam telinga. Haruslah selektif dalam memilih cotton bud yang akan dimasukkan ke dalam telinga.

Pilih yang berukuran lebih kecil dan berbahan kapas yang tidak kasar sehingga tidak menimbulkan iritasi pada kulit telinga. Selain itu, jangan lupa perhatikan tempat meletakkan cotton bud.

Kebersihannya harus terjaga. Jika cotton bud kotor, maka kotoran tersebut akan terbawa hingga masuk ke dalam telinga. Bukannya membersihkan tapi malah membuat telinga semakin kotor. Taruhlah di tempat yang tertutup sehingga tidak dihinggapi debu, bakteri dan kotoran lainnya.

Konsultasikan sebelum memakai obat tetes

Jika anda mengalami masalah dengan telinga, sebaiknya hindari memilih obat sendiri tanpa konsultasi dengan dokter. Sebagaimana diketahui, penyakit dan masalah yang terjadi di telinga itu beragam jenisnya. Obat yang dipakai oleh seseorang belum tentu berkhasiat untuk orang lain. Bisa jadi jenis masalahnya berbeda sehingga penanganannya juga harus berbeda.

Sebagian orang tidak memperhatikan hal tersebut. Mereka memakai obat hanya berdasarkan perkiraan mereka sendiri. Terlebih kalau melihat orang terdekat bisa mengatasi masalah telinga dengan baik. Mereka menanyakan merek obatnya dan membeli sendiri di apotik. Sebaiknya, konsultasilah ke ahlinya bila terdapat masalah yang serius dengan telinga.

Bersihkan dengan kain basah

Jika ingin membersihkan bagian daun telinga, bersihkan dengan kain atau kapas basah. Ini berguna untuk mengangkat kotoran yang menempel. Namun, jangan terlalu basah agar air tidak masuk ke dalam lubang telinga.

***

Jangan menganggap sepele perawatan telinga. Nah, semoga beberapa tips di atas bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *