7 Langkah Praktis Facial di Rumah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Facial merupakan serangkaian perawatan wajah yang bertujuan agar kulit menjadi lebih bersih dan sehat. Pada umumnya, para wanita melakukan perawatan facial di klinik dermatologi ataupin salon-salon kecantikan. Namun sayangnya, tidak jarang seseorang malas melakukan facial dikarenakan rasa bosan saat menunggu antrian. Belum lagi, biaya yang diperlukan untuk facial juga cukup mahal.

Nah sebagai alternatif, anda juga bisa melakukan perawatan facial di rumah. Selain tidak memerlukan biaya yang mahal, facial di rumah juga praktis dan mudah untuk dilakukan. Berikut 7 langkah praktis facial di rumah yang dapat anda terapkan.

Bersihkan wajah dengan cleanser

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah dari kotoran, debu, dan sisa make-up. Caranya, oleskan milk cleanser pada wajah anda secara merata. Kemudian gosok wajah dengan menggunakan kapas untuk mengangkat kotoran. Terakhir, bilas dengan toner.

Basuh wajah dengan air

Setelah wajah dibersikan dengan cleanser, langkah selanjutnya adalah membasuh wajah dengan air untuk membersihkan sisa-sisa cleanser. Anda juga dapat menggunakan facial foam agar kulit wajah lebih bersih, sehingga tidak ada kotoran yang menyumbat pori-pori.

Lakukan Steaming atau Uap wajah

Steaming adalah proses penguapan pada wajah yang bertujuan untuk membuka pori-pori kulit. Apabila pori-pori telah terbuka, maka nantinya kulit semakin mudah untuk dibersihkan dari kotoran dan komedo.

Caranya, siapkan air hangat di dalam baskom atau panci. Kemudian dekatkan wajah di atas baskom tersebut hingga terasa uapnya. Lakukan selama 5 menit. Setelah itu, keringkan wajah dengan handuk.

Eksfoliasi

Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang telah kusam di permukaan kulit. Untuk melakukan eksfoliasi, anda dapat menggunakan facial scrub merk apapun yang cocok dengan kulit anda. Apabila anda tidak mempunyai produk facial scrub, anda dapat membuat sendiri ramuan untuk scrubbing.

Caranya, campurkan 1 sdm gula dengan 1 sdm minyak zaitun ke dalam mangkuk. Lalu oleskan pada wajah sambil dipijat-pijat. Lakukan pemijatan ekstra pada bagian kulit yang berkomedo, seperti di hidung, dagu, dan dahi. Jika anda mempunyai alat pore pack, maka gunakan untuk mengangkat komedo. Setelah 30 menit, basuh wajah dengan air hingga bersih.

*Apabila menggunakan produk facial scrub, sebaiknya hindari bagian kulit yang berjerawat karena dapat menyebabkan iritasi.

Gunakan masker wajah

Proses facial tidak akan lengkap tanpa penggunaan masker wajah. Gunakan jenis masker wajah yang sesuai dengan kulit anda. Apabila kulit anda kering, maka gunakan masker wajah untuk kulit kering. Begitu pula jika kulit anda berminyak, maka gunakan masker untuk kulit berminyak.

Apabila anda tidak mempunyai produk masker wajah, anda dapat membuat masker alami dari bahan-bahan yang ada di dapur. Sebagai saran, anda dapat memanfaatkan tomat dan jeruk. Tomat mengandung tinggi likopen yang berkhasiat mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Sedangkan jeruk mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan dan mengurangi pigmentasi kulit.

Caranya, haluskan tomat dan jeruk dengan blender. Selanjutkan oleskan campuran kedua bahan tersebut pada wajah secara merata. Diamkan beberapa menit. Sementara menunggu, anda dapat menggunakan irisan mentimun pada mata. Nah sesudah 30 menit, bilas wajah dengan air hingga bersih.

Pijat wajah dengan es batu

Setelah melalui beberapa tahap pembersihan, saatnya anda untuk menutup kembali pori-pori kulit. Caranya dengan memijat-mijat wajah dengan es batu. Es batu dapat membantu mengecilkan dan menutup pori-pori kulit, sehingga kulit terlihat lebih kencang.

Aplikasikan moisturizer atau pelembab pada wajah

Terakhir, aplikasikan moisturizer atau pelembab pada kulit anda. Hal ini bertujuan untuk melembabkan serta menutrisi kulit wajah. Sehingga kulit wajah tidak akan kekeringan sepanjang hari.

**

Selesai sudah serangkaian proses facial. Kini wajah anda akan terlihat lebih bersih, cerah, dan kencang seperti perawatan facial di klinik kecantikan.

(photo: (c) shutterstock)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *