5 Tips Pengobatan Alami untuk Tumit Kaki yang Retak

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tumit kaki yang retak adalah masalah umum bagi sebagian besar orang dan itu disebabkan oleh kurangnya kelembaban di kulit kaki. Walaupun kulit kaki yang kering bukanlah suatu masalah medis yang besar namun bagi sebagian orang itu bisa menjadi hal yang cukup memalukan, terutama bagi mereka yang senang memakai sepati dan sandal yang terbuka.

Tumit kaki yang retak kadang-kadang juga dapat menyebabkan infeksi dan juga dapat menimbulkan rasa sakit pada kaki hingga sulit untuk berjalan. Namun sebenarnya keretakan yang terjadi pada tumit kaki dapat dengan mudah diobati dengan beberapa pengobatan dasar yang bisa dilakukan di rumah.

Berikut ini 5 tips pengobatan rumah alami untuk tumit kaki yang retak dan kering:

1. Madu

Telah lama diketahui bahwa madu memiliki beragam manfaat. Madu merupakan pelembab alami dan juga mengandung anti bakteri yang akan melawan infeksi.

Cara terbaik untuk menggunakan madu pada tumit kaki yang retak adalah dengan menambahkan secangkir madu pada semangkuk air hangat dan mencampurnya dengan baik. Kemudian, rendam kaki Anda dalam campuran tersebut selama 20 menit dan madu akan menenangkan tumit kaki yang rerak dan memberikan kelembaban kembali ke dalamnya.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan yang luar biasa lain yang dapat digunakan dalam pengobatan rumah untuk tumit kaki yang retak. Minyak kelapa juga akan memberikan kelembaban alami dan dapat membuat tumit kaki Anda segera kembali mulus setelah pengobatan. Lakukan pengobatan ini sebelum tidur di malam hari.

Caranya adalah rendam kaki Anda dalam air hangat dan gosokkan dengan lembut menggunakan spons untuk mengangkat sel kulit mati yang berlebihan. Setelah itu keringkan kaki Anda secara menyeluruh dan kemudian pijat kaki Anda dengan minyak kelapa, lalu pakailah sepasang kaos kaki, dan biarkan selama semalam sampai Anda bangun pagi keesokan harinya.

3. Pisang

Pisang sarat dengan enzim yang membantu untuk mempromosikan pertumbuhan sel kulit baru yang sehat, dan minyak kelapa merupakan pelembab kulit yang luar biasa.

Anda bisa memadukan keduanya dengan cara menghaluskan sebuah pisang yang ditambahkan dengan 2 sendok makan minyak kelapa dan oleskan campuran tersebut pada tumit kaki yang retak dengan melakukan pemijatan. Biarkan selama 20 menit kemudian cuci dengan air hangat.

4. Garam Epsom/Inggris

Garam Epsom/Inggris dengan butirannya yang besar ternyata juga dapat membantu dalam mengatasi kulit kering. Dengan menambahkan 3 cangkir penuh garam dalam baskom yang berisi air hangat. Kemudian rendam kaki dalam baskom tersebut selama 20 menit.

Setelah itu tepuk-tepuk kaki Anda hingga kering dan kemudian lakukan pemijatan dengan menambahkan beberapa tetes minyak kelapa atau minyak zaitun untuk melembabkannya.

5. Sari Cuka Apel

Sari cuka apel memiliki khasiat untuk melunakkan kaki dan membuatnya lebih mudah untukmenghilangkan sel kulit mati. Caranya adalah rendam kaki Anda selama 15 menit dalam baskom yang berisi air hangat dan didalamnya telah dicampur dengan larutan sari cuka apel sebanyak 1/2 cangkir.

Asam asetat yang terkandung dalam sari cuka apel akan melembutkan kulit yang keras sehingga akan memudahkan untuk menghilangkan sel kulit mati dengan bantuan batu apung yang digosokkan pada tumit kaki yang retak tersebut. Tetapi ingat, jangan menggosoknya terlalu keras dan berikan pelembab pada tumit kaki Anda seperti minyak zaitun atau minyak kelapa setelahnya.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “5 Tips Pengobatan Alami untuk Tumit Kaki yang Retak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *