Rahasia Cahaya Matahari Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata matahari? Mungkin ada yang berpikir matahari adalah anugrah besar yang diberikan Sang Pencipta kepada kita. Namun ada juga yang langsung berpikir matahari itu membuat kita jadi panas, dan kulit jadi gelap.

Bagi sebahagian masyarakat Asia, khususnya Indonesia, matahari masih dianggap sebagai musuh kecantikan kulit. Demi kulit putihnya, orang-orang terlebih wanita sangat menghindari kontak matahari secara langsung. Tak heran pula saat ini kita lihat orang-orang mamakai payung padahal tidak ada hujan. Tentunya payung itu dimaksudkan untuk melindungi tubuh dari sinar matahari.  Sebaliknya para wisatawan asing terutama yang berasal dari Eropa malah suka sekali berjemur di bawah matahari.

Mungkin  belum banyak yang tahu, cahaya matahari ternyata banyak manfaatnya terhadap kesehatan dan kecantikan apalagi matahari pagi. Kamu pasti sering lihat para wanita sering membawa bayinya keluar rumah di pagi hari untuk mendapatkan cahaya matahari pagi. Sebenarnya kenapa sih matahari bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan? Berikut rahasianya :

Sumber Vitamin D

Matahari adalah salah satu sumber vitamin D. Vitamin D, adalah vitamin yang sangat berperan dalam pembentukan tulang dan gigi, Selain itu vitamin D juga bermanfaat untuk kulit. Vitamin D dapat menghilangkan lemak serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan vitamin D dari cahaya matahari, setidaknya kita harus terpapar sinar matahari pagi antara jam 06:00 hingga jam 09:00 selama 20 hingga 30 menit. Dalam 20 hingga 30 menit tersebut kulit bisa memproduksi 10.000 iu Vitamin D.

Kita bisa mendapatkan cahaya matahari sambil olahraga di pagi hari dengan jogging atau berjalan kaki ke tempat kerja. Pentingnya Vitamin D juga bisa terlihat dari perannya dalam menggantikan sel-sel yang mati. Dalam 1 menit saja 30.000 s/d 40.000 sel mati dan harus diganti. Vitamin D terlibat secara langsung dalam proses ini. Vitamin D akan meremajakan dan mengganti sel kulit yang mati.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam dunia kesehatan, kolesterol bisa menjadi ancaman yang cukup besar. Kolesterol bisa menyebabkan stroke, serangan jantung, diabetes dan berbagai penyakit lain. Bejemur di bawah sinar matahari bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Hal itu disebabkan karena matahari bisa membantu tubuh dalam proses metabolisme sehingga bisa merubah kadar kolesterol menjadi hormon reproduksi. Penderita stroke dan lanjut usia sangat disarankan untuk berjemur di bawah matahari pagi.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Darah dalam tubuh manusia sangat penting untuk membuat sistem tubuh berjalan dengan baik. Darah menyerap nutrisi dari makanan dan minuman. Selain itu darah akan mengangkut berbagai jenis enzim dan hormon yang digunakan tubuh untuk menormalkan sistem metabolisme.

Paparan cahaya matahari secara langsung bisa membantu tubuh dalam meningkatkan sirkulasi darah dan membuat jaringan tubuh menjadi lebih baik.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Menurutmu, mana yang lebih sehat para kuli bangunan daripada seorang profesor? Kuli bangunan yang pekerjaannya dibawah sinar matahari ternyata lebih jarang sakit. Sedangkan seorang profesor ada-ada saja penyakit yang dideritanya. Hal ini terjadi karena sinar matahari dapat membantu dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Tak heran, masyarakat pedesaan yang umumnya bekerja sebagai petani banyak yang lebih sehat daripada pegawai kantoran. Sinar matahari akan diserap kulit dan disalurkan ke sel-sel tubuh sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan orang yang sering berjemur di bawah sinar matahari akan memiliki kandungan sel darah putih yang memenuhi sehingga membuat tubuh bisa melawan kuman dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mengatasi Penyakit Pengerasan Pembuluh Darah

Semua jenis penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah akan meningkatkan resiko pengerasan pembuluh darah. Penyakit ini juga bisa membuat pengerasan dalam pembuluh darah menjadi lebih cepat.

Untuk mengatasi masalah ini maka bisa melakukan terapi berjemur dibawah matahari terutama saat pagi hari. Paparan cahaya matahari bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Nah, itulah rahasia kesehatan yang terdapat pada cahaya matahari. Tak heran warga barat yang memang pengetahuannya lebih  tinggi sudah mulai membiasakan diri berjemur matahari.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *