7 Kriteria Sepatu Yang Baik Untuk Kesehatan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sepatu sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Kita menggunakan sepatu  hampir dalam berbagai kegiatan seperti sekolah, bekerja, dan kegiatan di luar rumah lainnya. Berbagai model sepatu pun bermunculan untuk menunjang penampilan kita. Kita bahkan seringkali kebingungan di toko sepatu karena banyaknya jenis dan model yang ditawarkan, mulai dari sepatu biasa yang sederhana sampai sepatu highhell yang tingginya mencapai 20 cm.

Alasan orang memilih sepatupun berbeda-beda. Ada yang membeli sepatu untuk kebutuhan tertentu seperti bekerja, olahraga, sekolah, dan ada pulang yang hanya sekedar ikut trend. Ada yang menyesuaikan dengan warna pakaian mereka, adapula yang tergiur hanya karena modelnya.

Hal yang sering dilupakan sebenarnya bukan trend, model maupun warna melainkan faktor kesehatan. Mengingat tubuh ini adalah aset yang harus dijaga, maka kesehatan harus menjadi sesuatu yang harud diutamakan. Lalu apa sih kriteria sepatu yang baik untuk kesehatan?

Lentur

Sepatu yang baik untuk kesehatan adalah sepatu yang lentur. Karena sepatu yang lentur membuat kaki kita merasa nyaman. Sepatu yang kaku atau keras bisa menyebabkan cidera kaki dan mengakibatkan iritasi pada kulit kaki. Jadi, pilihkan sepatu yang berbahan lentur agar tetap nyaman dan sehat

Ringan

Sepatu yang kita pakai hendaknya tidak mengganggu aktifitas kita. Sepatu yang ringan akan membuat kita bebar dan leluasa bergerak. Selain itu sepatu yang ringan juga bisa membantu kita menghemat energi. Coba kamu lihat, adakah atlit lari yang pakai sepatu boot saat berlari. Tak ada kan?

Sol yang tebal

Selain membuat sepatu lebih awet, sepatu yang mempunyai sol tebal juga baik untuk kesehatan. Sol yang tebal akan membuat kita nyaman berjalan karena dapat menjaga kaki dari benturan dan getaran.

Bisa menyerap keringat

Keringat yang terjebak didalam sepatu, selain menimbukkan bau yang kurang sedap juga membuat kaki merasa tidak nyama. Kaki yang terkurung selama berjam-jam bisa melepuh dan sakit. Oleh karena itu, agar tetap sehat, pilihlah sepatu yang berbahan kulit, suede atau kain agar kaki bisa bernafas. Hindari penggunaan sepatu berbahan dasar sintetis karena tidak bisa menyerap keringat.

Bantalan empuk

Bantalan kaki yang keras tentunya akan membuat kaki kram dan sakit. Oleh karena itu, pilihlah sepatu yang berbantalan empuk agar kaki tetap nyaman.

Tidak terlalu ketat

Sepatu tentunya harus sesuai ukuran kaki. Sepatu yang kebesaran tentu akan membuat tidak percaya diri pemakainya. Namun sepatuyang terlalu ketat membuat kaki sakit dan tidak berhafas. Pilihlah sepatu yang mempunyai rongga agar kaki bisa bernafas. Pemilihan sepatu yang agak runcing di depannya bisa jadi solusi.

Tidak Terlalu Tinggi

Highheel adalah sepatu yang paling dugemari saat ini. Dengan memakai sepatu ber heel tinggi, wanita merasa lbih percaya diri karena terlihat lebih tinggi. Sepatu ber heel tinggi juga membuat mereka merasa tampil lebih anggun dan berwibawa. Hampir semua pekerja wanita memakai highheel, baik itu guru, pEgawai kantoran apalagi selebritis.

Mereka mungkin sebenarnya sadar, penggunaan highheel terlalu lama membuat kaki pegal namun tuntutan pekerjaan mengharuskan mereka memakain highhee. Untuk mengatasinya, pilihlah highheels yang tidak terlalu tinggi. Dan jangan memakainya dalam waktu yang sangat lama.

Penampilan cantik memang penting, tapi kesehatan jauh lebih penting. Stay healthy!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *