Tips Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Pembersih wajah mememegang peran penting dalam kesehatan kulit dengan menjaga kulit Anda tetap segar. Pembersih wajah yang tepat akan memaksimalkan fungsi produk perawatan kulit yang lainnya. Membasuh kulit Anda di pagi hari juga membuat wajah segar sebelum Anda menggunakan makeup.

Umumnya Anda harus mencuci wajah Anda tidak lebih dari dua kali sehari, sekali di pagi hari untuk menghilangkan minyak, bakteri, dan kotoran dari malam sebelumnya dan sekali di malam hari untuk menghapus riasan, tabir surya, dan kotoran yang menempel setelah seharian beraktivitas.

Pilih pembersih yang lembut dan harus cukup kuat untuk membersihkan, tetapi tidak begitu keras dan membuat kulit Anda kering. Anda bisa mencoba menggunakan pembersih di tangan Anda sebelum menggunakannya di wajah Anda.

Sebelum Anda membeli pembersih wajah, pastikan untuk memeriksa daftar bahannya. Sejumlah besar deterjen seperti sodium lauryl sulfate memiliki sifat pengeringan. Natrium laureth sulfate memiliki sifat lebih ringan dan lembut. P

embersih wajah harus dapat menghilangkan minyak dan sekresi lemak lainnya dari kelenjar sebaceous di kulit, tapi pada saat yang sama produk ini tidak boleh menghilangkan lipid alami seperti ceramides, yang memiliki peran penting dalam melindungi kulit wajah dari perubahan pH air.

Jenis-Jenis Pembersih Wajah

Berikut beberapa jenis pembersih yang ada di pasaran :

1. Normal Cleanser. Jenis kulit normal dapat menggunakan facial foam yang merupakan produk pembersih paling populer.

2. Dry Cleanser. Kulit kering diharuskan menggunakan krim pembersih yang melembabkan. Penggunaan pembersih dengan bahan yang lembut sangat cocok untuk kulit kering.

3. Oily Cleanser. Kulit berminyak harus menggunakan pembersih berbasis air atau produk yang dibuat untuk jenis kulit berminyak, untuk memperlambat produksi minyak. Beberapa pembersih yang sesuai untuk kulit berjerawat, akan cocok untuk kulit berminyak.

4. Combination Cleanser. Facial foam, gel atau lotion pembersih dengan pH yang benar bisa menjadi pembersih yang baik untuk jenis kulit kombinasi.

5. Sensitive Cleanser. Orang dengan kulit sensitif dapat bereaksi dengan mudah pada produk dengan wewangian dan pengawet tertentu, dan harus menghindari pembersih dengan scrub. Pembersih dengan bahan Cetaphil dan Aquanil lotion juga dapat Anda pilih untuk kulit sensitif.

6. Acne Cleanser. Pembersih untuk kulit berjerawat umumnya digunakan untuk menghilangkan akumulasi minyak, make-up, keringat, dan kotoran pada permukaan kulit Anda. Dengan demikian, produk ini umumnya memudahkan produk perawatan jerawat untuk diserap. Namun, penggunaan produk pembersih yang berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi.

7. Anti-bacterial Cleanser. Produk ini mengandung Triclosan yang merupakan bahan aktif yang paling umum untuk produk anti bakteri. Beberapa merk produk pembersih antibakteri yang tersedia juga bermanfaat bagi orang dengan kulit berjerawat, seperti produk yang mengandung Tersaseptic.

8. Mild Cleanser. Mild cleanser yang berbeda tersedia untuk kulit berjerawat dan ada beberapa jenis pembersih yang dapat Anda gunakan jika kulit Anda teriritasi. Produk yang bebas minyak dan produk non-comedogenic biasanya termasuk di dalamnya.

Tips Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

Untuk memilih pembersih yang baik untuk kulit Anda, Anda ingin ikuti langkah berikut:

1. Periksa untuk melihat apakah pembersih yang cocok untuk jenis kulit Anda

Sebagai contoh, jika pembersih ditujukan untuk kulit berminyak, Anda tidak bisa menggunakannya jika Anda memiliki kulit kering karena pembersih untuk jenis kulit berminyak akan bersifat lebih kuat.

2. Periksa bahan-bahan penyusunnya

Jika kadar bahan yang keras, seperti natrium laureth sulfate (SLES), natrium lauril sulfat (SLS), mentol, atau alkohol tercatat tinggi pada daftar produk yang Anda pilih, lebih baik Anda memilih pembersih lain dan kembali ke langkah 1.

3. Baca ulasan produk

Lihat apa yang orang lain katakan produk pembersih yang Anda pilih apakah produk tersebut menyebabkan reaksi yang merugikan pada orang-orang yang menggunakannya. Jika memungkinkan, Anda bisa mendapatkan sampel dari pembersih sebelum membeli produk lengkap.

4. Uji pembersih pada kulit Anda

Lihat bagaimana wajah Anda bereaksi ketika pembersih wajah Anda gunakan. Jika setelah menggunakan pembersih kulit Anda terasa kering, akan lebih baik jika Anda memilih produk yang lain.

5. Jangan lupakan toner

Setelah mencuci wajah dengan pembersih, gunakan toner bebas alkohol untuk membersihkan kulit Anda

**

Jika pada kapas terdapat banyak sisa makeup dan atau terlihat sangat kuning karena sebum, bukan warna toner itu sendiri, maka pembersih Anda mungkin tidak membersihkan dengan cukup baik.

Jika hal ini terjadi, maka Anda perlu mencari pembersih yang lebih kuat atau menggunakan makeup remover untuk menghapus semua produk makeup yang bersifat water proof sebelum Anda mencuci muka.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *