9 Perawatan Alami untuk Mengatasi Ketombe

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Ketombe, juga dikenal sebagai seboroic dermatitis adalah gangguan kulit kepala yang umum. Hal ini dapat terjadi karena kulit kering, kulit berminyak yang teriritasi, pertumbuhan bakteri dan jamur pada kulit kepala, kondisi kulit terinflamasi dan faktor-faktor lainnya seperti pola makan yang salah, stress dan penggunaan shampo yang berlebihan.

Hal ini menyebabkan gatal-gatal disertai pembentukan serpihan kulit kering pada kulit kepala dalam jumlah banyak. Ketombe dapat dikontrol dengan mengikuti rutinitas perawatan rambut sehat. Anda juga dapat mencoba beberapa pengobatan alami sederhana untuk mengatasi ketombe.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa membantu menghilangkan ketombe karena memiliki sifat antijamur. Bahan ini juga melembabkan kulit kepala yang kering dan meredakan rasa gatal.

Ambil sedikit minyak kelapa dan campur dengan jus lemon dengan ukuran setengahnya. Gosokkan pada kulit kepala Anda dan pijat selama beberapa menit. Bilas rambut Anda setelah setidaknya 20 menit. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali seminggu.

3. Cuka sari apel

Perawatan kulit kepala dengan cuka sari apel efektif dalam menyingkirkan ketombe. Cuka sari apel dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala, sehingga menghambat pertumbuhan jamur. Bahan ini juga bekerja sebagai clarifier rambut alami dan membantu membersihkan pori-pori dan folikel rambut yang tersumbat.

Ambil dua sendok makan cuka sari apel. Campur dengan air dalam jumlah yang sama dan 15-20 tetes minyak pohon teh di dalamnya. Oleskan ke kulit kepala Anda dan pijat. Bilas rambut Anda setelah beberapa menit. Ikuti pengobatan alami ini dua atau tiga kali seminggu.

4. Baking Soda

Baking soda merupakan exfoliant ringan yang membantu mengangkat sel kulit mati dan menyerap minyak berlebih. Bahan ini juga dapat membantu menurunkan kadar pH dan menciptakan keseimbangan pada kulit kepala dan mengurangi pertumbuhan jamur yang menyebabkan ketombe.

Basahi rambut Anda dan gosokkan baking soda ke kulit kepala Anda. Setelah beberapa menit, bilas rambut Anda dengan air hangat. Ulangi sekali atau dua kali seminggu selama beberapa minggu.

5. Cuka putih

Cuka putih adalah salah satu yang perawatan alami yang terbaik untuk ketombe. Cuka memiliki asam asetat yang mencegah pertumbuhan jamur pada kulit kepala Anda dan mengurangi gatal. Tambahkan satu setengah cangkir cuka ke dua gelas air. Bilas rambut Anda dengan campuran ini setelah keramas.

Pilihan lainnya adalah pijat kulit kepala Anda dengan campuran dari dua bagian cuka putih, satu bagian minyak zaitun dan tiga bagian air. Setelah 10 menit, bilas dan bilas rambut Anda menggunakan sampo ringan. Ikuti salah satu dari perawatan ini sekali atau dua kali seminggu.

6. Minyak Zaitun

Ada dua manfaat dari penggunaan minyak zaitun dalam pengobatan ketombe. Yang pertama, minyak zaitun melembabkan daerah kering pada kulit kepala dan mencegah pengelupasan. Kedua, minyak zaitun dapat meresap ke dalam daerah tebal dan bersisik pada kulit kepala yang menyebabkan masalah ketombe.

Kulit kepala kering dapat disembuhkan dengan penggunaan rutin extra virgin olive oil yang merupakan pelembab alami yang efektif. Panaskan sedikit minyak zaitun sampai sedikit hangat. Pijat ke kulit kepala Anda dan kemudian bungkus rambut Anda dengan handuk hangat.

Biarkan selama setidaknya 45 menit atau semalam dan kemudian lakukan keramas dengan sampo ringan dan gunakan kondisioner seperti biasa. Ulangi perawatan ini beberapa kali seminggu.

7.Yogurt Dan Lada

Kombinasi yogurt dan merica adalah salah satu metode terbaik untuk menyembuhkan ketombe. Yogurt juga menjaga kelembaban kulit kepala, sedangkan merica adalah bahan antijamur. Pastikan bahwa yoghurt dan merica yang Anda gunakan dalam keadaan segar.

Ambil dua sendok lada hitam dan giling halus. Tambahkan satu cangkir yoghurt. Campur dan oleskan pada kulit kepala, bukan pada rambut. Biarkan selama satu jam dan kemudian bilas. Gunakan sampo ringan setelah itu.

8. Minyak pohon teh

Oleskan sedikit minyak ini pada kulit kepala Anda. Biarkan selama 5 menit dan bersihkan. Ulangi perawatan ini 2-3 kali selama seminggu. Minyak pohon teh sering memicu alergi pada beberapa orang. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan sampo minyak pohon teh yang mengangung kadar minyak ini sebesar 5%.

9. Kulit jeruk

Asam sitrat dan vitamin C dalam jeruk membantu dalam memperbaiki tekstur kulit. Selain itu kulit jeruk juga memiliki manfaat yang besar bagi rambut. Zat asam pada kulit jeruk membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala.

Campur kulit jeruk dan jus lemon dalam food processor untuk membuat pasta. Oleskan ke kulit kepala, biarkan selama setengah jam dan bilas dengan shampo. Ulangi perawatan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *