Cara Menghaluskan Dagu yang Kasar

DOKTERCANTIK.COM – Bagi wanita, memiliki dagu yang kasar akan membuat anda kurang rasa percaya diri. Dagu yang kasar tersebut bisa disebabkan karena alergi atau sensitivitas, kadang terasa agak gatal dan bersisik. Oleh karena itu, coba cek kembali produk perawatan kulit yang anda gunakan karena bahan kimia atau pewangi dalam produk perawatan kulit dapat menimbulkan reaksi alergi.

Namun jika dagu anda tidak terasa gatal atau tidak ada pengelupasan, maka kemungkinan penyebabnya adalah sensitivitas terhadap bahan dalam produk perawatan kulit. Hal ini sangat umum dan akan terus berkembang selama anda menggunakan produk perawatan kulit yang sama.

 

Cara Menghaluskan Dagu yang Kasar

Jika anda ingin menghilangkan alergi atau sensitivitas, coba untuk berhenti menggunakan segala macam produk perawatan kulit. Apabila dalam 1-2 hari terlihat perbedaanya, maka anda bisa mengganti dengan produk perawatan kulit yang lain. Sebaliknya jika dagu anda masih kasar, cobalah untuk melakukan perawatan kulit secara alami seperti di bawah ini.

TERKAIT:  6 Tips Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Dagu yang kasar juga bisa disebabkan oleh kulit kering. Biasanya kulit kering tidak hanya terjadi pada satu daerah saja. Coba mulai perhatikan wajah anda dengan seksama, apakah ada bagian lain yang kasar atau kering?

Jika sebagian besar wajah anda kering, solusinya adalah memakai pelembab yang tidak mengandung minyak atau petrolatum mineral. Anda harus cermat memperhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam produk perawatan kulit dan kosmetik, karena ada bahan yang menyebabkan kulit kering dan kasar dengan mengubah tingkat pH alami kulit.

Menurut ahli kesehatan, yang dikutip dari Artbybeatriz, masalah dagu kasar juga bisa disertai dengan munculnya jerawat kecil-kecil. Hal ini disebabkan oleh organ tubuh yang tidak bekerja maksimal. Jerawat yang muncul di daerah dagu biasanya menandakan masalah pada organ-organ tubuh seperti ginjal, kandung kemih, dan pencernaan.

TERKAIT:  3 Bahan Alami Ampuh Untuk Mencerahkan Kulit

Solusinya, anda perlu menjaga apa yang akan anda makan. Konsumsilah makanan yang bergizi, mengandung vitamin dan protein tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran.

Perawatan dagu kasar secara alami

Masalah dagu kasar dapat anda atasi dengan cara alami seperti yang dilansir dari Bisikan.com. Selain mengganti produk perawatan kulit, menggunakan pelembab, dan menjaga pola makan seperti yang sudah dijelaskan di atas, anda juga perlu melakukan perawatan kulit secara alami. Asalkan anda melakukannya dengan rutin, maka hasilnya pun akan optimal. Dagu anda akan kembali halus dan rasa percaya diri anda akan meningkat.

  1. Putih telur

Putih telur dapat menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit yang kasar. Anda dapat menggunakannya untuk bagian dagu. Caranya, siapkan telur kemudian pisahkan bagian putih dan kuning telurnya. Oleskan bagian putih telurnya pada dagu dan diamkan selama 30 menit sampai kering.

TERKAIT:  5 Penyebab Kulit Cepat Keriput

Apabila anda ingin menghaluskan seluruh wajah, anda dapat mengoleskannya ke seluruh wajah. Setelah putih telur mengering di wajah, bilas menggunakan air bersih.

  1. Pisang ambon

Anda juga dapat menghaluskan dagu yang kasar dengan pisang ambon. Caranya, kukus pisang ambon kemudian haluskan pisang ambon dengan cara ditumbuk atau diblender sampai menjadi bubur. Oleskan pisang ambon yang sudah menjadi bubur pada dagu secara merata.

  1. Madu

Menggunakan madu juga cukup mudah dan efektif, hanya dengan mengoleskan madu murni pada dagu secara teratur. Lalu diamkan madu hingga mengering, setelah itu barulah anda dapat membilasnya sampai bersih.

(Gambar : drprem.com)