6 Hal Penting Untuk Diperhatikan Saat Facial

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bagi kamu yang sangat peduli masalah penampilan dan kecantikan, kamu tentunya tidak asing lagi dengan perawatan facial. Kamu bahkan mungkin sering melakukannya baik yang harganya cukup terjangkau sampai yang harganya cukup tinggi. Hal itu sangat wajar mengingat wanita sangat ingin terlihat cantik. Beberapa perawatanpun dilakukan demi penampilan cantik tersebut. Termasuk perawatan facial secara rutin.

Karena terlalu semangatnya kita untuk tampil cantik terkadang kita lupa bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat perawatan facial. Hal-hal tersebut adalah :

Kenali Jenis Kulit

Sebelum melakukan facial, kita harus mengenali jenis kulit terlebih dahulu. Kita bisa berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli dermatatologi untuk mengetahui apakah wajah kita aman untuk di facial atau tidak. Orang dengan kulit sensitif biasanya tidak aman untuk dilakukan facial karena pada kulit sensitif, facial rentan terhadap peradangan atau alergi terhadap bahan-bahan yang digunakan.

Selain kulit sensitif, orang yang memiliki kulit kering juga tidak disarankan untuk melakukan facial karena  perawatan facial memungkinkan munculnya jerawat. Hal ini terjadi karena kulit mati yang melekat akan dibersihkan hingga tuntas. Padahal kulit mati pada kulit kering ini berfungsi mencegah iritasi.

Jadi jangan terburu-buru dan asal ikut saja untuk mendapatkan perawartan facial. Kenalilah jenis dan kondisi kulit terlebih dahulu.

Pilih Perawatan di Tempat yang Tepercaya

Seiring meningkatnya kebutuhan untuk tampil cantik, salon-salon kecantikanpun bermunculan dimana-mana. Mulai dari salon dengan tempat yang sederhana sampai salon yang mewah. Namun sebaiknya kita berhati-hati memilih tempat yang bagus untuk melakukan perawatan karena akhir-akhir ini kita sering melihat berita maraknya dokter-dokter kecantikan gadungan yang pastinya akan merugikan kesehatan kita.

Apalagi, untuk kita yang mau facial untuk pertama kali, ada baiknya kita langsung berkonsultasi dengan dokter ahli di rumah sakit maupun klinik kecantikan yang terpecaya. Hal ini untuk mencegahh agar kita tidak menjadi korban kasus-kasus penipuan berkedok dokter kecantikan.

Perhatikan Kebersihan Alat-Alat Facial

Facial dimaksudkan untuk membersihkan wajah. Untuk itu peralatan facial yang digunakan haruslah bersih dan steril agar kuman-kuman pada peralatan tersebut tidak masuk ke dalam wajah kita dan  malah membuat kondisi wajah lebih buruk. Perhatikanlah apakah peralatan yang digunakan bersih sehingga aman untuk wajah kita dan tidak menimbulkan jerawat dan iritasi.

Jangan Facial Saat Menstruasi

Kita tidak boleh melakukan facial saat haid. Hal ini dikarenakan kondisi kulit yang sensitive saat haid sehingga dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah setelah melakukan facial.

Jangan Facial Jika Terdapat Luka Atau Memar Di Wajah

Facial yang melibatkan bahan kimia bisa menimbulkan iritasi dan peradangan. Jadi jika kita punya luka atau memar di wajah, sebaiknya perawatan facial kita tunda dulu sampai luka tersebut sembuh.

Jangan Terlalu Sering Melakukan Facial

Meskipun facial sangat dianjurkan, tapi terlalu sering melakukan facial akan membuat kulit menjadi tipis dan sensitif. Jadi jangan melakukan facial terlalu sering. Facial bisa kita barengi dengan perawatan kulit secara alami seperti  memakai masker, dan perawatan alami lainnya.

***

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan tentang perawatan facial. Kita boleh semangat untuk tampil cantik. Tapi kita tetap harus memperhatikan hal-hal tertentu agar hasil yang didapatkan maksimal.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *