7 Tips Jitu Merawat Kulit Kering

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kulit kering dapat disebabkan berbagai faktor, baik dari internal atau eksternal. Hal ini bisa saja terjadi secara genetis, atau bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti penyakit tiroid, alergi, atau asma. Namun, penyebab kulit ternyata lebih banyak disebabkan oleh faktor eksternal, seperti cuaca dingin, atau kelembaban rendah.

Bahkan, jika anda kerap mandi terlalu sering menggunakan produk sabun yang kasar, itu juga bisa menyebabkan kulit anda kering karena menyebabkan minyak terusir dari permukaan kulit. Terkadang pula, kulit yang kering bisa tambah parah akibat penggunaan moisturizer kulit yang salah.

Mari simak tips jitu merawat kulit kering berikut ini. Berikut uraiannya.

Pakai moisturizer lebih banyak sesuai usia

Tipe kulit setiap orang tentunya berbeda-beda, namun sebagai aturan umum, semakin muda anda pakailah moisturizer dengan kandungan minyak alami, semakin anda menua, siapkan untuk menggunakan moisturizer lebih rutin, karena kulit pun akan cenderung mengering.

Pakai moisturizer setelah mandi

Setiap kali anda habis mandi, jangan lupa untuk mengaplikasikan minyak losion, atau pelembut ke tubuh anda. Cara ini akan selalu membuat kulit anda tetap terjaga lembut.

Turunkan temperatur AC

Salah satu faktor penyebab kulit kering yang lain juga adalah udara dingin, maka jika anda berada dalam ruangan ber-AC, pastikan turunkan temperaturnya sewajar mungkin. Sama halnya, jika anda mandi air panas, itu juga akan cepat membuat kulit anda cepat kering.

Pakai moisturizer di malam hari

Banyak di antara kita yang menggunakan moisturizer pada pagi hari sebagai rutinitas, namun jangan lupa juga anda perlu memakai moisturizer saat anda akan pergi tidur. Selama seharian, wajah anda terpapar dengan berbagai gangguan (angina, dingin, cuaca, dan polusi). Hal itu dapat menghilangkan kelembutan alami kulit, jadi aplikasikan moisturizer yang pas dengan jenis kulit anda.

Hindari menjilati bibir

Tak hanya kulit, tapi bibir juga bisa menjadi kering, dan pecah-pecah, sakit, dan tentu saja terlihat jadi tak menarik. Maka, hindari, menjilati bibir anda, karena air saliva mengandung enzim yang dapat menghilangkan kelembaban kulit. Cobalah aplikasikan lip balm yang sesuai dengan bibir anda.

Exfoliasi

Melakukan exfoliasi atau pengelupasan kulit jauh lebih baik dilakukan sebelum anda mengaplikasikan moisturizer. Hal untuk membuang terlebih dulu sel-sel kulit mati.

Perhatikan diet anda

Apa yang anda makan dan minum tentunya dapat memengaruhi kondisi kulit, jadi pastikan untuk minum air putih yang cukup dan konsumsi omega 3 asam amino, yang bisa didapat dari ikan, minyak linen, dan kacang-kacangan.

**

Kulit kering sangat rentan mengalami beragam masalah seperti kulit terkelupas atau pecah-pecah yang tentu saja tidak sedap dipandang mata. Sangat penting untuk menerapkan perawatan kulit kering secara rutin agar kulit menjadi lembab dan halus. Selain itu, nutrisi yang anda makan dan asupan air yang cukup juga harus diperhatikan. Semoga bermanfaat ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *