10 Tips Aman Menggunakan Tabir Surya

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tabir surya adalah zat yang melindungi kulit dengan memantulkan, menyerap, dan menyebarkan radiasi sinar UV, yang merupakan produk yang paling penting dalam perawatan kecantikan. Tabir surya akan berfungsi sebagai pelindung yang melindungi kulit Anda, mencegah keriput, bintik-bintik coklat, dan kanker.

Tabir surya tersedia dalam berbagai bentuk seperti lotion, krim, salep, gel, stick, dan semprot. Beberapa tabir surya hanya melindungi terhadap sinar UVB, sementara yang lain melindungi dari UVA dan UVB dan karena itu tabir surya jenis ini diklasifikasikan sebagai broad-spectrum dan direkomendasikan untuk semua orang.

Tabir surya fisik menggunakan pigmen mineral, seperti titanium dioksida atau seng oxyde, untuk merefleksikan dan menyebarkan radiasi sinar UV. Sementara tabir surya kimia menggunakan menggunakan bahan sintetis yang mampu mengubah sinar UV menjadi bentuk yang kurang berbahaya.

Tips Aman Menggunakan Tabir Surya

Tidak semua orang dapat menggunakan tabir surya dengan aman, oleh karena itu beberapa tips di bawah ini dapat Anda gunakan sebagai panduan untuk menggunakan tabir surya dalam keseharian Anda:

1. Pastikan menggunakan tabir surya saat di luar ruangan

Selalu gunakan tabir surya setengah jam sebelum pergi ke luar. Lakukan penggunaan produk tabir surya kembali setiap dua jam, terutama jika Anda tinggal di luar ruangan untuk jangka waktu yang panjang.

Manusia rata-rata membutuhkan sekitar 35 ml tabir surya. Ingatlah untuk menggunakan tabir surya untuk setiap bagian tubuh Anda yang mungkin terkena sinar matahari.

2. Tabir surya dengan SPF tinggi

Dermatologist merekomendasikan Anda menggunakan minimal SPF 15 hari untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV. Terutama ketika matahari bersinar terik dan Anda terbiasa menghabiskan banyak waktu di luar rumah, tidak ada salahnya untuk menggunakan SPF yang lebih tinggi.

3. Tabir surya tahan air

Jika Anda berkeringat lebih banyak, berencana untuk berolahraga di luar atau pergi berenang di laut, pilih tabir surya yang tahan air. Tabir surya jenis ini hanya akan tetap efektif setelah 40 atau 80 menit (periksa label untuk memastikan) di dalam air. Setelah itu, Anda masih harus menggunakannya kembali.

4. Tabir surya dengan zinc oxyde

Jika Anda memiliki kulit sensitif yang rentan terhadap alergi dan iritasi, atau Anda sedang mencari tabir surya untuk anak Anda, pilih tabir surya yang mengandung Zinc Oxyde yang memberikan perlindungan yang lebih luas, dan sangat lembut di kulit. Pilih produk tanpa alkohol, aroma, atau pengawet yang keras.

5. Gunakan dalam urutan yang tepat

Zinc Oxyde dan Titanium Dioxyde memberikan perisai pada kulit yang memantulkan sinar matahari. Produk dengan bahan ini dapat digunakan kapan saja.

Bahan dalam tabir surya lainnya seperti Avobenzone dan octocrylene akan mengikat kulit untuk memberikan perlindungan matahari. Oleh karena itu, tabir surya dengan bahan ini harus dioleskan terlebih dahulu, sebelum pelembab dan makeup.

6. Gunakan tabir surya dalam jumlah yang tepat

Biasanya akan dibutuhkan sekitar 1/2 sendok teh tabir surya untuk wajah dan leher. Jika Anda menggunakan tabir surya berbasis zinc oxyde, Anda dapat menggunakan lebih sedikit.

7. Ikuti instruksi pada kemasan

Selalu gunakan tabir surya dalam jumlah yang direkomendasikan atau dicetak pada label, dan menggunakannya kembali setiap dua jam, terutama setelah berenang, berkeringat, dan pengeringan dengan handuk.

8. Oleskan dengan lembut

Jangan menggosok tabir surya pada kulit Anda secara berlebihan. Sebuah studi tahun 2006 menunjukkan bahwa tabir surya bekerja lebih baik bila dioleskan dengan lembut pada kulit daripada dengan digosokkan dengan kuat pada kulit.

Pastikan tabir surya yang Anda gunakan menutup semua bagian yang mungkin terpapar sinar matahari untuk perlindungan yang efektif.

9. Jangan mencampur tabir surya dengan produk lain

Beberapa orang suka mencampur tabir surya dengan pelembab untuk membuat produk dengan fungsi 2 in 1. Pada kenyataannya, hal ini tidak akan melindungi kulit Anda, namun akan berpotensi membahayakan kulit Anda.

Dengan mencampur dua produk bersama-sama, Anda akan mengurangi fungsi dari tabir surya Anda. Beberapa produk pelembab Anda mungkin mengandung beberapa bahan yang dapat mengganggu efektivitas dan manfaat tabir surya.

Jika tercampur dengan tabir surya kemungkinan akan menghasilkan reaksi seperti iritasi pada kulit. Jadi, Anda hanya diperbolehkan menggunakan dua produk secara terpisah.

10. Jangan gunakan tabir surya dengan lotion anti serangga

Nyamuk mungkin menjadi masalah lain di musim kemarau selain cahaya matahari yang terik. Tapi menggunakan lotion anti nyamuk yang dicampur dengan tabir surya bukanlah hal yang aman.

Sebuah studi di tahun 2000 menunjukkan bahwa, efektivitas lotion anti serangga tidak akan berkurang bila digunakan dengan tabir surya, namun bahan aktif yang digunakan dalam lotion ini yang disebut N-3 -diethyl-methylbenzamide (diethyltoluamide; deet), dapat mengurangi 33,3 % efektivitas dari tabir surya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *