11 Cara Mengobati Jerawat Pada Kulit yang Berminyak

wanita cantik dengan kulit wajah berminyakJerawat muncul sering kali disebabkan karena peradangan yang disebabkan karena pori-pori pada wajah tersumbat oleh bakteri atau kotoran.

Jerawat dapat timbul pada semua jenis kulit, kering, berminyak, normal ataupun kombinasi.

Pada kulit berminyak, jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh minyak yang berlebih yang diproduksi oleh sebum.

Adanya jerawat pada bagian wajah selalu menjadi sebuah dilema tidak hanya bagi wanita, tetapi juga bagi para pria karena wajah dengan jerawat dapat menurunkan kepercayaan diri mereka.

Jerawat pada kulit berminyak merupakan masalah tersendiri karena bila anda tidak berhati-hati saat merawatnya maka jerawat akan dapat timbul kembali bahkan mungkin saja lebih banyak dari sebelumnya.

10 Cara Mengobati Jerawat Pada Kulit yang Berminyak

Berikut adalah beberapa cara mengobati jerawat pada kulit yang berminyak:

  1. Bersihkan wajah anda 2 sampai 3 kali sehari untuk membersihkan kotoran serta minyak yang menempel pada wajah. Ketika membersihkan wajah, pastikan anda menggunakan pembersih yang lembut dan dibuat khusus untuk kulit yang berminyak. Gunakan tangan anda ketika mencuci wajah dan hindari penggunaan spons atau kain pembersih karena dapat menjadi  stimulus produksi minyak yang berlebih. Pastikan air yang anda gunakan adalah air yang hangat, bukan yang terlalu dingin atau panas. Air dengan temperatur yang terlalu ekstrem dapat menyebabkan iritasi pada wajah.
  2. Ketika selesai membersihkan wajah, gunakan toner yang mengandung minyak pohon teh. Toner tersebut dapat dipakaikan di daerah wajah dengan minyak berlebih seperti hidung, dagi dan dagu.
  3. Gunakan moisturizer yang mengandung Jojoba oil karena moisturizer ini dibuat khusus untuk orang dengan kulit berminyak dan sering memiliki masalah dengan jerawat.
  4. Ketika melakukan aktivitas di luar, usahakan untuk menggunakan tabir surya untuk menghindari produksi minyak berlebih.
  5. Kurangi makanan atau minuman yang mengandung lemak atau minyak yang tinggi.
  6. Jika tipe rambut anda adalah rambut berminyak, usahakan agar mencucinya setiap hari untuk menghindari penumpukan minyak pada wajah
  7. Jangan sentuh jerawat dengan jari ataupun kuku anda secara langsung karena jari dan kuku tersebut dapat menjadi sumber bakteri yang akan memperparah jerawat anda
  8. Usahakan untuk mendapat paparan sinar matahari langsung paling tidak 15 menit setiap harinya. Sinar matahari tersebut tidak hanya baik untuk sebagai sumber vitamin D tetapi juga untuk mengeringkan minyak di wajah.
  9. Defoliant yang paling baik adalah aspirin. Beta Hydroxyl Acid (BHA) yang terkandung dalam aspirin adalah senyawa yang dapat menghilangkan jerawat lebih cepat. Hancurkan aspirin dan campur dengan air hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada wajah dan biarkan selama 15 menit sehari. Pasta aspirin ini juga baik untuk mengurangi bekas luka akibat jerawat.
  10. Oatmeal sangat memiliki manfaat yang baik untuk kulit yang berminyak karena oatmeal dapat membantu mengeringkan minyak pada wajah. Campur oatmeal dengan sedikit air hingga terbentuk pasta yang tebal, kemudian oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 sampai 20 menit. Bila sudah, bilas wajah dengan air yang dingin. Untuk hasil yang terbaik, gunakan sekali dalam sehari.
  11. Gunakan obat anti jerawat herbal yang terpercaya. Ada banyak produk perawatan jerawat berbahan herbal yang dijual di pasaran. Hanya saja, untuk mendapatkan produk yang benar-benar tepat mengatasi masalah jerawat, Anda harus sangat berhati-hati. Pilihlah produk pengobatan jerawat yang jelas komposisinya dan diketahui siapa produsennya. Salah satu obat anti jerawat herbal yang sudah begitu dikenal keampuhan dan keamanannya adalah yang dijual di website www.obatantijerawat.com.

*****************

Untuk merawat kulit berminyak yang memiliki masalah jerawat harus dilakukan secara hati-hati. Memilih jenis pembersih yang salah dapat meningkatkan produktivitas minyak pada wajah sekaligus memperparah jerawat di wajah. Pembersih wajah yang baik harus mengandung salicylic acid dan benzoyl peroxide untuk merawat sekaligus menghilangkan jerawat di wajah.

Bila masalah jerawat telah teratasi, usahakan untuk segera menggunakan produk yang berbahan astringent untuk mengurangi volume minyak pada wajah. Ini akan sangat membantu anda mencegah jerawat datang lagi. Astringent yang terbaik adalah teh hijau, witch’s hazel dan chamomile karena produk tersebut lebih lembut di wajah daripada alkohol.

Setiap orang membutuhkan cara tersendiri untuk mengobati jerawat pada kulit berminyak mereka. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan menggunakan metode yang anda ketahui selama 3 bulan sebelum berganti ke metode lain bila cara tersebut kurang berhasil. Bila kondisi jerawat menjadi lebih parah, anda harus segera menghubungi dokter ahli penyakit kulit.





  • http://zeki-ra.blogspot.com zeki R.A.

    apakah ada cara agar wajah berminyak tidak muncul lagi? misalnya wajah berminyak yang disebabkan faktor hormon, maka di tangani lewat hormonnya. wajah dan rambut saya sangat banyak minyaknya dan cuci muka pun setelah 1 jam kemudian pasti muncul lagi minyaknya, baik setelah dicuci dengan sabun muka ataupun air hangat.

  • Pingback: Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami

  • Pingback: Tips Kulit Berminyak :: 3 Cara Mengatasi Kulit Berminyak

  • Pingback: JERAWAT :: Cara Mengobati dan Menyembuhkan Jerawat Bernanah

  • aarhye

    bagaimana cara meratakan kembali luka bekas jahitan yang menonjol pada bagian dengu wajah…???
    mohon diberikan solusinya… ^_^

  • mail

    dok.cara menghilangkan jerawat yang mudah seperti apa
    saya berkali kali mengobati muka saya agar jerawat hilang dan bersih kembali
    tapi semua obat yang saya gunakn tidak ada hasil sama sekali

  • atika

    boleh pos ke malaysia ke cream special …ini

  • afdiia

    akku pngin minyak pda wjahku brkurg sdikit

  • yeni

    Dok kulit ak berminyak n cenderung sering berjerawat.bekas nya pun susahhlg ny.gmn y cr mengatasi ny????ak jg udh sering ganti2 perawatan tp tetep aj.tlg dong dok saran nya.terima ksh…..

  • retty

    . dok aq pengen noda bekas jerawat di wajahku ilang n kulit aq yg berminyak gimNha yah??
    . minta saraNnya donk??

  • yuni

    dok..tolong berikan informasi tentang cara mengurangi jerawat diwajah dan bagaimana agar wajah menjadi cerah berseri, trima kasih