Cara Mendeteksi Masalah Kesehatan dari Jerawat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Ada banyak produk yang ditujukan untuk mengusir jerawat. Akan tetapi, menyingkirkan jerawat tidak selalu harus menggunakan obat jerawat atau mengubah produk perawatan kecantikan yang biasa kamu pakai. Kadang-kadang, jerawat disebabkan oleh masalah internal dari tubuh kita sendiri dan hanya akan hilang jika masalah tersebut diperbaiki.

Contohnya adalah jerawat yang disebabkan oleh hormon. Meskipun demikian, ada banyak masalah internal tubuh yang dapat menyebabkan terjadinya munculnya jerawat. Menurut beberapa ahli pengobatan alternatif, di mana letak jerawat dapat memberikan petunjuk mengenai kesehatan internal kamu. Ahli tersebut yang biasa menyebutnya “face mapping“, meneliti lokasi penyakit kulit pada wajah untuk mendiagnosa penyakit internal.

“Hal ini berdasarkan pada praktek Ayurveda dan pengobatan China kuno, dan prinsip ini telah dimulai untuk digabungkan dengan praktek pengobatan Barat,” papar Dr. Michael Shapiro, dokter kulit dan direktur serta pendiri Vanguard Dermatology.

Berikut ini Dr. Shapiro memetakan delapan titik jerawat yang dapat memberitahukan mengenai kondisi kesehatan kamu. Perlu diingat, memiliki satu atau dua jerawat di area yang disebutkan ini bukan berarti secara otomatis kamu memiliki masalah kesehatan serius.

Tetapi jika kamu memiliki jerawat kronis yang tidak dapat kamu hentikan tidak peduli seberapa besar usaha yang sudah dikerahkan, mungkin kamu harus segera menemui dokter kulit.

 

Dahi

Pencernaan buruk yang disebabkan oleh racun dan kekurangan air. “Solusinya adalah minum air putih secukupnya untuk mengeluarkan racun-racun tersebut,” papar Shapiro. Minum air putih sepanjang hari dan sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein. Cobalah minum teh hijau juga, karena teh hijau mengandung antioksidan yang dapat menetralisasi racun.

T-Zone

Hidung terhubung dengan hati. Sehingga jerawat yang timbul di area ini menunjukkan adanya kelainan hati.

Sekitar mata

Kulit di area ini terhubung dengan kesehatan ginjal. Kondisi seperti kantung mata hitam dapat menunjukkan ginjal kamu mengalami malfungsi atau kamu dehidrasi.

Pipi bagian atas

Pipi di bagian atas terhubung dengan paru-paru. Menghirup udara yang mengandung polusi dapat menyebabkan jerawat. Secara eksternal, bakteri di permukaan telepon selular atau bantal yang kotor juga dapat menjadi penyebab terjadinya jerawat.

Pipi bagian bawah

Kesehatan gigi yang buruk. “Masalah di dalam mulut kamu, terutama yang melibatkan gusi, akan terlihat di bagian ini,” kata Shapiro. Gosok gigi, flossing, dan menghindari makanan atau minuman yang mengandung gula secara regular dapat meningkatkan kebersihan mulut dan jerawat yang terkait hal ini.

Hidung

Hidung kamu terkait dengan jantung. “Pembengkakan yang mengubah hidung menandakan tingginya tekanan darah,” menurut Shapiro. Untuk mengobati hal ini, modifikasi diet adalah kuncinya. Hindari minuman pembangkit energi, kurangi asupan garam, dan konsumsi buah dan sayuran lebih banyak untuk memperbaiki kondisi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Telinga

Telinga berhubungan dengan ginjal, munculnya jerawat di telinga dapat menunjukan bahwa kamu dehidrasi. Pastikan minum air putih sepanjang hari dan hindari konsumsi garam berlebih.

Dagu

Berhubungan dengan usus kecil. Lagi-lagi, perubahan asupan makanan dapat mengubah keadaan menjadi lebih baik. Hindari produk yang mengandung susu dan turunannya serta makanan yang mengandung minyak. Meningkatkan asupan buah dan sayuran.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *