Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin E

Loading...

Vitamin E adalah vitamin yang sangat penting bagi tubuh kita.  Alpha-tocopherols sebagai salah satu bagian dari delapan tocopherols adalah jenis vitamin E yang paling banyak terdapat dalam tubuh serta paling mudah diserap dan diolah oleh jaringan tubuh kita.

Suplemen vitamin E dapat berbentuk natural ataupun sintesis, tetapi cuplemen vitamin E yang berbentuk natural memiliki khasiat 50 persen lebih banyak daripada yang sintesis.

Manfaat tersebut antara lain adalah mengurangi resiko kanker dan gangguan jantung, meningkatkan metabolisme tubuh dan sistem imunitas, mencegah katarak serta meningkatkan vitalitas dan stamina.

Delapan jenis Tocopherol yang bergabung menjadi satu disebut dengan Vitamin E. Vitamin ini terkenal karena dapat larut dalam jaringan lemak dan memiliki sifat sebagai antioksidan yang baik.

Vitamin E pertama kali ditemukan pada percobaan di tahun 1992 dengan tikus sebagai subjek tesnya.

Kekurangan Vitamin E

Gejala kekurangan vitamin E pada tubuh sangat sulit untuk diketahui dan sering kali menjadi perdebatan pada sejumlah riset. Sebagian riset menganggap kekurangan vitamin E akan berakibat pada gangguan pencernaan dimana segala nutrisi akan sulit diserap oleh saluran pencernaan. Hal ini akan menyebabkan gangguan pada pangkreas, empedu, hati dan celiac.

Kekurangan vitamin E menyebabkan kemandulan pada tikus dalam percobaan tersebut. Walaupun tidak ada riset khusus yang menyebutkan bahwa konsumsi vitamin E secara reguler dapat meningkatkan kesuburan, tetapi ada sebagian orang yang percaya bahwa vitamin ini dapat meningkatkan kadar kesuburan dan sexualitas mereka.

Sebagian riset lain mengatakan bahwa gejala kekurangan vitamin E disebut dengan peripheral neuropathy. Gejala yang timbul dari peripheral neuropathy adalah gangguan sistem syaraf pada tangan dan kaki disertai dengan rasa geli dan rasa sakit. Walaupun banyak praktisi kesehatan mengatakan kekurangan vitamin E akan menyebabkan gangguan pada kulit, tetapi belum banyak riset yang setuju akan hal tersebut.

Sumber Makanan Vitamin E

Untuk menjaga kadar vitamin  E kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut. Makanan yang banyak mengandung vitamin E adalah bayam, lobak hijau, bit, mustard hijau, lada merah, biji bunga matahari, asparagus, kale, tomat, cranberries, brokoli, tunas brussel, pepaya, raspberries dan wortel.

Setiap makanan tersebut sangat kaya akan vitamin E dan dianjurkan ntuk mengkonsumsinya secara rutin.

Manfaat Utama Vitamin E

Berikut adalah beberapa manfaat dari vitamin E:

Kanker dan gangguan kardiovaskular
Vitamin ini dapat larut dalam lemak dan sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan membran sel. Antioksidan dalam vitamin E sangat berguna untuk melindungi jaringan sel kita dari radikal bebas yang berbahaya.

Radikal bebas adalah sisa hasil produksi dari proses metabolisme tubuh kita. Radikal bebas ini sangat berbahaya karena mereka dapat merusak jaringan sel tubuh kita dan secara langsung mempersubur tumbuhnya kanker pada tubuh kita serta gangguan kardiovaskular lain.

Vitamin E memiliki kemampuan untuk membatasi produksi radikal bebas tersebut,sehingga secara tidak langsung vitamin ini dapat mencegah timbulnya kanker dan penyakit berbahaya lain.

Meningkatkan metabolisme dan sistem imunitas tubuh
Vitamin E memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sistem imunitas dalam tubuh kita. Vitamin ini membantu fungsi perbaikan DNA dan juga meningkatkan daya metabolisme tubuh.

Asupan vitamin E yang cukup dapat mencegah perkembangan nitrosamines dalam tubuh. Nitrosamines adalah senyawa karsinogen yang dibentuk dalam perut dari senyawa nitrat yang didapat dari sejumlah makanan yang kita makan setiap harinya.

Vitamin E juga membantu melindungi sejumlah jaringan yang sensitif pada tubuh seperti kulit, hati, mata, dada dan testis.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin E

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *