Cara Membuat Masker Buah Alami Untuk 8 Tipe Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Khasiat masker wajah memang banyak dari mulai mencerahkan dan memutihkan kulit, menghilangkan jerawat dan komedo, menyegarkan kulit, bahkan dapat membuat wajah anda awet muda. Namun tidak semua masker cocok dengan tipe kulit anda. Jika anda salah memilih masker alami ini, maka kulit wajah anda tidak akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Jadi seperti yang dilansir dari Mustahabbah, perhatikan tipe kulit anda terlebih dahulu, lalu cuci buah sampai bersih, kemudian anda dapat meracik sendiri masker alami di rumah dengan mudah, murah, dan praktis. Berikut adalah resep dan cara membuat masker buah untuk perawatan kulit. Simak ya.

Masker Alpukat untuk Tipe Kulit Kering

Kandungan lemak pada alpukat berkhasiat melembabkan kulit. Oleh karena itu, tipe kulit kering akan mendapatkan kulit yang lembab, lembut, dan kenyal ketika anda menggunakan masker alpukat ini.

Caranya, lumatkan 1 buah alpukat lalu campur 1 sendok makan madu. Campur alpukat dan madu sampai merata. Oleskan pada wajah lalu biarkan selama 10 menit sampai masker mengering. Setelah itu barulah anda dapat membilasnya dengan air hangat dan spons wajah yang lembut.

Masker Jeruk untuk Tipe Kulit Normal/Berminyak

Anda dapat menggunakan masker wajah dari jeruk saat sedang musim kemarau atau di udara panas. Bagi tipe kulit normal atau beminyak, masker ini akan membuat wajah anda lebih halus, kencang, namun tidak kering.

Caranya, siapkan 2 buah jeruk sunkist lalu peras airnya. Campurkan air jeruk dengan 1 bungkus gelatin, lalu aduk rata. Simpan di dalam lemari es hingga adonannya lumayan padat. Kemudian oleskan di wajah, kecuali area sekeliling mata dan bibir. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Masker Jeruk Nipis untuk Kulit Kombinasi

Tipe kulit anda mungkin berjerawat di beberapa area, sedangkan bagian lainnya kering. Dengan begitu anda dapat menggunakan masker jeruk nipis untuk memberi nutrisi pada kulit tipe kombinasi ini, sekaligus dapat mengatasi penuaan dini.

Caranya, siapkan setengah jeruk nipis, lalu peras dan campurkan dengan putih telur dari 1 butir telur. Sebelumnya anda harus mengocok putih telurnya. Setelah mencampurkan putih telur dengan perasan jeruk nipis, aduk rata, lalu oleskan pada wajah. Tunggu sampai 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Masker Timun untuk Tipe Kulit Berminyak

Timun dapat mengurangi kadar minyak berlebih, juga menyegarkan kulit kusam yang terbakar sinar matahari. Itu sebabnya, untuk tipe kulit berminyak, anda disarankan menggunakan masker timun.

Caranya, parut 1 buah timun, lalu campurkan dengan 1 sendok makan minyak zaitun, dan 4 sendok makan susu segar yang sebelumnya telah dididihkan. Aduk rata dan tunggu hingga adonan dingin. Setelah itu baru lah anda dapat mengoleskannya ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Masker Tomat untuk Segala Jenis Kulit

Anda tetap dapat memberikan nutrisi pada kulit wajah, tanpa perlu memperhatikan tipe kulit anda, menggunakan masker tomat. Buah tomat memang mengandung banyak vitamin C, sehingga dapat melembutkan kulit wajah. Coba gunakan masker tomat secara teratur setiap minggu, maka anda akan lihat sendiri hasilnya.

Caranya, gunakan mixer untuk menghaluskan 1-2 buah tomat. Kemudian campur tomat dengan 1 sendok susu bubuk dan 25CC sari jeruk. Aduk adonan sampai merata, lalu oleskan ke wajah dan leher sambil dipijat lembut. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Masker Havermut untuk Kulit Normal-Berminyak

Kalau kulit anda normal dan cenderung berminyak, maka cobalah masker havermut ini. Caranya, campurkan 2 sendok makan havermut dan 1 sendok makan perasan jeruk nipis. Mixer sampai merata, lalu oleskan pada wajah. Tunggu sampai masker mengering, setelah itu bilas wajah dengan air hangat.

Masker Wortel untuk Kulit Kusam

Anda punya masalah dengan kulit kusam atau area mata yang menghitam? Maka anda dapat mencoba masker wortel. Kandungan beta-karotein pada wortel dapat mencerahkan kulit, juga merawat area kulit sekeliling mata.

Caranya, haluskan 3 buah wortel ukuran sedang dan muda. Campurkan 2 sendok makan madu, 3 sendok makan yogurt (plain), lalu aduk hingga rata. Oleskan pada wajah sambil melakukan pijatan lembut ke arah atas. Anda dapat mengoleskannya di area mata. Diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

Masker Apel untuk Kulit Wajah Berjerawat

Jika wajah anda bukan saja berminyak tapi terdapat jerawat-jerawat kecil, maka gunakan buah apel sebagai masker. Khasiat dari buah apel ini dapat menetralisir minyak berlebih pada wajah.

Caranya, parut 2 buah apel, mixer sampai halus, dan langsung terapkan pada wajah anda. Jangan menunda pemakaian masker apel, karena apel cepat berubah warna, yang menandakan telah hilang kesegaran dan khasiatnya. Setelah anda mengoleskan masker apel, tunggu selama 15 menit. Setelah itu bilas wajah anda dengan air hangat.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

(Gambar: cendikianews.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *