Kandungan dan Manfaat Buah Jeruk

Gambar Buah JerukTahukah anda, bahwa buah jeruk hadir dengan beberapa varietas yang kaya akan manfaat untuk kita?

Lihat saja pemanfaatan buah jeruk yang dapat ditemukan mulai dari bumbu masak, pencegahan hingga pengobatan suatu penyakit.

Beberapa  verietas pada jeruk yang paling umum kita jumpai diantaranya adalah jeruk nipis (citrus aurantifolia), Jeruk Limau, Lemon, Kumquat, Grapefruit, Seville Orange, Jeruk Bali (Citrus maxima) dan sebagainya.

Buah jeruk kaya akan berbagai vitamin, mineral dan sejumlah unsur penting bagi tubuh. Berikut adalah penjelasannya.

Vitamin C

Kandungan vitamin C pada buah jeruk bermanfaat dalam mengatasi sariawan dan terjadinya bibir pecah-pecah, menjaga sistem imun tubuh dan menjaga kekebalan atau daya tahan sehingga mencegah timbulnya beberapa penyakit serta  mampu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Serat

Kandungan serat pada buah jeruk  berperan penting dalam kesehatan pencernaan. Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa serat pada buah jeruk dapat membantu untuk mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam darah dan bahkan  mampu mencegah tumbuhnya sel kanker sekaligus menghidarkan kita dari resiko penyakit kanker.

Folat (Asam Folat)

Jeruk juga mengandung asam folat. Sebagaimana diketahui, asam folat berperan penting dalam awal kehamilan, sehingga semua wanita yang sedang menjalani hari-hari kehamilannya disarankan untuk mengkonsumsi buah jeruk dengan maksud memenuhi asam folat. Asam folat sangat penting selama kehamilan sedang berlangsung dalam mencegah terjadinya cacat lahir pada pembuluh saraf, membantu dalam proses produksi sel darah merah dan membantu untuk mencegah anemia.

Kalium

Buah jeruk mengandung unsur kalium yang cukup tinggi yang bermanfaat menjaga keseimbangan cairan  dalam tubuh dan sebagai transmisi sinyal antara sel-sel saraf. Tingkat kalium dapat terpengaruh oleh konsumsi kafein yang berlebihan dan dehidrasi, sehingga sangat penting untuk mengkonsumsi tingkat kalium yang cukup pada setiap harinya. Buah jeruk sangat penting untuk diet dalam membantu untuk menurunkan berat badan yang baik.

Fosfor

Kandungan fosfor dan kalium yang ada pada buah jeruk sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi. Menjaga terjadinya pengoroposan tulang (osteoporosis) terutama pada anak-anak dan orang dewasa.

Besi

Buah jeruk juga mengandung banyak zat besi. Mineral ini sangat baik pada proses pembentukan hemoglobin pada sel darah merah yang dapat mencegah tubuh menderita anemia.

Flavonoid

Flavonoid yang terkandung dalam buah jeruk merupakan zat antioksidant tinggi yang berperan sangat penting dalam menghambat kerusakan sel akibat penyakit kanker, menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa memicu stroke dan gangguan jantung.

************

Dengan melihat kayanya kandungan dan manfaat buah jeruk di atas, maka sebaiknya kita selalu mengkonsumi buah jeruk untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita sehari-hari.

Salam sehat!