6 Herbal untuk Kecantikan Kulit Natural

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Herbal atau tanaman yang memiliki fungsi dalam pengobatan, memainkan peran penting dalam perawatan kulit Anda. Banyak jenis herbal yang mengandung kadar tinggi antioksidan, zat anti-inflamasi, dan nutrisi yang diperlukan kulit dan rambut untuk tetap terlihat sehat. Orang-orang telah memanfaatkan kekuatan tanaman ini selama ribuan tahun.

Herbal tidak hanya membuat makanan Anda terasa lebih lezat namun juga menjaga kesehatan dan kecantikan Anda terutama untuk menjaga kulit tetap halus, menjaga kesehatan pencernaan, dan mengurangi peradangan.

Menurut Michael J . Balick, PhD, penulis 21st Century Herbal, rempah-rempah dan tanaman obat lainnya menawarkan alternatif yang lebih alami daripada bahan kimia yang ditemukan dalam banyak produk kecantikan komersial termasuk produk perawatan rambut dan perawatan kulit, selain itu herbal juga memiliki aroma alami yang mampu meningkatkan semangat, meremajakan tubuh, dan menambah daya tarik pribadi.

Berikut beberapa jenis herbal yang ditemukan mampu melawan keriput, mengobati peradangan kulit, dan menjaga kulit Anda bersinar.

1. Chamomile

Menurut Jessica Wu, MD, seorang profesor dermatologi di School of Medicine, University of Southern California, chamomile merupakan obat anti-inflamasi alami, yang memiliki kekuatan untuk mengurangi kemerahan, gatal, dan bengkak.

Chamomile adalah ramuan yang menenangkan, baik ketika Anda meminumnya sebagai teh, maupun ketika Anda menggunakannya langsung pada kulit Anda. Hal ini dapat menyembuhkan kulit yang meradang, luka bakar, ruam, jerawat, sengatan dan gigitan serangga, memar dan luka. Tidak mengherankan jika chamomile menjadi bahan yang ideal untuk produk perawatan kulit yang dijual di pasaran.

Menurut Encyclopedia of Natural Medicine, flavonoid dan minyak esensial yang terkandung dalam chamomile memiliki aktivitas anti-inflamasi dan anti-alergi yang signifikan, dan juga dapat membantu dalam pengobatan masalah kulit seperti psoriasis.

Sebuah studi oleh L. Bauman yang diterbitkan dalam Journal of Medicine Dermatology di tahun 2007, chamomile dapat memperbaiki tekstur dan elastisitas kulit, serta mengurangi tanda-tanda penuaan. Anda dapat menggunakan teh chamomile sebagai pencuci muka, sebagai kondisioner, atau untuk menenangkan sakit kaki dan lelah.

Untuk mengobati luka bakar dan bekas jerawat, seduh teh chamomile dalam air mendidih selama 2-3 menit agar chamomile dapat melepaskan enzim anti-inflamasi, kemudian tempatkan kantong teh dalam wadah kecil di lemari es Anda. Setelah kantong teh dingin, oleskan langsung ke area kulit yang merah atau bekas jerawat di wajah Anda.

2. Kayu manis

Menurut ahli gizi Keri Glassman, penulis The O2 Diet, kayu manis memiliki antioksidan yang lebih tinggi dari setengah cangkir blueberry kata. Untuk menambahkan manfaat antioksidan dengan mudah pada keseharian Anda, taburkan setengah sendok teh kayu manis pada bubuk kopi Anda sebelum menyeduhnya.

Kayu manis telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional Cina dan Ayruvedic untuk memperbaiki penyakit, termasuk flu dan gangguan pencernaan. Bumbu harum ini mengandung kalsium, serat, besi dan mangan, dan dalam kulitnya mengandung minyak esensial untuk penyembuhan.

Kayu manis juga dapat digunakan dalam perawatan anti jerawat buatan sendiri dengan mencampurkan 3 sendok makan madu dan satu sendok teh kayu manis. Campur kedua bahan ini menjadi pasta tebal yang akan menyerupai coklat dan oleskan dengan halus ke wajah Anda. Biarkan selama sekitar sepuluh menit kemudian bilas.

Kayu manis akan menghentikan bakteri penyebab jerawat, dan madu akan bekerja untuk mengurangi kemerahan dan mengembalikan kelembaban.  Sedangkan untuk mengelupas sel kulit mati dan mengembalikan sinar dan kelembutan kulit Anda, gunakan scrub yang terbuat dari garam laut, minyak almond, minyak zaitun, madu dan bubuk kayu manis.

3. Ekor Kuda

Ekor kuda juga merupakan tanaman yang mampu menjadi ramuan penyembuhan untuk kulit. Hal ini dapat efektif dalam pengobatan jerawat karena membantu menghilangkan kelebihan minyak dari kulit dan juga akan membantu mengurangi rambut yang berminyak.

Ekor kuda memiliki kandungan silika yang sangat tinggi dan kaya akan kolagen. Kolagen membuat kulit Anda muda dan lentur, sehingga ekor kuda adalah salah satu tanaman yang penting dalam hal anti-penuaan pada kulit, dan dapat membantu mengatasi rambut rontok, kasar dan kulit kering, kerutan serta penuaan dini.

Ekor kuda mengandung zat pengikat untuk mengikat pembuluh darah bersama-sama, sehingga kulit tetap kenyal, bertekstur halus, dan juga memiliki sifat antibakteri.

Sifat anti inflamasi dari ekor kuda membuat tanaman ini sebagai obat yang sangat baik untuk mengatasi ruam yang disebabkan oleh pakaian dan alergi lainnya. Teh ekor kuda dapat memurnikan kulit dan merupakan obat yang efektif untuk mengobati jerawat dengan mengoleskannya pada wajah.

4. Lavender

Lavender adalah antiseptik, anti-jamur dan anti-bakteri untuk kesehatan kulit. Lavender adalah salah satu dari herbal alam yang penting untuk nutrisi kulit dan penyembuhan. Ada lebih dari 20 spesies dan subspesies dalam genus Lavendula ini tersebar di seluruh dunia.

Jerawat, eksim, dermatitis, gigitan serangga, luka bakar mampu diatasi dengan lavender. Minyak esensial lavender tidak hanya menenangkan, namun juga merupakan antiseptik, anti-jamur dan anti-inflamasi, membantu untuk menyembuhkan dan memperbarui kulit.

Aroma minyak esensial lavender murni bisa sangat menenangkan, dan beberapa tetes yang digunakan untuk memijat kulit dapat membantu meringankan sakit kepala. Anda dapat menenangkan anak-anak yang mengalami kesulitan tidur dengan beberapa tetes minyak lavender pada kerah piyama mereka, atau menambahkannya ke dalam bak mandi.

5. Peppermint

Peppermint adalah ‘thermoreceptor’, yang berarti memiliki efek pendinginan yang nyaman pada kulit. Hal ini karena kandungan mentol di dalamnya. Ketika mentol digunakan pada kulit, sel-sel saraf merasakan dingin tanpa mengubah suhu tubuh. Sama seperti capsaicin dalam cabai yang menyebabkan panas, mentol dapat menenangkan panas meradang sendi dan nyeri otot.

Ketika digunakan dalam produk perawatan kulit, peppermint memelihara kulit kusam dan membantu menyeimbangkan kulit berminyak. Anda juga dapat menggunakan peppermint untuk mencegah serangga dengan menghancurkan daunnya dan menggosokkannya pada kulit Anda untuk mencegah lalat, tungau dan nyamuk. Hal ini juga dapat mengurangi gigitan, sengatan, dan luka bakar.

Minyak esensial peppermint memiliki aroma yang membangkitkan semangat, yang dapat meningkatkan memori dan kewaspadaan.

6. Serai

Serai adalah jenis tanaman obat dan rempah-rempah yang dapat membantu memperkecil pori-pori dan membatasi sekresi minyak, yang membuatnya menjadi bahan yang efektif untuk produk perawatan kulit yang bertujuan untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat. Kandungan astringent di dalamnya juga memberikan efek kulit yang halus.

Serai merupakan bahan perawatan kulit yang sangat baik karena mengandung sifat anti-mikroba dan anti-bakteri, dan juga dapat membantu mencegah infeksi kulit. Tanaman ini juga merupakan fungisida, yang berarti dapat menyembuhkan infeksi jamur pada kulit.

Anda dapat merebus daun serai dalam air mendidih untuk membuat facial sendiri di rumah, yang berfungsi membuka pori-pori dan membersihkan jerawat dan komedo. Teh serai yang diminum setiap hari juga dapat memperbaiki mood.

**

Nah, itulah 6 jenis herbal yang dapat menjaga kecantikan kulit secara natural. Penggunaan secara rutin akan memberikan efek pada kesehatan kulit yang luar biasa. Semoga bermanfaat ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *