Cream Pemutih Wajah Yashodara

Penyebab Candidiasis dan Cara Pengobatannya

Candidiasis OralCandidiasis atau kandidiasis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dari spesies Candida albicans. Adanya jamur pada diri manusia adalah hal yang alami dan memang selalu ada pada diri manusia seperti di daerah mulut, tenggorokan, vagina dan pada sistem pencernaan lainnya.

Dalam kondisi normal (tidak berlebihan), kehadiran jamur Candida albicans sebenarnya tidak membahayakan. Pertumbuhan jamur yang berlebihan dapat menyebabkan infeksi.

Penyakit candidiasis ini sangat rentan terhadap orang-orang  yang memiliki sistem imun yang lemah termasuk pada penderita AIDS, steroid berlebihan, kontrasepsi hormon, diabetes, kanker, depresi, orang tua dan orang-orang dengan kondisi medis yang kronis paling berisiko. Mengkonsumsi obat tertentu dalam jangka lama dapat mempercepat pertumbuhan jamur candida ini.

Candidiasis  pada vagina menyebabkan iritasi vagina atau vaginitis, kemerahan dan peradangan disekitar vagina, rasa gatal, keluarnya cairan putih yang berlebihan, sakit saat buang air seni serta bau menyengat pada vagina.

Gejala candidiasis oral seperti munculnya bintik kuning, putih atau krem di dalam mulut dan lidah. Di bawah keputihan tersebut, terdapat jaringan merah yang mudah mengeluarkan dara.  Munculnya  bintik keputih-putihan di lidah dan selaput lendir. Selain itu adanya lapisan putih tebal di lidah, lidah pecah-pecah , nafas berbau, kesulitan menelan dan sebagainya.

Cara Pengobatan Kandidiasis Secara Medis

Pengobatan bervariasi, tergantung pada daerah yang terkena dampak yang ditimbulkannya, seperti:

  • Jika menderita candidiasis sebaiknya segera mengkonsumsi  obat-obatan  antifungal  seperti Nistatin dan clotrimazole. Untuk kasus-kasus yang lebih parah, ketoconazole atau flukonazol dapat diminum sekali sehari.
  • Jika anda menderita  candida esophagitis dapat di obati dengan ketoconazole, itraconazole (Sporanox) atau flukonazol.
  • Kandidiasis cornu dapat diobati dengan dengan antifungal powders dan krim.
  • Jika candidiasis terjadi pada vagina yang menyebabkan infeksi dapat diobati dengan obat antifungal seperti butoconazole, clotrimazole, miconazole, Nistatin, tioconazole dan terconazole.

Pengobatan Alami Candidiasis Pada Vagina

Yogurt

Yogurt adalah salah satu cara mengatasi infeksi Candida vagina dengan mengoleskannya langsung ke daerah sekitar vulva atau bagian dari alat kelamin perempuan yang terkena infeksi; dapat digunakan sebagai supositoria dengan mencelupkan kain khusus vagina pada yoghurt dan menempelkannya  pada vagina.

Bawang putih (Allium sativum)

Mengkonsumsi bawang putih dapat mencegah dan mengobati candidiasis dengan cara mengunyah langsung bawang putih tersebut. Dari beberapa penelitian ilmiah tentang kandungan bawang putih ini ternyata memiliki kandungan anti jamur, anti bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Pengobatan Alami Candidiasis Pada Mulut

Air dengan garam

Memanfaatkan larutan garam dengan air minum sebagai obat kumur dapat segera mengatasi penyakit yang diakibatkan jamur tersebut.

Buah Apel

Mengkonsumsi buah apel setiap hari dapat mengurangi infeksi jamur pada mulut

Teh hijau

Mengkonsumsi atau meminum dua cangkir teh hijau setiap hari akan membantu mengobati candidiasis pada mulut.