Perawatan Paling Tepat untuk Rambut Ikal

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Memiliki rambut ikal memang susah-susah gampang. Anda harus memiliki banyak eksperimen yang belum tentu berhasil. Tumpukan produk perawatan rambut pun tidak mampu menjadi solusi bagi rambut ikal Anda. Setiap masalah rambut yang muncul seakan sulit sekali diatasi sehingga akhirnya Anda justru frustasi. Jika Anda adalah Oprah, mungkin yang terjadi tidak akan seperti itu. Namun, dari dua pakar berikut ini, masalah rambut ikal Anda sangat mungkin diusir jauh-jauh.

Seperti dilansir luckyshops.com, Ron Williams, Phyto National Education Director; dan Tippi Shorter, celebrity stylist and Aveda Global Artistic Director for Textured Hair memiliki cara ampuh menghadapi kebandelan rambut ikal Anda. Simak ya.

Kelembaban adalah kunci

“Rambut yang kering bisa menjadi sumber utama masalah penataan rambut, apalagi untuk mereka yang memiliki rambut kering,” kata Shorter. Oleh karena itu, yang harus dipastikan adalah rambut betul-betul berada dalam level kelembaban yang tepat sehingga tidak mudah kering.

Untuk mendapatkannya, cukup dengan rutin mengombinasikan kondisioner leave-in serta pelembab harian pada setiap helai rambut ikal Anda.

Perawatan rambut rutin sangat penting

Perempuan dengan rambut ikal tak bisa asal-asalan memilih produk perawatan yang digunakan sebelum keramas. Biasanya produk perawatan yang dipilih yang berguna untuk menjaga kelembaban rambut.

“Yang terpenting adalah kita harus bisa memastikan rambut tidak menjadi kering. Aplikasikan produk pilihanmu langsung ke area kulit kepala kemudian pijatkan secara lembut,” kata Williams.

Rambut semakin bergelombang? Hindari gel rambut

Menurut Shorter, perempuan dengan rambut bergelombang harus menghindari pemakaian gel, terutama yang mengandung alkohol. Rambut bergelombang tidak memiliki karakter masalah yang sama dengan rambut ikal.

Gel rambut justru akan hanya membuat gelombang rambut tetap ada meski sedikit jatuh. Selain itu, rambut akan menjadi kering. Sebaiknya gunakan produk yang tetap melembabkan sekaligus membuat gelombang rambut memanjang.

Tak ada rambut yang serupa

Ini yang tentu saja menjadi alasan kuat kombinasi produk perawatan rambut milik seseorang belum tentu cocok untuk yang lainnya. Apalagi untuk rambut ikal yang kerap membutuhkan lebih dari satu jenis perawatan agar tetap tampak indah. Namun, ada saja satu produk yang sangat mungkin cocok untuk segala jenis rambut ikal.

Bersihkan rambut sepenuh hati

Teknik keramas sangat menentukan hasilnya. Untuk rambut ikal, selalu gunakan shampoo yang berkhasiat menguatkan akar rambut dan juga helainya. Apalagi, jika rambut sering ditata dengan berbagai macam bahan seperti hairspray atau pun lainnya serta diterpa panasnya alat catok atau lainnya.

“Usapkan shampoo searah dari kulit kepala sampai ke ujung rambut. Jangan menggosokkan secara kasar tanpa arah jelas. Itu hanya akan membuat rambut kusut,” ujar Shorter.

Jangan ragu gunakan conditioner saat keramas

Menurut Shorter, fungsi conditioner pembersih sangatlah penting bagi mereka yang berambut ikal. Apalagi, saat mereka sangat membutuhkan keramas yang cukup sering sebagai efek dari udara panas atau penggunaan produk penataan rambut.

Patuhi aturan pakai produk perawatan rambut

Aturan yang dipegang teguh Williams saat memilih krim atau minyak penataan rambut yang tepat adalah sesuai dengan tipe rambut. Rambut yang sudah diluruskan bisa menggunakan minyak yang bertekstur ringan serta krim yang lebih padat.

Rambut bergelombang membutuhkan minyak dan atau krim yang lebih berat. Sementara, rambut ikal natural membutuhkan produk berbahan dasar air. Untuk rambut yang lebih ikal lagi sangat cocok menggunakan krim atau minyak rambut yang bertekstur berat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *