Solusi untuk Bibir Kering, Hitam, Pecah, dan Mengelupas

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rajinkah anda merawat kesehatan bibir? Sebaiknya anda mulai memperhatikan kebiasaan anda agar kelembaban bibir tidak berkurang hingga bibir kering dan pecah-pecah. Kalau penampilan bibir saja sudah buruk, tentu anda menjadi kurang cantik dan berusaha menutupinya dengan lipgloss. Namun hal itu tidak akan mengembalikan kelembaban bibir anda.

Selain bibir yang kering, masalah lain di seputar bibir biasanya warnanya yang menghitam, pecah, dan mengelupas. Oleh karena itu, solusi untuk mengembalikan kecantikan bibir anda dapat anda dapatkan di bawah ini, seperti yang dilansir dari Griyakucantik.com. Gunakan bahan-bahan alami di sekitar anda, lalu lakukan dengan rutin.

Solusi untuk bibir kering dan hitam

Untuk mengatasinya, gunakan mentimun karena mentimun kaya akan mineral, vitamin, antioksidan, serta senyawa lainnya yang memberikan kelembaban pada kulit bibir. Mentimun juga dapat mengembalikan warna bibir dan membuat bibir menjadi lebih terang.

Caranya, keluarkan sari mentimun pada permukaan bibir sampai sarinya meresap ke dalam lapisan kulit bibir. Khasiat mentimun juga dapat menghaluskan bibir. Jadi cobalah anda lakukan di rumah saat waktu senggang.

Solusi untuk bibir kering dan pecah

Cobalah anda membuat scrub bibir untuk mengatasi bibir kering dan pecah. Caranya dengan mencampurkan beberapa bahan alami dengan larutan gula. Untuk pertama-tama, anda bisa hanya menggunakan larutan gula pasir dengan cara menggosokkannya di permukaan bibir dengan lembut.

Larutan gula pasir dapat mengangkat sel kulit mati di bibir sehingga bibir tidak akan kering dan pecah-pecah. Setelah anda terbiasa menggunakan larutan gula untuk scrub, selanjutnya anda bisa memakai jus stroberi dengan gula pasir, atau memakai buah-buahan lainnya.

Solusi untuk bibir kering dan mengelupas

Bibir yang kering dan mengelupas biasanya akan terasa perih, memerah atau berdarah. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak mengelupasnya dengan tangan, gunakan scrub bibir untuk menutrisi kulit bibir anda yang terkelupas.

Selain itu menggunakan scrub tidak akan sesakit saat anda mengelupasnya dengan tangan. Anda juga dapat menggunakan madu setiap selesai menghapus make-up, agar kelembaban bibir selalu terjaga.

Kebiasaan buruk yang harus dihindari

Ada beberapa kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus dihindari agar tidak memperparah kondisi bibir, simak informasinya di bawah ini.

Minum minuman asam

Saat bibir kering dan mengelupas usahakan untuk tidak minum minuman asam, seperti jus jeruk atau jus lemon. Minuman asam akan membuat bibir iritasi dan terbakar. Jadi lebih baik anda minum air mineral daripada minum minuman asam.

Makan makanan asin

Makanan asin juga akan berpengaruh pada bibir. Saat bibir kering sebaiknya anda tidak makan makanan asin terlebih dahulu, karena bibir akan semakin kering. Makanan asin dapat menyerap air di dalam tubuh, yang kemudian membuat kulit bibir menjadi lebih kering.

Menjilat bibir

Kebiasan yang tidak kita sadari, ternyata dapat membuat bibir kering adalah ketika kita menjilat bibir. Meskipun kita berniat melembabkan bibir yang kering dengan cara menjilat bibir, namun hal ini mengakibatkan bibir lebih kering. Ketika kita menjilat bibir, pelindung kulit bibir akan rusak karena air liur mengandung enzim yang secara otomatis menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *