Bagaimana Cara Memutihkan Bokong dan Selangkangan

Loading...

 

DOKTERCANTIK.COM – Beberapa orang memiliki masalah dengan bokong dan selangkangan yang gelap, hal tersebut membuat kita merasa kurang percaya diri saat akan menggunakan baju renang. Jika selama ini kita mencoba memutihkannya dengan body lotion whitening, sesungguhnya itu bukanlah produk pemutih kulit untuk daerah bokong dan selangkangan.

Body lotion whitening mengandung bahan kimia keras yang tidak cocok untuk kulit halus di daerah tersebut. Bahan kimia tersebut mengandung bahan pengelupas yang kuat sehingga daerah bokong dan selangkangan yang sensitif akan menjadi lebih gelap dari sebelumnya.

Nah, jika anda ingin memutihkan daerah bokong dan selangkangan maka anda harus menggunakan produk yang tepat. Lebih dulu biarkan terjadi pengelupasan kulit secara rutin untuk mengelupaskan kulit mati sehingga akan digantikan dengan kulit yang lebih lembut dan lebih putih.

Penyebab Bokong dan Selangkangan Gelap

Anda mungkin tidak pernah menggunakan body lotion whitening pada daerah bokong dan selangkangan, namun anda tetap mendapati warna gelap di daerah tersebut. Sebenarnya penyebabnya bisa berbeda-beda pada setiap orang. Biasanya memang disebabkan karena gesekan kulit ketika anda berjalan dan kemudian terkena keringat.

Ada juga yang disebabkan karena pertumpahan insulin di kulit, misalnya pada orang-orang yang mengalami obesitas dan penderita diabetes tipe 2. Selain itu, selangkangan yang gelap juga bisa disebabkan karena efek samping obat tertentu atau karena kondisi medis lainnya.

Gangguan hormonal, misalnya dari kelenjar tiroid, bisa saja menyebabkan bokong dan selangkangan gelap. Masalah keturunan pun menjadi salah satu penyebabnya, yang biasanya kulit gelap bukan hanya pada bokong dan selangkangan, namun pada daerah di sekitar leher, siku, dan pergelangan kaki. Apabila penyebabnya karena masalah keturunan, maka akan menjadi sulit memutihkannya.

Cara untuk memutihkan Bokong dan Selangkangan

Seperti yang dilansir dari Richamordepok, selain perawatan kulit kita juga bisa memutihkan bokong dan selangkangan dengan cara mengkonsumsi makanan tertentu. Seperti yang kita ketahui, kulit dan rambut terbuat dari protein jadi jika anda mengkonsumsi beberapa makanan di bawah ini, kulit anda akan lebih ringan dan memiliki tekstur dan tone  yang lebih baik.

  1. Mengkonsumsi air jeruk nipis

Air jeruk nipis segar dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda. Kandungan vitamin C dan asam sitrat pada jeruk nipis juga dapat mencerahkan kulit yang gelap. Jadi coba anda mengkonsumsi air jeruk nipis selama beberapa minggu.

  1. Mengkonsumsi ekstrak bilberry

Ekstrak Bilberry mengandung tanin dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit gelap. Jika anda rajin mengkonsumsi ekstrak bilberry maka kulit anda akan lebih ringan.

  1. Mengkonsumsi pepaya

Kandungan vitamin A pada buah pepaya dapat digunakan untuk perawatan kulit dan keringanan kulit. Anda bukan saja dapat mengkonsumsi buahnya, namun ekstrak biji pepaya pun dapat digunakan untuk memutihkan kulit anda.

  1. Menggunakan pemutih topikal

Kulit gelap pada bokong dan selangkangan dapat diobati dengan pemutih topikal yang memang dikhususkan untuk kulit halus di sekitar ketiak dan pangkal paha. Namun jika anda memiliki kulit sensitif, maka pemutih topikal akan merusak kulit pada daerah tersebut, jadi sebaiknya hindari penggunaan pemutih topikal dan beralih pada bahan alami.

  1. Menggunakan minyak lemon

Anda bisa mencampurkan minyak lemon dengan minyak mandi untuk memutihkan daerah selangkangan yang gelap. Caranya, pijatkan minyak di daerah bokong atau selangkangan, lalu diamkan beberapa saat. Bilas sampai bersih. Anda bisa mengulangi penggunaan minyak lemon sesering yang anda perlukan sampai terlihat perubahannya.

  1. Menggunakan sabun mandi berbahan licorice

Pilihlah sabun mandi berbahan licorice kalau anda menginginkan daerah pangkal paha atau selangkangan menjadi lebih putih. Selain dapat memutihkan, sabun mandi ini pun dapat melembutkan dan meringankan kulit.

  1. Mencampurkan air jeruk nipis, yogurt, dan bubuk kunyit

Untuk mendapatkan tone yang lebih baik di daerah selangkangan, cobalah anda mencampurkan air jeruk nipis, yogurt, dan bubuk kunyit, lalu terapkan pada daerah tersebut. Anda akan mendapatkan warna kulit yang cerah dengan cepat.

  1. Menghindari celana ketat atau legging

Apabila anda menyimak penyebab gelapnya selangkangan dan bokong di atas, maka anda akan mulai menghindari celana ketat atau legging. Gesekan dan keringat di daerah tersebut dapat membuat kulit gelap. Cobalah menggunakan bahan katun yang lebih nyaman dan menyerap keringat, juga mencegah gesekan pada kulit anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *