7 Manfaat Kayu Manis untuk Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kayu manis atau Dalchini adalah rempah-rempah yang diperoleh dari kulit bagian dalam pohon genus ‘Cinnamomum’. Kayu manis telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional Cina dan Ayurvedic untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk flu dan gangguan pencernaan. Bumbu harum yang mengandung kalsium, serat, besi dan mangan ini di dalam kulitnya mengandung minyak esensial untuk penyembuhan.

Namun tidak terlalu banyak orang yang mengetahui bahwa rempah-rempah yang harum ini juga memiliki sifat untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit, kesehatan dan rambut. Ketika kayu manis dikombinasikan dengan bahan-bahan seperti minyak zaitun dan gula misalnya, dapat menciptakan ramuan alami untuk perawatan kecantikan buatan Anda sendiri.

1. Menebalkan Bibir

Anda tidak perlu melakukan operasi kosmetik untuk mendapatkan bibir tebal seperti Angelina Jolie. Cukup oleskan sedikit vaseline pada bibir Anda dan berikan sejumput kayu manis di atasnya. Usapkan campuran tersebut selama beberapa detik dan kemudian biarkan selama satu menit.

Namun harus diperhatikan bahwa jangan menggunakan kayu manis kering langsung ke kulit Anda karena dapat menyebabkan iritasi.

2. Masker Anti Jerawat

Anda dapat membuat sendiri masker untuk membersihkan pori-pori Anda dengan perawatan yang terbuat dari 3 sendok makan madu dan satu sendok teh kayu manis.

Campur kedua bahan menjadi pasta yang akan menyerupai coklat dan dengan halus oleskan ke wajah Anda. Kayu manis akan menghentikan bakteri penyebab jerawat, dan madu akan bekerja untuk mengurangi kemerahan dan mengembalikan kelembaban. Biarkan selama sekitar 10 menit sebelum dibilas dengan air.

3. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Rambut rontok bisa menjadi hal yang mengerikan bagi siapapun. Salah satu cara untuk merangsang pertumbuhan rambut adalah dengan memberikan kulit kepala Anda masker kayu manis. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba pengobatan alternatif ini, terutama jika Anda memiliki kulit kepala yang sensitif.

Campur dua sendok makan kayu manis dan madu ke dalam setengah cangkir minyak zaitun hangat. Tambahkan satu butir telur. Oleskan ramuan ini pada rambut basah dan biarkan 10 sampai 15 menit kemudian cuci dengan shampo.

4. Penyegar Nafas

Jika Anda memiliki masalah dengan bau mulut yang kurang sedap, mengunyah beberapa batang kayu manis atau berkumur dengan kayu manis yang diseduh dalam air panas dapat membantu Anda untuk mendapatkan nafas yang segar.

5. Membersihkan Kulit Kepala

Kayu manis memelihara kulit kepala dengan bertindak sebagai scrub yang mengangkat sel kulit mati. Campur satu sendok teh bubuk kayu manis, 1 sendok makan madu dan seperempat cangkir minyak zaitun hangat dan pijat ke kulit kepala untuk membersihkan. Biarkan campuran pada rambut selama 20 menit sebelum dicuci dengan sampo biasa.

6. Memperlambat Tanda Penuaan

Ekstrak kayu manis dapat digunakan untuk memperlambat produksi hasil akhir glikasi lanjut (AGEs), yang merupakan penyebab keriput dan memperburuk kerusakan akibat sinar matahari.

Menurut Kelly Legendre dari TheAntiAgingDiaries.com glikasi (glycation) adalah proses dimana molekul gula mengikat protein dalam tubuh kita, yang menyebabkan protein menjadi kaku dan berubah bentuk.

Sementara glikasi dapat terjadi di mana saja di tubuh dan menyebabkan segala macam masalah kesehatan, ketika itu terjadi pada kolagen dan elastin di kulit, hasilnya adalah kerutan dan hilangnya kecerahan pada wajah. Glikasi juga bisa membuat kulit lebih rentan terhadap jenis lain dari kerusakan, seperti kerusakan yang terjadi dari paparan UV.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat memperlambat proses ini secara alami. Sehingga mengkonsumsi kayu manis maupun menggunakan kayu manis sebagai masker dapat membantu memperlambat proses penuaan pada kulit Anda.

7. Mengatur Berat Badan Anda

Dr. Rebecca Booth yang merupakan Co-founder dari VENeffect dan ahli hormonal dari Wellness mengatakan bahwa mengkonsumsi sedikitnya satu gram kayu manis per hari telah menunjukkan manfaat untuk meningkatkan kontrol gula darah dan kolesterol. Dia menyarankan Anda untuk mengkonsumsi cokelat hitam dan kayu manis, yang membantu metabolisme dalam tubuh Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *