Cara Keramas yang Baik dan Benar

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Aktivitas membersihkan rambut bisa dipastikan dilakukan oleh seluruh manusia. Rambut menjadi senjata penting bgi seseorang untuk menampilkan siapa dirinya, tak hanya model dan bentuk rambut yang harus diperhatikan tapi juga cara perawatan rambut termasuk pencuciannya.

Ada begtu banyak pilihan shampo dengan aroma dan kandungan bahan yang diklaim bisa memperbaiki tampilan rambut serta membuatnya sehat, namun semuanya itu juga memerlukan cara penggunaan yang tepat sehingga hasil yang diperoleh akan tampak sempurna.

Anda pun begitu, pasti ingin melakukan dengan cara yang benar kan? Karena, penggunaan cara yang benar dalam keramas bisa membuat tampilan rambut lebih baik. Mau coba? Silahkan keramas rambut anda pada kesempatan berikutnya dengan shampo yang sama dan cara berbeda. Tentu akan terlihat hasilnya.

Yuk cek, apakah kita sudah keramas dengan cara yang benar?

Mulai dengan membilas

Sama halnya dengan mencuci pakaian, rambut juga perlu dibasahi secara merata sebelum memberikan sampo. Jika anda mencuci rambut yang sangat kotor, lakukanlah dengan menggunakan air hangat dengan suhu suam kuku dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

Dianjurkan untuk membilas rambut dengan air panas terlebih dahulu lalu perlahan turunkan suhu airnya. Hal ini berguna untuk mengangkat kotoran sehingga terbilas terbawa air. Anjurannya, tetaplah berhati-hati karena penggunaan air panas dengan suhu yang terlalu panas tak baik untuk kulit kepala. Cukup gunakan air dengan suhu suam kuku.

Conditioner untuk rambut panjang

Rahasia bagi anda yang memiliki rambut panjang adalah gunakan conditioner terlebih dahulu sebelum anda menggunakan shampo pada rambut. Ini dapat memberikan kelembapan pada rambut anda, terutama jka teksturnya kering. Hasilnya, rambut anda akan tampil sehat alami. Tambahkan sedikit mouisturier dan rambut anda akan bersinar.

Kebanyakan orang mengaplikasikan shampo terlebih dahulu lalu conditioner. Tapi, menurut pakar, hal ini bisa diperbaiki dengan membalik urutan pengaplikasiannya. Coba saja dan buktikan, mana yang lebih baik bagi anda.

Shampo untuk kulit kepala

Anda hanya perlu menggunakan shampo di kulit kepala. Setelah itu, gosokkan secara merata sampai ujung rambut. Jangan lupa oleskan shampo pada tengkuk, karna daerah ini banyak bersentuhan dengan rambut, jadi kemungkinan ada banyak kuman yang harus dibersihkan di sana.

Selain itu, jangan lupa gunakan perawatan rambut hanya untuk rambut, bukan untuk kulit kepala. Karena yang perlu anda rawat hanya rambut, sedangkan kulit kepala hanya perlu dibersihkan saja.

Cukup sekali

Beberapa orang terbiasa mencuci rambutnya sebanyak dua kali. Disarankan, untuk mencuci rambut hanya sekali kecuali dalam keadaan sangat kotor. Jika rambut anda tidak begitu kotor dan anda membilasnya sebanyak dua kali, ini akan berdampak tidak baik, rambut akan mudah rusak.

Bilas dengan air dingin

Setelah keramas, biasakan untuk membilas dengan air dingin. Ini sangat baik bagi rambut anda karena dalam keadaan sudah dibersihkan, kotoran sudah terangkat dengan baik.

Setelah menggunakan air hangat, membilas kepala dengan air dingin akan menutup pori-pori kepala yang terbuka karena penggunaan air hangat sehingga resiko ada kotoran masuk ke pori-pori kepala lebih kecil.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *