Penyebab dan Cara Alami Untuk Menghilangkan Mata Panda

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Selain jerawat, masalah lain yang sering kita alami pada bagian wajah adalah mata panda. Sesuai dengan  namanya, mata panda adalah suatu kondisi di mana terdapat lingkaran hitam di bagian bawah mata. Munculnya lingkaran hitam ini tentunya akan merusak penampilan penderitanya.

Selain wajah akan terlihat kusam, kita  juga terlihat lebih tua. Kalau sudah begitu pasti kita jadi tidak percaya diri kan? Terkadang kita menutupinya dengan kacamata hitam, tapi masak iya mau pakai kaca mata hitam terus. Nah berikut ini adalah penyebab dan cara alami mengatasi mata panda. Silakan disimak.

Penyebab Mata Panda

Sebenarnya apa sih penyebab munculnya mata panda?

Bagi yang hobi begadang pasti tahu apa penyebab munculnya mata panda. Karena mereka yang kurang tidur inilah yang paling rentan mengalami mata  panda. Ya, kurang tidur yang menyebabkan mata lelah merupakan salah satu penyebab utama muculnya mata panda. Tidak heran jika kamu begadang, pagi hari kamu akan bangun dengan mata panda yang membuat wajahmu terlihat kusam.

Selain mata lelah karena kurang tidur mata panda juga bisa disebabkan oleh dehidrasi, penuaan, paparan sinar matahari dan faktor keturunan.

Cara Alami Menghilangkan Mata Panda

Kita terkadang frustasi saat mata panda muncul apalagi jika kita harus beraktivitas di luar. Dibandingkan dengan jerawat yang hanya merupakan benjolan kecil yang tidak terlalu terlihat, pengaruh mata panda pada penampilan sangat terlihat walau dari jauh sekalipun.

Mata panda membuat wajah terlihat kusam dan lebih tua. Hal tersebut tentu tidak bisa kita biarkan begitu saja karena akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri ketika berhadapan dengan orang lain.

Berikut ini merupakan cara-cara alami yang bisa kita lakukan untuk mengurangi mata panda:

Dengan Menggunakan Es Batu

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk mengatasi mata panda adalah dengan menggunakan es batu sebagai kompres mata. Yang harus kita lakukan hanyalah membungkus es batu dengan handuk atau sapu tangan kecil kemudian ditempelkan ke mata secara bergantian. Lakukan hal tersebut selama 15 menit. Es batu ini akan memberikan sensasi dingin dan segar pada mata kita sekaligus melembabkannnya.

Dengan Menggunakan Bekas Teh Celup

Jika kamu biasa menkonsumsi teh celup maka setelah tehnya diseduh jangan langsung membuang ampasnya karena ampas teh tersebut bisa kita gunakan untuk mengurangi mata panda. Kenapa ampas atau bekas teh celup  bisa  mengurangi mata panda? Teh mengandung zat tannin yang merupakan senyawa Polifenol yang berasal dari tumbuhan. Zat ini membentuk kepadatan dan kelenturan kulit sehingga bisa menjaga kulit dari kerusakan.

Dengan Menempelkan Mentimun

Mungkin kita sudah sering melihat para wanita meletakkan potongan-potongan mentimun di wajahnya. Ya , mentimun memang sangat baik untuk kulit karena mentimun mengandung vitamin C. Selain itu kandungan asam arkorbat dan caffeic pada mentimun juga berfungsi untuk mengobati iritasi dan pembengkakan pada kulit.

Nah, itulh kenapa kita bisa menggunakan mentimun untuk mengurangi mata panda. Seperti yang sering kita lihat, caranya sangat mudah yaitu hanya dengan menempelkan potongan mentimun tersebut ke mata dalam kondisi tubuh terlentang. Biarkan zat pada mentimun tersebut bekerja selama 10 menit.

Dengan Menggunakan Kentang

Umbi kaya karbohidrat ini ternyata juga bisa mengurangi mata panda. Hal ini didisebabkan oleh kandungan yang terdapat di dalam kentang. Kentang mengandung asam sitrat dan asam fosfat yang bermnfaat untuk mengurangi peradangan.

Sama dengan mentimun, penggunaan kentang untuk mengobati mata panda adalah dengan meletakkan irisan kentang di atas mata selama lebih kurang 10 menit.               

Dengan Minyak Zaitun

Sudah tidak asing lagi bagi kita bahwa minyak zaitun punya banyak  manfaat dalam dunia kecantikan. Minyak ini bahkan dipercaya oleh bangsa Yunani sebagai ramuan awet muda dan berkhasiat dalam mengatasi beberapa permasalahan kulit seperti mata panda. Cara pemakaiannya cukup dioleskan pada area di bawah mata, sesaat sebelum tidur.

Dengan Menggunakan Bengkoang

Khasiat bengkoang dalam kecantikan bukan merupakan hal yang baru lagi. Dari dulu bengkoang sudah dijadikan sebagai salah satu bahan dasar kosmetik yang bertujuan untuk mencerahkan kulit. Nah, bengkoang ini ternyata juga bisa mengurangi mata panda.

Hal itu disebabkan karena bengkoang mengandung vitamin C dan B1 yang membantu mengurangi mata panda. Sama dengan mentimun dan kentang, mengaplikasikan bengkoang sebagai penghilang mata panda cukup dengan menempelkan potongan bengkoang ke mata selama 10-15 menit.

**

Itulah bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan mata panda. Namun perlu diingat, agar mata panda tersebut benar-benar hilang, hal pertama yang harus dilakukan adalah meninggalkan kebiasaan yang menimbulkan hal tersebut kembali datang. Apa itu? begadang atau tidur terlalu larut malam.

Percuma kamu pasang ini pasang itu tetapi kamu masih saja mengikuti kebiasaanmu. Sekarang mungkin hilang, namun besok akan muncul lagi jika kamu begadang.  Tidur yang sehat itu adalah 7-8 jam. Pada saat itu organ-organ tubuh kita butuh waktu untuk istirahat begitu juga mata. Jika mata tidak diistirahatkan maka mata tersebut akan lelah sehingga membentuk mata panda.

Nah, agar mata panda kita tidak muncul-muncul lagi, kita harus mencukupi durasi tidur yang sehat yaitu selama 7-8 jam dalam sehari serta memenuhi asupan cairan di dalam tubuh.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *