12 Kebiasaan Baik Untuk Rambut Sehat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rambut adalah mahkota perempuan yang kesehatannya harus dijaga karena juga menentukan tampilannya yang indah alami. Tapi, tidak semua orang menyadari bahwa tampilan rambut yang sehat juga dipengaruhi gaya hidup seseorang.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa tampilan rambut sehat hanya ditentukan oleh berbagai perawatan rambut yang dilakukan di salon. Itu memang benar, tapi perawatan rambut yang baik tak melulu hanya bisa dilakukan di salon. Anda sebagai pemilik rambut juga bisa melakukannya di rumah.

Perawatan rambut bukan hanya tentang merawat rambut dengan masker rambut, keramas dan semacamnya tapi juga dengan melakukan berbagai kebiasaan baik untuk mendapatkan rambut sehat, seperti diulas berikut ini :

Minimalisir ubah gaya rambut

Kebanyakan orang sangat suka mengubah gaya rambut mereka dengan bantuan alat yang mengandung panas ataupun bahan kimia berbahaya bagi kesehatan rambut. Jika dilakukan terlalu sering, hal ini tentu tak baik bagi kesehatan rambut. Bahan kimia serta panas yang terus menerus menerpa rambut akan merusak lapisan rambut dari dalam bahkan membuat kulit kepala menjadi tidak sehat.

Jika ingin mengubah gaya rambut, maksimalkan saja dengan cara alami seperti pemotongan rambut dengan berbagai gaya, jangan lupa sesuaikan dengan wajah ya.

Tidur di atas bahan lembut

Tak banyak yang mengira, bahan yang anda gunakan sebagai alas tidur juga berpengaruh bagi kesehatan rambut. Jika anda gemar tidur di atas bahan sutera ini sangat baik bagi kesehatan rambut. Bahannya yang licin dan lembut membantu rambut untuk bernapas lega. Jika tak memungkinkan, cukup gunakan katun lembut sebagai alas tidur anda.

Jaga kebersihan rambut

Kebersihan merupakan pangkal kesehatan. Ini juga berlaku untuk rambut anda. Rutin keramas secara berkala akan membantu anda unuk mengusir kotoran dan tumbuhnya bakteri yang menganggu kesehatan rambut. Hasilnya, rambut akan sehat alami dan jauh dari kesan kusam.

Gunakan moisturizer

Tak hanya kulit tubuh yang memerlukan pelembap, rambut juga membutuhkannya. Jadi, jangan segan tanyakan pada ahlinya jika anda ragu untuk membeli dan menggunakan suatu produk.

Makanan bergizi

Sama seperti kulit, makanan bergizi juga berdampak pada tampilan rambut anda. Rajinlah mengkonsumsi makanan bergizi khususnya yang mengandung bahan menyehatkan bagi rambut anda. Perbanyak konsumsi susu atau bahan makanan yang mengandung vitamin d juga baik untuk pertumbuhan rambut.

Gunakan vitamin rambut

Rajin menggunakan vitamin rambut setiap habis keramas atau melakukan perawatan rambut juga penting karena rambut membutuhkan gizi yang dikonsumi secara langsung. Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan rambut.

Batasi paparan sinar matahari

Salah satu yang membuat rambut mudah kusam adalah paparan langsung sinar matahari. Jangan lupa untuk membawa topi atau kain penutup kepala jika anda harus berada di luar rumah untuk waktu yang lama. Selain menyebabkan kusam, paparan matahari juga bisa membuat rambut mudah patah dan rusak.

Keramas dengan air dingin

Kebiasaan mandi dengan air hangat ternyata hanya berdampak baik bagi tubuh, tidak bagi rambut. Jadi, tetaplah cuci rambut dengan menggunakan air dingin. Jika anda merasa tidak cocok dan sudah terbiasa dengan air panas, jaga suhunya agar tidak terlalu panas atau turunkan suhunya secara teratur sampai pada suhu yang dianjurkan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *