5 Kondisi Kulit Yang Mengindikasikan Kesehatan Anda

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kulit, rambut dan kuku merupakan bagian terluar dari tubuh manusia, namun bisa menjadi petunjuk bagi kondisi kesehatan anda secara menyeluruh. Dari mulai gejala rasa gelisah dan stres, diabetes, dan kondisi psikis, para dokter ini mencoba untuk membagi apa yang terjadi pada kesehatan anda di mana diindikasikan dari kondisi kulit berikut ini, dilansir Prevention.com.

Kelopak mata merah

Kulit di sekitar kelopak mata bisa saja teriritasi dan mengalami alergi akibat penggunaan make up yang tak sesuai kondisi kulit seperti, maskara, eye shadow, dan bahkan shampo. Bahkan alergi makanan atau obat pun bisa menyebabkan pembengkakan di area mata, misalnya dari obat tetes mata sendiri.

Solusinya, anda akan membutuhkan antibiotik dan obat tetes mata steroid , bahkan krim hydrocortisone untuk pengobatan. Pastikan anda berkonsultasi dengan dokter.

Eksim dan Psoriasis

Rasa gelisah atau stres dalam diri anda juga akan terlihat dari kondisi kulit dan kuku. Kuku yang tak rapi akibat sering anda gigit atau disebut onychophagia, di antaranya bisa diakibatkan oleh stres, kejenuhan, dan bahkan ketidaksempurnaan. Meski, rasa gelisah dalam pikiran belum tentu menjadi penyebab masalah kulit, namun dapat menyebabkan eksim dan psoriasis semakin memburuk.

Solusinya, anda bisa menyembuhkan gejala sementara dengan salep khusus, namun terapis akan menyarankan anda untuk mengatasinya dari akar masalah yakni hindari stres.

Kulit gelap di area leher dan ketiak

Kondisi tersebut bisa dinamakan dengan acanthosis nigricans, dapat menjadi pertanda pre-diabetes. Area yang gelap tersebut merupakan gejala di mana tubuh anda mulai resisten terhadap insulin. Jadi, insulin terlalu menstimulasi kulit hingga menyebabkan lipatan dengan area gelap atau kehitaman.

Jika anda mnegalami kondisi tersebut, karena obesitas atau punya sejarah diabetes di keluarga, pastikan ke dokter anda berapa tekanan gula darah anda. Menurunkan berat badan akibat penumpukan lemak akan menurunkan 2/3 risiko terserang diabetes.

Kulit kering, rambut tipis atau kuku rapuh

Kondisi tiroid, baik kurang aktif atau terlalu aktif dapat menggiring pada masalah kulit. Aktivitas tiroid yang kurang dapat menyebabkan tipisnya rambut dan kuku jari tangan yang rapuh, sedangkan tiroid yang terlalu aktif akan menyebabkan kulit kering dan bersisik.

Jika anda mengalami hal ini disertai penurunan atau kelebihan berat badan, kelelahan, dan sulit tidur, maka anda perlu memeriksakan diri ke dokter tentang tingkat tiroid anda lewat tes darah.

Warna kecokelatan, keputihan pada organ vital wanita

Para dokter memprediksi jika hal itu bisa jadi merupakan gejala melanoma. Maka, bagi para wanita penting untuk memeriksakan diri ke bagian ginekolog untuk mencari tahu penyebab serta solusinya. Jika memang terindikasi kanker, bisa ditanyakan apakah perlu dilakukan pop smear atau tidak.

Biasanya jika memang benar mengalami gejala melanoma, maka anda akan diminta bagian dermatologist untuk dilakukan biopsy (pemeriksaan untuk mengetahui kanker ganas atau jinak).

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *