Penyebab Kulit Bersisik dan Cara Mengatasinya

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kulit bersisik membuat kita kurang percaya diri. Anda mungkin telah berusaha menutupinya, namun itu bukan solusi yang tepat. Jika kita membiarkan kulit terus bersisik, maka kulit akan sensitif dan mudah terkena penyakit kulit seperti eksim. Anda akan merasa gatal yang jika terus berlanjut tanpa pengobatan, maka kulit akan iritasi.

Jadi, pertama-tama kita perlu mengembalikan elastisitas kulit untuk kenyamanan anda sendiri, juga membuat penampilan anda lebih sempurna. Sebelum mencari tahu cara mengatasinya, ada baiknya kita mengetahui penyebab kulit bersisik, seperti yang telah dilansir dari Tulalit.com di bawah ini.

Penyebab Kulit Bersisik

Dalam kondisi cuaca seperti sekarang ini, di saat kemarau panjang dan udaranya panas berangin, biasanya kulit akan bersisik. Hal ini disebabkan kulit yang tidak dapat mentoleransi udara panas. Bahkan saat musim dingin yang ekstrem pun kulit dapat kering dan bersisik, terutama bagi anda yang belum beradaptasi dengan lingkungan yang terlalu dingin.

Pada kulit bersisik, biasanya ada bagian kulit luar yang hilang dan menyebabkan berkurangnya elastisitas kulit. Di saat seperti ini, sebaiknya anda tidak membiarkan kulit terkena sinar matahari terlalu lama, karena akan memperburuk kondisi kulit.

Selain cuaca, kulit bersisik juga disebabkan kurangnya perawatan. Jika anda tidak sempat merawat kulit lalu menggunakan sabun yang tidak cocok dengan kulit anda, maka kulit menjadi kurang sehat. Sebaiknya anda juga berhati-hati memilih krim kulit, karena jika kandungannya tidak tepat untuk jenis kulit anda akan berdampak pada kulit yang bersisik.

Jika kondisi kulit bersisik anda terlihat kering dan mengelupas, maka bisa jadi itu disebabkan pergantian atau regenerasi kulit. Sedangkan jika keluarga kita mengalami hal yang sama dan hal ini bukan disebabkan karena perubahan cuaca atau kurangnya perawatan, bisa jadi kulit bersisik disebabkan karena faktor genetik atau keturunan.

Cara Mengatasi Kulit Bersisik

Makan makanan bernutrisi
Cobalah mengatasi kulit bersisik dari dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi, maka kulit anda akan terlihat lebih sehat. Biasakan makan sayur-sayuran dan buah-buahan segar agar kulit anda kembali halus dan lembut.

Minum air putih
Selama cuaca panas jangan sampai tubuh anda kekurangan cairan, karena akan berdampak pada elastisitas kulit. Kulit bukan hanya bersisik, namun akan terlihat kering dan kusam.

Kulit membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, jadi perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas per hari. Dengan minum air putih, makan buah-buahan dan sayuran, maka kelembaban kulit anda akan terjaga.

Menggunakan pelembab
Pada umumnya anda akan menggunakan pelembab untuk mengatasi kulit bersisik, namun sebaiknya ada berhati-hati dalam memilih pelembab. Beberapa pelembab mungkin tidak cocok dengan junis kulit anda, sehingga akhirnya kulit akan gatal atau iritasi.

Sebaiknya anda konsultasikan jenis kulit anda dan kandungan dalam pelembab yang akan digunakan. Setelah itu barulah gunakan pelembab secara rutin untuk menjaga kelembaban kulit.

Mengangkat sel kulit mati
Kulit bersisik biasanya akan terlihat kering dan terasa kasar. Anda dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit bersisik dengan cara scrubing. Lakukan saat mandi dengan cara menggosok kulit menggunakan spons. Gosok kulit dengan perlahan, jangan terlalu keras untuk menghindari kulit terkena iritasi.

Minyak vitamin E dan minyak zaitun
Masalah pada kulit biasanya bisa menggunakan minyak vitamin E yang bersifat sebagai anti oksidan. Anda juga dapat mencoba melembabkan kulit dengan minyak zaitun. Cara ini termasuk mudah dan efektif mengatasi masalah kulit bersisik. Selain kelembaban kulit terjaga, anda juga dapat mengembalikan elastisitas kulit.

Cara penggunaanya, campurkan minyak vitamin E dan minyak zaitun. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang kering dan bersisik. Sebaiknya anda lakukan secara teratur sampai kulit anda kembali normal.

(Gambar: foreverglow.com.au)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *