8 Rahasia Kecantikan Tradisional Wanita Jawa

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Indonesia adalah tempat kelahiran banyak produk kecantikan tropis dan rahasia kecantikan. Banyak dari perawatan alami yang populer untuk rambut, kulit, dan bahkan obat medis dapat ditemukan di berbagai tempat yang memiliki 6.500 spesies tanaman ini.

Beberapa perawatan kecantikan yang digunakan saat ini adalah rahasia kecantikan yang dilakukan turun temurun di dalam tembok istana keluarga kerajaan Jawa, yang menerapkan ideologi yang percaya bahwa keinginan untuk menjadi cantik adalah sah dan tidak mengejar kesombongan. Kecantikan diyakini tidak hanya dari eksternal tetapi juga internal.

Berikut beberapa rahasia kecantikan dari tanah Jawa yang dilakukan turun temurun sejak zaman kerajaan Jawa kuno.

1. Mandi susu

Mandi susu adalah mandi yang ditujukan untuk kecantikan yang dilakukan secara tradisional yang telah digunakan oleh putri Jawa selama berabad-abad sebagai obat mujarab agar awet muda. Mandi ini dikenal untuk membuat kulit lembut dan menangkal radikal bebas.

Susu dari kambing, domba, atau sapi sering digunakan sebelum adanya pengembangan formula modern yang telah mengambil rasa dan bau susu tetapi tetap mempertahankan kandungan protein yang melembutkan.

Disarankan bagi Anda untuk berendam dalam susu untuk setidaknya 20 menit kemudian bilas setelah perendaman tersebut. Untuk perawatan yang lebih intens, buttermilk atau yogurt pun dapat digunakan. Namun kebanyakan wanita tidak menyukai bau yang tersisa pada kulit.

2. Mandi lulur

Mandi lulur adalah perawatan tradisional umum yang dilakukan di banyak salon kecantikan dan spa di Indonesia. Pengobatan ini juga telah dipraktekkan di istana Jawa sejak abad ke-17. Proses ini melibatkan pengelupasan kulit dan polishing tubuh yang membuat kulit lembut, kenyal dan mengkilap (lulur adalah bahasa Jawa untuk “lapisan kulit”).

Proses pengelupasan kulit dan pemijatan ini melibatkan pasta yang terdiri dari tumbuh-tumbuhan dan bahan-bahan lainnya (termasuk kunyit, temu lawak, cendana, minyak melati dan tepung beras) yang telah direndam dalam air dan dicampur dalam jenis semak belukar tertentu. Kadang-kadang kencur dicampur dalam untuk memberikan efek pemanasan.

Pasta ini juga dapat dibeli dalam paket yang dapat dibuat dengan cepat dengan air hangat. Pasta tersebut kemudian dibalurkan ke seluruh tubuh dan dibiarkan kering selama 20 sampai 30 menit. Setelah pasta telah kering, kemudian bersihkan untuk menyelesaikan proses pengelupasan kulit. Sisa pasta kemudian dicuci atau dibilas dengan mandi biasa.

3. Boreh Bali

Perawatan ini digunakan baik sebagai pencegahan dan pengobatan penyakit. Karena seluruh sensasi pemanasan tubuh pada perawatan ini dianjurkan untuk pengobatan sakit kepala, nyeri otot, arthritis, dan demam. Perawatan ini terbuat dari ramuan rempah-rempah yang merupakan resep tua selama berabad-abad.

Cendana, cengkeh, jahe, kayu manis, ketumbar, kunyit, pala, dan tepung beras dibentuk menjadi pasta dengan air lengkuas atau rempah-rempah wangi. Pasta ini kemudian diterapkan pada tubuh untuk menghasilkan sensasi pemanasan. Kemudian biarkan pada tubuh selama lima sampai sepuluh menit dan kemudian gosok untuk menyelesaikan proses pengelupasan.

Parutan wortel atau pelembab alami lainnya kemudian dioleskan ke kulit untuk mengisi kelembaban kulit. Sisa-sisa pengobatan kemudian dapat dibilas dengan mandi biasa.

4. Mandi bunga

Perawatan ini sering dianggap sebagai puncak kunjungan turis mancanegara di Indonesia. Sebuah bak mandi air hangat dipersiapkan dengan kelopak melati, gardenia, kembang sepatu, magnolia, dan bugenvil. Kelopak bunga ini dipilih tidak hanya untuk aroma yang diberikan tetapi juga untuk warna yang kaya.

Biasanya mandi bunga tidak ditawarkan sebagai pengobatan tertentu, tapi sebagai hasil akhir untuk sesi spa. Hal ini digunakan untuk menikmati pengalaman pembersihan dan relaksasi tambahan 20 menit.

5. Java Wraps

Java Wraps telah digunakan oleh perempuan Jawa selama berabad-abad sebagai sarana untuk melangsingkan badan terutama bagi wanita yang setelah melahirkan. Hal ini masih umum digunakan saat ini dan dilakukan selama 40 hari setelah melahirkan untuk membersihkan perut pasca kelahiran.

Diperkirakan bahwa perawatan ini mampu mengeluarkan bakteri dari tubuh dan membantu sistem limfatik dan meremajakannya. Hal ini juga membantu dalam pembersihan dan pemulihan tubuh.

Campuran kayu putih, batu laut hancur atau karang, air jeruk nipis, daun sirih, dan minyak dicampur bersama-sama menjadi pasta dan kemudian dioleskan pada daerah perut. Kini beberapa perusahaan jamu memiliki paket pasca melahirkan, yang berisi sejumlah pasta serta pil yang digunakan untuk periode 40 hari setelah melahirkan.

6. Pijat tradisional

Pijat Tradisional Indonesia biasanya menggunakan minyak kelapa dan bunga-bunga tropis untuk memberikan aroma ringan. Kadang-kadang minyak ringan digunakan dalam beberapa spa. Minyak ini bekerja dalam tubuh untuk meredakan ketegangan.

7. Pijat Aromaterapi

Pijat aromaterapi merupakan salah satu perawatan yang paling populer di Indonesia. Melalui pijat aromaterapi, bahan aktif minyak atsiri yang dicampur dengan minyak aromaterapi yang dioleskan pada kulit memungkinkan Anda untuk merasakan efek relaksasi sistem saraf pusat. Beberapa minyak mengandung sifat obat yang dapat memiliki efek pada organ yang menderita penyakit tertentu.

8. Jamu

Meracik dan minum obat tradisional Indonesia yang disebut jamu telah dipercaya selama seribu tahun sebagai tradisi ejak periode kerajaan Hindu-Jawa. Hal ini terbukti dengan adanya Madhawapura prasasti dari Majapahit yang menyebutkan profesi untuk membuat jamu.

Bahan Jamu ini diambil dari bagian tanaman di Indonesia seperti akar, daun, buah, bunga dan kulit. Kemudian, formula yang digunakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Sebelumnya, formula ini hanya terbatas pada orang-orang yang tinggal di Istana sebagai resep rahasia dan eksklusif. Tapi, sekarang sudah dikenal luas di Indonesia dengan berbagai manfaat
seperti mengobati jerawat, mengurangi nyeri haid, obat kelelahan, mengatasi masalah bau badan hingga mengobati penyakit ringan hingga penyakit kronis tanpa efek samping.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *