7 Tips Aman Menggunakan Softlens

Loading...

DOKTERCANIK.COM – Merasa sering ribet dan tidak percaya diri dengan memakai kacamata, orang-orang mulai memilih menggunakan softlens yang pemakaiannya lebih praktis dan tidak terlalu mencolok.  Saat ini pemakaian softlens bahkan bukan hanya untuk mangatasi masalah penglihatan tetapi juga sebagai penunjang penampilan.

Namun, menggunakan softlens tidak boleh asalan saja karena softlens harus dipasangkan pada mata kita yang merupakan salah satu organ penting yang  paling sensitif. Jika kita tidak berhati-hati dan tidak tahu cara menggunakannya, kita bukan hanya tidak mendapatkan khasiat dari softlens tersebut tetapi juga akan memunculkan masalah lain pada mata.

Masalah mata akibat softlens yang mungkin muncul seperti iritasi pada mata, mata merah, mata kering, gatal-gatal bahkan luka pada kornea sehingga menyebabkan kebutaan. Agar resiko-resiko berbahaya tersebut tidak terjadi, kita perlu mangatahui cara-cara yang aman untuk menggunakan softlens.

Berikut adalah infirmasi mengenai cara aman menggunakan softlens. Simak ya.

Konsultasi dengan Dokter Mata

Sebelum memutuskan untuk memakai soflens, hal terpenting untuk dilakukan adalah memeriksakan kondisi mata dan berkonsultasi dengan dokter spesialis mata atau ahli kacamata.

Kita harus tahu dulu apakah mata kita aman untuk penggunaan softlens atau tidak karena ada beberapa kondisi mata yang tidak disarankan untuk memakai softlens seperti mata yang mudah infeksi, mata kering dan gangguan pada kedipan mata.

Jika memang mata kita memungkinkan untuk penggunaan softlens, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memerikasa kondisi bola mata. Nah, hal ini hanya bisa dilakukan oleh dokter mata atau optician yang berpengalaman. Kondisi yang diperiksa tersebut meliputi tingkat kelengkungan kornea, keadaan permukaan kornea, serta kondisi keantitas dan lualitas ait mata.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mencari sotflens yang cocok digunakan pada mata kita. Itulah kenapa kita sangat butuh konsultasi dengan dokter. Jangan hanya membeli dan asal memakainya saja.

Memastikan Kualitas Soflens

Wanita mana yang tidak tergiur barang-barang dengan harga yang murah. Buktinya pusat-pusat perbelanjaan selalu dipenuhi para wanita jika ada diskon atau harga promo. Softlens ada kalanya juga dijual dengan harga yang murah atau harga promo.

Bagi wanita yang menginginkan tampil cantik dengan softlens biasa mudah sekali tergiur dan langsung membeli. Membeli baju, sepatu ataupun tas mungkin wajar-wajar saja. Tapi kalau sudah berhubungan dengan kesehatan seperti softlens kita seharusnyalebih berhati-hati.

Jangan mudah tergiur dengan promo-promo softlens, belum tentu softlens tersebut aman apalagi cocok bagi mata kita karena tidak melalui pemeriksaan terlebih dahulu.

Untuk  menjamin kualitas dan keamanan softlens, beli dan pesanlah di optik kacamata terpercaya dan ditangani orang-orang yang profesional di bidangnya.

Menjaga Kebersihan Softlens

Kita tentunya tidak ingin softlens yang dimaksudkan untuk menunjang penampilan malah akan membuat mata kita mengalami iritasi. Iritasi tersebut bisa terjadi karena kotoran atau debu yang terbawa oleh softlens kedalam mata. Bagaimana untuk menghindari hal tersebut?

Untuk menghindari hal tersebut kita harus menjaga kebersihan softlens. Jangan sampai softlens dibiarkan kena debu. Tapi jangan cuci atau bersihkan sembarangan saja. Membersihkan softlens haruslah dengan cairan khusus pembrsih lensa. Biasanya akan diberikan saat kita membeli softlens.

Menjaga Kebersihan Tangan

Tidak hanya kebersihan softlensnya saja yang harus kita perhatikan, kebersihan tangan kita saat memakaikan softlens pada mata juga harus diperhatikan agar kuman atau bakteri tidak ikut masuk ke dalam mata.

Melepas softlens saat tidur

Softlanes yang kita gunakan sehari-hari bisa saja menjadi sarang kuman dan virus yang merusak bola mata. Jadi kita tidak harus memakainya sepanjang waktu. Pada saat mandi dan tidur sebaiknya kita melepas softlens tersebut dan membersihkannya.

Hindari Softlens Yang Berwarna

Seiring bertambahnya tujuan pemakaian softlens untuk menunjang penampilan. Softlens yang tersediapun tidak hanya berwarna netral saja tetapi sudah tersedia dalam bermacam-macam warna yang menarik.

Soflens yang berwarna-warni tersebut memang indah dilihat, tapi bagaimana kalau warna-warna tersebut malah menghalangi oksigen masuk kemata kita? Ya. Warna-warni pada softlens bisa menghalangi oksigen masuk ke kornea mata. Kalau kornea mata sudah kekurangan oksigen maka akan memudahkan terjadinya iritasi.

Selingi Dengan Kacamata

Waktu yang disarankan untuk memakai softlens maksimal adalah selama 8 jam. Jadi sesekali selingilah pemakaian softlens dengan kacamata agar mata tetap rileks. Pakailah softlens untuk keluar rumah saja, jika dirumah kita bisa menggantikannya dengan kacamata.

**

Nah, itulah beberapa tips bagi kamu yang ingin atau sudah menggunakan softlens. Kita boleh tampil cantik, tapi jangan sampai usaha kita untuk tampil cantik malah menimbulkan efek yang berbahaya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *