Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering dan Bersisik

Merawat KakiKulit kaki yang kering dan bersisik adalah salah satu masalah kulit yang paling umum dikeluhkan oleh banyak orang belakangan ini. Jika anda ingin mencari cara untuk mengatasi kulit mati dan bersisik pada kaki anda, menggunakan krim khusus kaki adalah solusi yang paling praktis untuk dicoba. Disamping penerapannya sangat mudah, juga biayanya cukup murah.

Anda perlu teliti sebelum memilih krim khusus untuk kulit kaki kering. Ada banyak jenis krim kaki di luar sana yang dirancang untuk mengatasi kulit kering. Beberapa produk tentu sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Cara memilih krim pelembab untuk masalah kulit kaki yang kering adalah dengan memilih produk yang berbahan alpha hydroxy. Meskipun penggunaan bahan berbahan dasar alpha hydroxy mempunyai efek negatif pada kulit anda namun itu hanya bersifat sementara saja. Untuk pemakaian pertama, mungkin anda akan mengalami kekeringan pada kulit, gatal dan kemerahan.  Tetapi selanjutnya akan terasa lebih nyaman.

Jika pemakaian produk yang berbahan alpha hydroxy ini meragukan anda,  beberapa pilihan lainnya mungkin bisa anda pertimbangkan seperti mengguankan pelembab alami kulit atau lotion kulit.

Untuk menjaga kaki bagus dan indah, anda dapat beralih ke bahan-bahan perawatan kulit yang lain. Untuk memastikan kaki anda tetap cantik dan bebas dari kulit kering, jangan lupa untuk memanjakannya seperti cara anda merawat wajah anda. Gunakan Vaseline setelah mandi untuk melembabkan kaki dan scrub kaki untuk menghilangkan kulit mati di sekitar kaki anda.

Pakai sunblock ketika Anda berada di bawah sinar matahari untuk memberikan perlindungan yang lebih baik untuk kaki. Selain itu anda juga dapat melakukan cara lain seperti sauna, jacuzzi dan merendam kaki. Merendam kaki di air hangat dengan sedikit campuran garam adalah cara yang bagus untuk melembabkan kaki setelah anda beraktifitas diluar rumah.

Pedicure

Melakukan pedicure pada kaki dengan kulit yang kering dan bersisik dapat membuat bentuk kaki anda terlihat lebih cantik. Cara melakukan pedicure di rumah adalah dengan beberapa langkah seperti:

  1. Rendam kaki anda dalam air hangat selama lima sampai sepuluh menit. Anda dapat menggunakan salah satu spa kaki atau panci air biasa. Tujuannya  untuk melembutkan kulit kering dan kulit kaki yang kapalan sehingga anda akan mendapatkan hasil terbaik setelah melakukan pedikur.
  2. Setelah selesai perendaman, keringkan kaki anda dengan handuk secara lembut.  Selanjutnya, oleskan krim exfoliating khusus kaki ke kaki anda. Gunakan batu apung untuk menghapus semua kulit kering dan jaringan kulit mati.
  3. Setelah kulit anda terkelupas maka kulit kaki anda nampak sehat dan merah muda. Bilas kaki anda lagi untuk menghilangkan sisa kotoran atau kulit mati anda lalu gunakan krim atau lotion kaki yang diformulasikan khusus untuk kulit kering dan bersisik untuk melembabkan kulit kaki anda.

***********

Cara mengatasi kulit kaki kering dan bersisik lainnya adalah dengan menjaga tubuh dari dehidrasi dengan banyak minum air putih, memperhatikan asupan gizi untuk kesehatan kulit serta menjaga kebersihan kaki.

Jika beberapa cara diatas belum memberikan hasil yang maksimal, segera periksakan kesehatan ke dokter pribadi karena dikhawatirkan jika kulit kaki kering dan bersisik yang anda alami bisa saja merupakan tanda-tanda penyakit diabetes.





  • Pingback: Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Kaki :: Pengobatan Kaki Gatal

  • sevencovich

    thank infonya

  • fathur

    saya mau tanya , ada beberapa yg saya belum ngerti . scrub kaki itu seperti apa ? apa bisa kita beli di toko bebas atau harus dengan resep dokter ? kalo yg namanya krim exfoliating itu seperti apa ya ? thx

    • rara

      Scrub kaki fungsinya untuk menghilangkan kulit yangbelum diangkat saat kaki dibersihkan. Scrub kaki dan perlengkapan perawatan kaki ada di produk oriflame. Anda bisa memesannya lewat saya di facebook saya rara tiarawira