8 Mitos Perawatan Kecantikan yang Salah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Ada banyak mitos yang beredar di masyarakat seputar perawatan kecantikan tetapi tidak semua dari mitos tersebut benar lho. Sangat penting tentunya untuk anda mengetahui mitos apa saja yang sebenarnya tidak tepat agar tidak salah langkah dalam melakukan perawatan pada tubuh anda.

Nah berikut kami akan berbagi informasi mengenai mitos kecantikan apa saja yang tidak tepat yang mungkin sering anda dengar. Ini dia uraiannya.

1. Makan Coklat Dapat Membuat Wajah Berjerawat

Belum ada penelitian yang membuktikan mitos ini, malahan berdasarkan penelitian mengkonsumsi coklat dapat membuat kulit jadi lebih halus dan tampak lebih awet muda. Tapi tentunya dalam komposisi yang wajar dan jangan berlebihan jika anda tidak ingin mengalami kegemukan dan diabetes.

Jadi dapat disimpulkan jika coklat sama sekali tidak berhubungan dengan jerawat, jika anda berjerawat itu dapat dipicu oleh faktor hormonal, polusi ataupun cara anda membersihkan wajah anda yang tidak tepat.

2. Pemakaian Handbody atau Sunblock tidak Perlu jika Mendung

Mungkin anda berpikir jika handbody ataupun sunblock hanya diperlukan ketika matahari cerah atau sedang terik untuk melindungi kulit anda. Pada kenyataannya, saat mendung pun sinar UV pada matahari tidak berkurang efeknya pada kulit anda sehingga dapat menjadikan kulit anda tampak lebih gelap jika anda tidak menggunakan sunblock ketika keluar rumah di hari mendung.

3. Penggunaan Krim Anti Penuaan dengan Volume Banyak akan Semakin Baik

Jika anda menggunakan krim anti penuaan pada kulit wajah sebaiknya oleskan secara tipis dan merata. Anda tidak perlu mengoleskan dalam jumlah yang banyak sehingga terkesan tebal dan mendempul karena sebenarnya penggunaan krim perawatan pada kulit dalam jumlah yang banyak tidak akan berbeda hasilnya,

Yang utama adalah pemilihan jenis krim yang sesuai jenis kulit anda dan pemakaian yang tepat. Anda juga akan boros dan krim yang tebal dapat menutupi pori-pori dan memicu terjadinya komedo bahkan juga jerawat.

4. Produk Kecantikan Yang Termahal Berarti Yang Terbaik

Tidak selamanya produk perawatan kecantikan yang dibeli mahal berarti akan sangat baik jika anda gunakan, efektifnya suatu produk perawatan lebih bergantung pada kesesuainnya dengan jenis kulit anda.

Sebagai contoh jika anda memiliki kulit wajah kering maka sebaiknya pilihlah perwatan untuk kulit kering juga. Hasil kerja suatu produk kecantikan sebenarnya tidak akan jauh berbeda dari produk yang mahal ataupun produk yang lebih murah, semuanya tergantung respon dari kulit anda yang bereaksi dengan produk yang pilih.

5. Membersihkan Wajah Dengan Air Yang Hangat Adalah Yang Terbaik

Sebenarnya lebih tepatnya adalah membersihkan wajah dengan air suam-suam kuku adalah yang terbaik. Jika anda menggunakan air hangat yang cenderung panas pada wajah anda akan membuat kulit wajah anda kering sedangkan jika airnya dingin maka tidak akan terlalu efektif dalam mengangkat kotoran dan minyak pada wajah.

6. Moisturizer Tidak Diperlukan Pada Wajah Berminyak

Moisturizer merupakan nutrisi pada kulit yang menjadikan kulit lembab, halus dan lembut, walaupun anda memiliki tipe kulit berminya maka tetap penting untuk menggunakan moisturizer pada wajah. Cukup pilih moisturizer yang “water-based” oil free “ ataupun “oil control” sehingga wajah tetap lembut dan produksi minyak pada kulit wajah dapat terkontrol.

7. Krim Tubuh dapat digunakan pada Wajah

Mitos ini jelas keliru, karena kulit tubuh cenderung lebih tebal dibanding kulit wajah sehingga kulit tubuh memiliki kelenjar minyak lebih sedikit. Selain itu krim tubuh diformulasikan untuk kulit tebal sehingga jika digunakan pada wajah dapat menimbulkan masalah pada kulit wajah seperti iritasi ataupun jerawat.

8. Membersihkan Wajah Sebaiknya Menggunakan Waslap

Jika anda sering menggunakan waslap untuk membersihkan wajah anda sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut dan mulailah membiasakan menggunakan tangan anda langsung. Sering kali tanpa disadari anda akan menggunakan waslap terlalu keras pada wajah sehingga dapat membuat kulit wajah menjadi iritasi,.

Penting untuk diingat bahwa sebelum menggunakan tangan maka cucilah terlebih dahulu hingga bersih sehingga kulit wajah dapat terhindar dari kuman yang ada pada tangan anda.

**

Nah demikianlah 8 mitos tentang perawatan kulit yang mungkin sering anda dengar dan tidak tepat untuk anda lakukan pada perawatan wajah dan tubuh anda. Mulai sekarang mari tinggalkan kebiasaan yang tidak tepat tersebut dan mulailah dengan kebiasaan yang benar, Semoga Bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *