4 Poin Penting Saat Memilih Softlens

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bagi Anda yang memiliki mata minus pasti menggunakan kacamata sebagai solusi dari ketidaknyamanan tersebut. Namun saat ini perkembangan softlens sebagai pengganti kacamata menjadi alternatif yang cukup efektif.

Ketenaran softlens menjadi sangat digandrungi karena fungsinya yang tidak hanya sebagai pengganti kacamata tapi juga sudah menjadi tren gaya hidup masa kini. Softlens yang dalam pemasarannya memiliki warna beragam membuat para wanita menjadikannya salah satu penunjang penampilan.

Softlens menjadikan para wanita terlihat cantik, itulah sebabnya soflens tak lagi masuk dalam kategori alat kesehatan, namun lebih masuk ke dalam kategori alat kecantikan.

Tak hanya itu, softlens pun sering digunakan oleh para wanita yang sebenarnya tidak memiliki kendala atau masalah apapun dengan mata. Artinya, softlens yang digunakan tidak memiliki lensa minus atau plus, namun hanya digunakan untuk mempercantik mata dan penampilan saja.

Namun softlens bukan tanpa kendala, terlalu sering menggunakannya juga bisa menyebabkan mata menjadi tidak nyaman. Bahkan bagi sebagian orang bisa alergi dan menyebabkan iritasi ringan. Untuk itu bagi Anda yang ingin menggunakan softlens ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Perhatikan Kualitas

Jangan karena harga yang murah Anda mengenyampingkan kualitas. Ingat barang bagus yang berkualitas tidak akan dijual murah. Jangan sembarangan membeli softlens ditempat-tempat yang kurang direkomendasikan. Lebih baik sebelum Anda memilih softlens, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter mata untuk kesesuaian softlens yang baik untuk mata Anda.

Pastikan bahwa softlens yang Anda pilih nantinya sesuai dengan kebutuhan serta saran dari dokter mata. Ketimbang terjadi kesalahan di akhir nanti, lebih baik Anda meminimalisir dan mencegahnya dari sekarang.

2. Perhatikan Lama Pemakaian

Perhatikan waktu pemakaian softlens. Setiap softlens memiliki waktu kadaluarsa sendiri sehingga Anda harus memperhitungkan lama pemakaiannya. Jangan sampai Anda memakai softlens yang sudah kadaluarsa karena akan menyebabkan iritasi dan perih.

Biasanya tanggal kadaluwarsa softlens terdapat pada kemasannya. Anda lah yang sebaiknya lebih telitis dalam melihat batas kadaluwarsa tersebut, karena hal ini jarang diperhatikan oleh para penjual.

3. Cermati Tipe Softlens

Dengan segmentasi pasar yang berbeda dan merek yang beragam, sudah tentu ada banyak sekali pilihan softlens di luar sana. Perhatikan kadar air dan ketipisan softlens yang sesuai dengan bola mata. Ini akan berpengaruh kepada kenyamanan saat menggunakannya. Kadar air biasanya berpengaruh pada produksi air mata untuk membuat bola mata tidak cepat kering.

Pastikan softlens yang Anda pilih nanti cukup nyaman dengan mata Anda saat akan melakukan aktivitas apapun. Tidak perlu memaksa membeli jika memang tak menemukan kenyamanan di dalamnya.

4. Sesuaikan Ukuran Dengan Bola Mata

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah diameter bola mata. Tentu setiap orang memiliki ukuran bola mata yang berbeda dan akan mempengaruhi ukuran softlens yang akan digunakan. Jadi pilih softlens yang sesuai dengan bola mata Anda. Mata juga butuh ruang untuk bersirkulasi dengan air mata agar bola mata tidak kering.

**

Itulah beberapa hal wajib yang penting untuk Anda perhatikan sebelum membeli softlens. Jangan rusak mata dan kenyamanan hanya demi membeli sebuah gaya ya!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *