5 Masker Alami Untuk Memutihkan Kulit Wajah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Setiap wanita pasti mendambakan kulit yang putih dan cerah. Namun tidak semua wanita terlahir dengan anugerah kulit putih. Di samping itu, efek polusi dan paparan sinar UV juga menjadi faktor penyebab kulit menjadi kusam. Biasanya, seseorang yang mempunyai kulit kusam cenderung minder dan tidak percaya diri. Sehingga berbagai carapun ditempuh untuk memutihkan kulit.

Pada umumnya, para wanita mencoba penggunaan krim pemutih, suntik vitamin C, dan chemical peeling untuk memutihkan kulit. Sayangnya, metode-metode tersebut menggunakan bahan-bahan kimia sintesis yang tidak sehat untuk kulit. Apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, bahan-bahan kimia tersebut akan terakumulasi di dalam kulit dan memicu timbulnya efek samping.

Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk memutihkan kulit secara aman adalah memanfaatkan bahan-bahan alami. Anda dapat mengolah bahan-bahan alami tersebut menjadi masker wajah untuk memutihkan kulit. Selain lebih ekonomis, proses pembuatannya pun juga mudah.

Dikutip dari makeupandbeauty, berikut 5 masker alami untuk memutihkan kulit wajah. Simak ulasannya:

Madu dan Lemon

Madu adalah salah satu bahan alami yang diperoleh dari sarang lebah. Madu mempunyai kandungan alami yang berguna untuk meningkatkan kelembaban kulit. Sedangkan lemon kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C ini berkhasiat untuk mencerahkan kulit.

Cara pembuatannya, campurkan 1 sdm madu dengan 1 sdm jus lemon. Aduk campuran hingga merata. Kemudian oleskan pada wajah dan leher sambil dipijat-pijat. Diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hingga bersih.

Tepung beras

Tepung beras memiliki kandungan vitamin E dan vitamin C yang berguna untuk mencerahkan kulit serta melindungi kulit dari efek radikal bebas. Biasanya, tepung beras ini dijual di swalayan-swalayan. Namun, sebagian besar produk tepung beras mengandung bahan pemutih buatan. Jadi, sebaiknya anda membuat sendiri tepung beras di rumah.

Caranya, ambil 1 genggam beras dan cuci bersih. Rendam di dalam air semalaman. Keesokan paginya, haluskan beras yang sudah lunak dengan ditumbuk atau diblender. Setelah dihaluskan, diamkan tepung beras hingga bena-benar mengering. Tepung beras pun siap digunakan sebagai masker wajah.

Cara pembuatan masker wajahnya, campurkan 2 sdm tepung beras, 1 sdm bubuk kunyit, dan 1 sdm susu. Aduk campuran hingga menjadi pasta. Jika kulit wajah anda berminyak, maka tambahkan sedikit tetesan air perasan lemon pada campuran. Selanjutnya oleskan pada wajah dan leher hingga merata. Diamkan selama 20 menit. Setelah kering, bilas dengan air hingga bersih.

Susu

Susu mengandung tinggi protein yang berguna untuk mencerahkan kulit dan membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati.

Cara pembuatannya, campurkan 1 sdm susu bubuk, 1 sdm madu, dan 1 sdt jus lemon. Aduk hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan pada wajah dan leher hingga merata. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas wajah dengan air hingga bersih.

Mentimun dan jus lemon

Mentimun kaya akan kandungan mineral dan air yang dapat menyegarkan dan mencerahkan kulit. Selain itu, mentimun juga berkhasiat mengurangi pembengkakan pada kantong mata.

Cara pembuatannya, campurkan 1 sdm mentimun yang telah dihaluskan dengan 1 sdt jus lemon. Aduk hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan pada wajah dan leher hingga merata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air hingga bersih.

Tomat dan tepung beras

Tomat adalah buah yang mengandung tinggi likopen dan kaya vitamin sehingga sangat bekhasiat dalam menjaga kesehatan kulit. Kandungan di dalam tomat dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati serta memutihkan kulit wajah.

Cara pembuatannya, campurkan 2-3 sdm tomat yang telah dihaluskan dengan 1 sdm tepung beras. Aduk hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan pada wajah dan leher hingga merata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air hingga bersih.

***

Gunakan masker dari olahan bahan alami diatas 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk memberikan hasil yang optimal. Sehingga dalam jangka 3 bulan, wajah pun akan tampak lebih putih dan cerah.

(photo: beautyprog.com)

Loading...

Komentar Pembaca untuk “5 Masker Alami Untuk Memutihkan Kulit Wajah

  1. as’salamualaikum dr.
    saya punya msalah pada wajah sya
    bekas jerawat dn warna hitam pada bagian klopak mata saya.
    kira kira saya harus pake masker alami apa yang sekaligus buat klopak mata dn bintik hitam bkas jrawat…
    trimakasih dr..

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *