Penyebab Insomnia dan Cara Menyembuhkannya

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mungkin pada awalnya penyakit susah tidur atau yang biasa disebut sebagai insomnia itu sering kali kita anggap sebagai hal yang biasa. Namun ternyata tanpa disadari, insomnia dapat berakibat buruk dalam waktu jangka panjang jika tidak segera disembuhkan atau diatasi. Kinerja kita dalam beraktivitas dan berkreasi menjadi menurun karena tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup.

Dampak terburuk yang dapat disebabkan oleh insomnia ialah penyakit jantung. Maka dari itu segera caritahulah mengenai cara mencegah insomnia ini selagi usia masih muda. Jangan sampai penyakit ini terbawa hingga dewasa.

Mungkin bagi kalian ada yang belum tahu, sebenarnya apa sih penyebab dari insomnia? Dan bagaimana cara mengatasi insomnia? Yuk kita simak informasi di bawah ini.

Faktor Penyebab Insomnia

Stress yang berlebih

Stress yang terlalu berlebih sebenarnya tidak baik bagi kesehatan dan dapat berdampak pula bagi kualitas tidur kita di malam hari. Biasanya orang yang stress itu sering kali membawa pikiran yang terlalu berat sehingga akan membuat tubuh menjadi gelisah karena masalah-masalah yang tengah dihadapi. Nah hal inilah yang dapat membuat seseorang menjadi tidak bisa tidur.

Pola hidup yang kurang sehat

Pola hidup maksudnya adalah rutinitas kita sehari-hari dan sudah terbiasa kita lakukan dalam menjalankan aktivitas. Seperti sering mengkonsumsi makanan cepat saji, merokok, tidak pernah berolahraga hingga sering meminum minuman yang banyak mengandung kafein.

Itu semua juga dapat menyebabkan insomnia atau gangguan tidur. Jika kebiasan-kebiasaan tersebut tidak segera diubah atau diperbaiki, mungkin saja hal-hal yang lebih buruk dan tidak pernah kita duga sebelumnya dapat terjadi.

Suasana tidur yang tidak kondusif

Pernah gak sih kita mengalami ketika sebenarnya tubuh itu capek, tapi pas mau tidur malah gak bisa? Nah mungkin saja hal ini terjadi karena suasana tidurnya yang tidak kondusif.

Seperti contoh kasus yang tidak nyaman, keadaan di sekeliling yang gaduh atau memang pikiran kita yang sedang terbawa dengan hal-hal yang membuat kita menjadi tidak tenang. Maka dari itu ada baiknya sebelum tidur kita tenangkan pikiran terlebih dahulu sehingga istirahat pun mejadi lebih tenang dan kualitas tidur menjadi meningkat.

Bagaimana Cara Menghilangkan Insomnia?

1. Lakukanlah olahraga ringan namun konsisten. Menurut beberapa peneliti, berolah raga dengan teratur dapat membantu seseorang yang tengah mengalami susah tidur.

2. Jangan terlalu banyak makan atau minum menjelang tidur. Perut yang kenyang ataupun lapar dapat membuat tubuh menjadi tidak merasa nyaman, sementara minum yang terlalu banyak pun juga akan menimbulkan rasa ingin buang air kecil.

3. Mengurangi mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki sifat stimulan atau yang membuat tubuh menjadi terjaga ketika alam hari, seperti mengkonsumsi kopi, teh, dsb.

4. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman dan tenang. Cobalah membuat suasana kamar menjadi lebih sejuk dan dingin, matikan lampu, dan semprotkan pengharum diseluruh penjuru ruangan. Tubuh akan merasa lebih tenang dan nyaman.

5. Mandi atau berendam air hangat 30 menit sebelum tidur. Air hangat akan memiliki efek sedasi atau rangsangan untuk tidur. Selain itu mandi atau berendam juga akan mengurangi ketegangan dalam tubuh.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *