12 Makanan yang Ampuh Membuat Awet Muda Lebih Lama

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Menjadi tua adalah hal yang pasti bagi setiap orang, namun penuaan dini merupakan masalah yang harus Anda cegah. Penuaan dini merupakan salah satu tanda bahwa Anda telah menjalani pola hidup yang salah terutama dalam mengkonsumsi makanan. Namun jangan khawatir, ada beberapa makanan yang dapat mencegah tubuh mengalami penuaan dini. Ini dia ulasannya.

1. Jamur Shiitake

Salah satu penyebab munculnya uban lebih dini adalah kurangnya tembaga. Sebuah studi dalam jurnal Biological Element Research menemukan bahwa kemunculan uban lebih dini disebabkan karena asupan tembaga yang lebih rendah dari kelompok yang mendapatkan asupan tembaga yang cukup.

Tubuh Anda membutuhkan tembaga untuk menghasilkan pigmen untuk kulit dan rambut, dan jamur shiitake adalah salah satu sumber makanan terbaik yang memenuhi kebutuhan tembaga tubuh Anda.

Sekitar setengah cangkir jamur shiitake menyediakan 71 persen dari asupan harian tembaga yang direkomendasikan dan hanya mengandung sekitar 40 kalori sehingga tidak akan menyebabkan kegemukan.

2. Ubi Jalar

Sebuah studi dalam Journal Evolution and Human Interaction menunjukkan pola makan yang kaya buah-buahan dan sayuran memberikan tubuh yang sehat, lebih menarik, dan kulit yang bersinar.

Peneliti menemukan orang yang makan porsi lebih banyak buah dan sayuran berwarna merah dan oranye per hari memiliki kulit yang bersinar dan terlindung dari bahaya sinar UV daripada mereka yang tidak mengkonsumsi sama sekali. Hal ini karena zat karotenoid yang terkandung di dalamnya.

Beberapa makanan yang kaya karotenoid untuk kecantikan adalah ubi jalar; hanya setengah buah ubi jalar berukuran medium memberikan 200 persen karotenoid dari asupan harian yang direkomendasikan untuk kulit Anda.

3. Keju Cheddar

Satu studi dalam jurnal General Dentistry, orang yang tidak menyikat gigi selama 48 jam setelah mengemil keju cheddar dapat mengangkat pH mulut mereka ke tingkat yang sama seperti sesudah menyikat gigi. Senyawa dalam keju yang menempel pada enamel gigi seperti strip putih, membantu untuk menangkal asam.

4. Daging Sapi

Manicure mingguan dapat menjaga kuku Anda pada kondisi prima. Penelitian mengatakan bahwa pola makan yang kaya protein, zat besi dan seng adalah kunci untuk mendapatkan kuku yang panjang, kuat, dan indah. Dan ketiga zat tersebut terkandung dalam daging sapi tanpa lemak.

Sebuah penelitian terbaru di Journal of The European Academy of Dermatology yang melihat pertumbuhan kuku selama 70 tahun terakhir menemukan bahwa protein akan terus mempengaruhi pertumbuhan dan kecantikan kuku, mengingat kuku terbuat dari protein khusus yang disebut keratin. Jaga kecantikan kuku dengan 3-4 ons daging sapi tanpa lemak atau sirloin sekitar 1-2 kali seminggu.

5. Kenari

Kenari merupakan salah satu makanan yang mengandung berbagai nutrisi termasuk protein, lemak sehat, dan vitamin tertentu yang dikaitkan dengan kesehatan rambut. Vitamin E dalam kacang jenis ini sangat baik untuk menjaga rambut Anda tebal dan berkilau.

Satu penelitian membuktikan dalam delapan bulan menemukan pria yang setiap hari mendapatkan asupan vitamin E mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebanyak 42 persen. Hanya konsumsi satu sendok makan kenari dapat memberikan hampir dua pertiga dari RDA untuk kebutuhan vitamin E harian Anda.

6. Tomat

Makanan tinggi antioksidan, terutama buah-buahan dan sayuran berwarna, dapat membantu melawan efek oksidasi sinar UV. Satu studi dalam British Journal of Dermatology menemukan partisipan yang mengonsumsi lima sendok makan pasta tomat (bentuk terkonsentrasi dari tomat segar) setiap hari menunjukkan perlindungan di atas 33 persen terhadap kulit terbakar sinar matahari daripada kelompok yang tidak mengkonsumsi sama sekali.

Tomat bekerja ganda untuk meningkatkan keindahan kulit Anda. Sementara karotenoid dan antioksidan membantu tubuh melawan oksidasi sel-sel yang menua, kedua zat ini juga meningkatkan molekul pro-kolagen yang membuat kulit tampak lebih muda.

7. Mangga

Buah tropis ini tidak hanya lezat, tetapi dapat membantu kulit Anda mencukupi kebutuhan kolagennya. Kolagen membantu kulit Anda terlihat segar dan kenyal.

Seiring bertambahnya usia, kolagen dan elastin tidak lagi diproduksi oleh tubuh kita, ditambah lagi kolagen akan dipecah dengan mudah oleh oleh radikal bebas. Beta karoten yang ditemukan dalam mangga juga membantu kulit Anda terlihat lebih muda.

8. Semangka

Semangka mengandung zat yang disebut citrulline yang membuat kulit Anda terhindar dari munculnya keriput pada usia dini. Zat ini memiliki efek detoksifikasi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu metabolisme Anda, dan membantu menjaga tubuh Anda dari serangan radikal bebas.

9. Tiram

Tiram mengandung mineral zinc yang membantu dalam menjaga kesehatan beberapa organ yang paling penting seperti mata Anda. Tiram mengandung selenium yang juga dapat berguna dalam mencegah beberapa jenis kanker. Lebih baik untuk mendapatkan asupan selenium Anda dari sumber alami seperti tiram, bukan dari suplemen.

10. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon mengandung asam lemak omega-3, yang tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan jantung, tetapi juga bekerja untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Asam lemak ini sangat baik untuk Anda karena meningkatkan membran sel. Kulit Anda akan tetap terhidrasi baik sehingga akan lebih kenyal. Disarankan untuk makan ikan berlemak beberapa kali seminggu.

11. Alpukat

Alpukat dikenal kaya akan vitamin E yang berfungsi untuk membantu memerangi radikal bebas. Vitamin dalam alpukat memiliki kemampuan untuk menembus struktur sel sedemikian rupa sehingga mengoptimalkan fungsi sel sehingga dapat menangkis kerusakan karena radikal bebas. Ditambah lagi buah ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen kulit Anda.

12. Jeruk

Kita semua tahu bahwa kita harus minum sekitar delapan gelas air sehari untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Selain menjaga sel-sel Anda terhidrasi dengan baik dan tubuh Anda berfungsi secara optimal, jeruk mengandung vitamin C, yang membantu tubuh Anda untuk memproduksi kolagen.

Kandungan Vitamin C dari jeruk terkenal akan manfaat anti-penuaan pada tubuh Anda. Jeruk juga mengandung serat yang cukup, dan dapat membantu Anda mencapai kebutuhan serat harian Anda. Jeruk juga memberikan Anda energi, yang membuat jeruk bisa menjadi alternatif sarapan Anda atau camilan sehat di siang hari.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *