10 Tips Tetap Cantik Selama Masa Kehamilan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kehamilan merupakan masa yang tidak hanya membawa perubahan hormonal tapi juga dapat mengubah cara Anda berperilaku. Selama masa ini, tidak jarang seorang wanita tampak pucat, berkulit kusam dan tidak sehat.

Ini adalah hal yang biasa terjadi pada kebanyakan wanita hamil, karena ibu hamil biasanya hanya berfokus pada kesehatan janin dalam kandungannya namun mengabaikan kesehatan dan kecantikan diri.

Anda bisa ikuti tips kecantikan ini terutama untuk wanita hamil untuk tetap tampil cantik dan sehat selama masa kehamilan Anda. Ini dia ulasan lengkap tentang tips tetap cantik selama masa kehamilan.

1. Pilihlah gaya hidup sehat

Ada banyak program kehamilan yang dilakukan oleh rumah sakit dan lembaga swasta di mana mereka mengajar banyak hal yang berhubungan dengan kehamilan. Meliputi berbagai latihan dan yoga yang membantu untuk menjaga saraf Anda serta mempersiapkan Anda untuk persalinan yang dapat Anda pilih.

Selain itu pastikan Anda mendapatkan cukup istirahat dan tidur untuk mengatasi stres dan perubahan hormon yang terjadi pada tubuh.

2. Melembabkan Kulit

Stretch mark adalah salah satu yang paling ditakuti setelah masa kehamilan. Banyak krim stretch mark yang baik untuk memberikan perut Anda bebas stretch mark, Anda dapat mencobanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan pengawasan dokter.

Langkah penting pertama adalah memastikan keseimbangan gizi. Tubuh Anda harus mendapatkan cukup zinc, vitamin E, vitamin C dan lemak omega terutama DHA, yang penting untuk kulit dan memiliki efek yang sangat positif pada elastisitas kulit. Nutrisi ini juga penting untuk perkembangan embrio dan janin terutama pada pertumbuhan otak dan kesehatan umum dari calon anak.

Pola makan yang sehat secara keseluruhan, olahraga ringan dan memastikan tubuh Anda terhidrasi dengan tepat (2 liter air setiap hari) juga membantu kulit untuk lebih menyesuaikan diri dengan ukuran tubuh yang terus membesar dan mencegah kerusakan permanen pada kulit.

3. Perawatan Kulit yang Aman

Tanyakan kepada dokter Anda mengenai produk perawatan kulit yang aman selama masa kehamilan untuk mempertahankan rutinitas kecantikan Anda. Anda mungkin dapat menggunakan produk dengan benzoil peroksida, asam azelaic, eritromisin atau antibiotik lainnya.

Banyak dari produk kecantikan membutuhkan resep yang harus diberikan oleh dokter. Bersihkan wajah dengan pembersih ringan dua kali setiap hari (pagi dan malam hari) dan bilas hingga bersih.

4. Beralih ke Produk Perawatan Rambut Bebas Sulfat

Produk dengan kandungan sulfat memiliki risiko dapat membentuk dua zat karsinogen yang disebut dioksan dan nitrosamin, yang tentunya memicu terjadinya sel-sel kanker dalam tubuh. Pilih produk perawatan rambut yang bebas sulfat dan lakukan perawatan rambut rutin yang menggunakan bahan-bahan alami seperti sabun kelapa tradisional.

5. Gunakan Tabir Surya yang Cukup

Perlindungan matahari yang aman sangat penting bagi wanita hamil. Karena perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan, kulit wanita menjadi sangat sensitif terhadap matahari, yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi atau malasma.

Namun, banyak bahan dalam tabir surya toko obat yang mungkin berbahaya untuk digunakan selama kehamilan, sehingga memilih produk yang tepat untuk perlindungan matahari sangatlah penting.

Lindungi kulit Anda dengan menggunakan produk dengan label broad spectrum, tabir surya alami 100% yang memiliki kadar SPF 30 atau lebih tinggi. Carilah produk penangkal sinar UV yang mengandung zat tertentu seperti seng oksida sebagai bahan utama.

6. Perlakukan Jerawat Secara Alami

Tubuh Anda melakukan kerja keras dan akan melalui transformasi fisik yang banyak selama kehamilan. Bagi banyak wanita, hal ini dapat mengakibatkan jerawat.

Obati jerawat Anda secara alami dengan mencuci wajah Anda dua kali sehari untuk menjaga pori-pori tidak menyumbat, minimalkan konsumsi susu dan asupan gula, berolahragalah untuk membantu detoksifikasi kulit Anda dan gunakan produk make up yang natural.

7. Pilihlah Deodoran Bebas Aluminium

Banyak wanita hamil melaporkan peningkatan bau badan selama kehamilan. Kebanyakan produk antiperspiran dan deodoran mengandung aluminium, yang dalam sebuah studi telah dikaitkan dengan beberapa masalah seperti cacat pada janin, baik secara perilaku dan neurologis. Hindari bau badan secara aman dan alami dengan menggunakan deodoran bebas aluminium.

8. Pilih Cat Kuku Tanpa Bahan Berbahaya

Banyak cat kuku mengandung bahan kimia yang berpotensi berbahaya seperti formalin, DBP, dan toluena, yang semuanya telah dikaitkan dengan kanker dan gangguan perkembangan pada janin.

Jika Anda ingin mengecat kuku Anda pilih produk yang tidak mengandung dibutil ftalat, toluena, formaldehida, resin formaldehida dan kamper.

9. Hindari Pewarnaan Rambut

Pertanyaan tentang mewarnai rambut saat hamil telah menjadi perdebatan para ahli medis selama bertahun-tahun. Pewarna rambut mengandung bahan kimia yang dapat diserap ke dalam kulit atau saat dihirup, termasuk tar, amonia dan PPD.

Untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan, disarankan untuk tidak melakukan pewarnaan rambut selama masa kehamilan Anda.

10. Pastikan Parfum Anda Aman

Wewangian dapat mengandung bahan kimia yang dapat meracuni janin dalam perut Anda jika tidak sengaja terhirup atau tertelan, seperti phthalates dan musk.

Gunakan parfum alami yang dibuat dari minyak esensial hasil penyulingan dan tidak mengandung paraben, phthalates, sintetis, propilen glikol atau pewarna tertentu yang dapat menyerap ke dalam kulit Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *