8 Kebiasaan Buruk Penyebab Keriput Dini

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Keriput adalah bagian dari penuaan. Namun, keriput ini akan menjadi masalah jika muncul di usia 20-30 tahun di mana kulit Anda masih memiliki jumlah kolagen dan elastin yang cukup untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Keriput dini yang muncul pada kulit bisa disebabkan karena kebiasaan buruk yang tidak Anda sadari.

1. Merokok

Menurut Joel Schlessinger pendiri LovelySkin.com, penelitian menunjukkan bahwa merokok adalah penyebab paling umum dari keriput. Merokok dapat mempercepat proses penuaan normal kulit Anda, yang memberikan kontribusi tinggi untuk munculnya keriput. Perubahan kulit ini dapat terjadi setelah 10 tahun merokok.

Semakin banyak rokok dan semakin lama Anda merokok, semakin banyak keriput pada kulit Anda. Nikotin dalam rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan terluar dari kulit Anda. Ini mengganggu aliran darah ke kulit Anda. Dengan aliran darah yang kurang, kulit Anda tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi penting seperti vitamin A.

Lebih dari 4.000 bahan kimia dalam asap tembakau juga merusak kolagen dan elastin yang memberikan kulit Anda kekuatan dan elastisitas. Akibatnya, kulit mulai melorot dan mengerut.

Selain itu, paparan berulang dari panas pembakaran rokok dan ekspresi wajah Anda saat merokok seperti mengerucutkan bibir Anda saat menghirup dan menyipitkan mata Anda untuk menjaga keluar asap dapat menyebabkan keriput.

2. Makan Terlalu Banyak Gula

Makanan yang tinggi gula dan tinggi glisemik dalam jumlah terlalu banyak tidak hanya akan berdampak pada peningkatan berat badan Anda, namun bisa membuat Anda terlihat lebih tua.

Menurut Roshini Rajapaksa co-founder dari Tula, melalui proses yang disebut glikasi yang merusak molekul gula yang menempel pada protein dalam kulit Anda (termasuk kolagen), menyebabkan kolagen menjadi kaku dan cacat. Hal ini menyebabkan hilangnya elastisitas wajah, serta memicu keriput, bengkak, dan garis-garis halus.

Gula rafinasi dan karbohidrat sederhana lainnya juga memicu peradangan di seluruh tubuh dengan menyebabkan tingkat insulin yang meroket. Peradangan menghasilkan enzim yang memecah kolagen dan elastin, yang mengarah ke efek kendur dan keriput pada kulit.

3. Minum Alkohol

Menurut James C. Marotta, seorang ahli bedah plastik wajah, alkohol adalah bahan yang membuat kulit Anda kering. Ini berarti kulit Anda akan tampak kusam dan kurang segar di pagi hari setelah Anda minum alkohol. Seiring waktu, kulit Anda akan kehilangan elastisitas dan terbentuk keriput karena kurangnya hidrasi.

Selain itu, alkohol dapat memiliki dampak negatif yang sangat besar pada vitamin A dalam tubuh, yang merupakan antioksidan yang sangat penting untuk kulit dan tubuh, dan sangat penting dalam regenerasi sel-sel baru. Vitamin A juga sangat penting dalam produksi kolagen . Bila Anda memiliki jumlah rendah kolagen, Anda kehilangan elastisitas pada kulit Anda.

4. Tidak Menghapus Makeup

Ketika Anda tidur dengan makeup Anda, lambat laun keriput pada kulit Anda akan terbentuk. Makeup dan polusi lingkungan Anda menumpuk pada siang hari dan meresap ke dalam pori-pori Anda, sehingga merusak kolagen dan elastin.

Hal ini dapat mempercepat proses penuaan dan meninggalkan garis-garis halus dan kerutan pada kulit Anda. Bersihkan kulit Anda setiap malam sebelum tidur.

5. Tidak Menggunakan Tabir Surya

Beberapa menit paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kolagen yang mengarah ke garis-garis halus dan kerutan. Kenakan tabir surya setiap hari, baik saat hujan atau cerah, sehingga Anda tidak mendapatkan kerusakan kulit akibat matahari.

Pilih SPF 30 dan yang memiliki zinc oxide atau titanium dioksida. Dua hal yang paling penting untuk pencegahan kerut adalah menggunakan tabir surya dan menghindari sinar matahari langsung. American Academy of Dermatology menyarankan penggunaan tabir surya broad spectrum, tabir surya tahan air dengan SPF 30 atau lebih setiap hari.

6. Posisi Tidur yang Salah

Jika Anda tidur dengan wajah Anda, Anda bisa mendapatkan keriput tidur dari bantal. Yang terbaik adalah menggunakan sarung bantal satin. Alternatif lain adalah untuk tidur telentang.

Dengan posisi tidur tengkurap, secara konsisten akan mendorong di wajah Anda dan menyebabkan lipatan, akhirnya mengakibatkan keriput permanen. Mengerutkan kening dalam tidur Anda adalah penyebab keriput lainnya.

7. Stres kronis

Ketika Anda stres, Anda lebih mungkin untuk makan terlalu banyak makanan yang salah, tidur terlalu sedikit, minum alkohol, yang mungkin menaikkan atau menurunkan berat badan secara drastis dan menimbulkan kerutan di wajah Anda.

8. Terlalu Lama Menggunakan Ponsel

Ponsel dan tablet berkontribusi untuk keriput di bawah dagu Anda. Leher Anda akan miring pada sudut yang tidak biasa ketika Anda menatap ke bawah pada gadget Anda selama berjam-jam.

Anda mungkin telah melihat efek langsung dalam sakit leher dan tegang mata yang Anda alami setelah menggunakan ponsel, tapi masalah lain dapat berkembang seperti keriput leher. Disarankan untuk melihat layar Anda dalam cara yang lebih ergonomis misalnya dengan meletakkan tablet menegak di atas meja, untuk mengurangi munculnya keriput pada leher.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *