Tips Memilih Bra Sehat dan Aman Untuk Payudara

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bra adalah pakaian khusus yang hanya dirancang untuk para wanita. Payudara perempuan membutuhkan pakaian khusus yang berfungsi untuk menutupi, menjaga dan memperindah bentuknya. Semua wanita yang sudah remaja dan dewasa pasti  memakai bra.

Sayangnya, terkadang para wanita  memakai  bra  untuk menutupi payudaranya saja sehingga lupa untuk memperhatikan kesehatan payudaranya. Padahal  bagi wanita payudara adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting.

Payudara yang sehat selain untuk memperindah bentuk tubuh, juga merupakan bagian tubuh untuk memberi nutrisi pada anak  kita kelak. Karena itu kesehatan payudara harus dijaga, salah satunya dengan pemilihan bra yang akan kita pakai.

Kenapa demikian? Apakah pemilihan berpengaruh terhadap kesehatan payudara kita? Ya. Pemilihan bra bisa mempengaruhi kesehatan kita. Pemilihan bra yang salah bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman, sakit punggung, sakitt pundak, iritasi pada kulit payudara dan bahkan bisa mempengaruhi bentuk payudara.

Contohnya saja, jika kita memakai bra yang terlaku sempit akan membuat kita sesak dan menimbulkan bekas pada kulit payudara yang bisa berakibat iritasi. Sebaliknya, pemakaian bra yang terlalu besar membuat payudara kita terlihat kendor. Apa kamu nyaman dengan itu?

Berikut ini merupakan tips untuk memilih bra yang aman dan nyaman untuk payudara :

Pemilihan bahan yang tepat

Bra-bra yang dijual saat ini beragam rupa dan warnanya. Terkadang kita tergiur melihat model dan warnanya sehingga memilih bra dengan model dan warna yang bagus, padahal bra itu pakaian dalam lho, sebagus dan sementereng papaun warnanya tetap tidak kelihatan kok.

Hal pertama yang menjadi pertimbangan kita saat membeli bra seharusnya adalah  bahannya. Pilihlah bahan yang bisa menyerap keringat sehingga payudara kita tidak pengap dan bisa bernafas. Katun adalah salah satu bahan yang disarankan karena bisa menyerap keringat.

Tali bra yang elastis

Di saat membeli bra, tali bra mungkin sering luput dari perhatian kita. Padahal tidak semua tali bra nyaman kita gunakan. Kita pasti pernah merasa pegal di bahu kan? Tali bra bisa menjadi salah satu penyebabnya. Tali bra seperti apa yang baik?

Pilihlah tali bra yang elastis dan agak lebar. Elastis membuat bahu kita tidak pegal, sedangkan ukuran yang lebih lebar akan mengurangi tekanan pada daerah pundak dan punggung.  Jangan sampai tali bra terlalu ketat dan menekan kulit kita dengan kuat.

Ukuran yang pas

Sebanarnya hal ini pasti sudah kita lakukan. Ukuran bra sangat penting saat memilih payudara. Terkadang agar payudara terlihat kencang, kita memilih payudara dengan ukuran kecil.

Hati-hati ukuran bra yang terlalu kecil bisa membuat kita sesak dan membuat kita susah bergerak. Di samping itu bra yang terlalu kecil bisa menimbulkan bekas kemerahan pada kulit dan bisa menyebabkan kulit payudara teriritasi.

Namun jangan juga memilih payudara yang longgar karena akan membuat payudara terlihat turun dan kendor. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan kan? Jangan sungkan-sungkan untuk mencoba bra tersebut sewakyu membeli ya,  biar bra yang kamu beli sesuai dan pas di badanmu.

Perhatikan cup bra

Jangan hanya tergoda dengan warna dan model cup bra saja, tetapi perhatikan juga efeknya terhadap payudara. Pilihlah cup yang bisa memuat keseluruhan payudara dan agak menariknya ke atas agar terlihat kencang. Jangan memilih cup payudara yang menyebabkan sebagian payudara menyembul karena akan menimbulkan bekas pada kulit payudara.

Ketika memakai bra tersebut, pastikan tidak ada rongga yang tersisa antara payudara dengan bra. Jika ada rongga yang tersisa berarti bra tersebut kebesaran dan membuat tampilannya tidak bagus.

Hindari bra berkawat

Hindari bra dengan cup berkawat karena akan menekan kulit bagian payudara dengan kuat sehingga sering menimbulkan rasa sakit dan meninggalkan bekas. Kawat ini bahkan juga bisa menimbulkan sakit ketika bergesekan dengan tulang dada kita.

Jangan terlalu banyak ornament

Bra-bra yang diproduksi sekarang memang banyak sekali modelnya, mulai dari yang berbunga-bunga, berpita, berenda, berpayet dan ornamen lainnya. Hal tersebut bermaksud untuk mempermanis tampilan bra.

Namun terlalu banyak ornamen akan  menyebabkan rasa tidak aman saat bergesekan dengan kulit payudara kita yang lembut. Jadi pilihlah bra dengan deain yang simpel dan nyaman.

Bagaimana, sudah siap berburu bra sehat? Semoga tips ini bermanfaat ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *