12 Khasiat Tea Tree Oil untuk Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tea tree oil adalah minyak dari pohon Melaleuca alternifolia yang merupakan keluarga dari tanaman penghasil minyak kayu putih yang ditemukan terutama di Australia dan Oceania. Tanaman ini berada dalam keluarga murad, dan resin dari pohon ini telah digunakan selama ratusan tahun oleh orang-orang di wilayah Australia dan Selandia Baru dalam bidang medis karena memiliki sifat antiseptik.

Penggunaan Tea Tree Oil pertama dimulai di Australia, di mana pribumi asli mengambil tea tree oil untuk digunakan dalam mengobati luka, luka bakar dan masalah kulit lainnya. Berikut adalah manfaat tea tree oil untuk perawatan kulit dan kecantikan.

1. Tea tree oil untuk jerawat

Tea tree oil adalah salah satu bahan pengobatan alami terbaik untuk jerawat. Tea tree oil memiliki sifat antibakteri yang kuat, karena itu dijadikan alternatif alami untuk benzoil peroksida, bahan kimia yang digunakan dalam perawatan jerawat.Tea tree oil tidak membuat kulit Anda merah dan mengelupas. Anda juga dapat menambahkan sekitar 10 tetes tea tree oil untuk mencuci muka biasa.

Jerawat juga bisa disebabkan oleh bakteri yang terakumulasi pada kuas makeup Anda, jadi pastikan untuk mencuci secara teratur. Anda dapat menambahkan beberapa tetes tea tee oil dari sampo bayi dan digunakan untuk mencuci kuas Anda.

Atau Anda dapat menambahkan beberapa tetes tea tree oil pada segelas air dan menempatkan campuran ini ke dalam botol semprot bersih, kemudian semprot sikat Anda dengan campuran antibakteri ini yang akan menetralkan bakteri dan akan membantu Anda untuk menyingkirkan jerawat.

Ambil 2-3 tetes tea tree oil dan 1 sdm madu dan yogurt. Oleskan campuran ini pada jerawat menggunakan jari Anda. Jangan menggunakannya terlalu tebal. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas wajah Anda. Masker ini dapat membebaskan wajah Anda dari jerawat hanya dalam waktu beberapa minggu.

2. Meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat

Beberapa tetes tea tree oil, dicampur dengan minyak esensial (minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak almond) yang dipijat ke kulit kepala Anda akan membuka folikel rambut, menutrisi akar dan membantu kulit kepala untuk menginduksi pertumbuhan rambut. Selalu ingat untuk mencampur dengan minyak esensial lain karena tea tree oil terlalu kuat untuk digunakan langsung ke kulit Anda.

3. Mengobati luka karena pisau cukur

Luka yang ditimbulkan pisau cukur dapat menjadi sangat tidak nyaman dan menyakitkan jika tidak ditangani dengan baik. Untuk menyembuhkannya, setelah bercukur, tambahkan beberapa tetes tea tree oil pada selembar kapas dan oleskan pada daerah yang terinfeksi. Minyak ini akan memberikan sensasi menenangkan pada kulit Anda. Anda juga dapat mencampurkannya dengan minyak kelapa untuk hasil yang maksimal.

4. Mengatasi ketombe

Tea tree oil sangat efektif melawan ketombe. Tea tree oil telah digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk ketombe selama bertahun-tahun. Hanya dengan menambahkan beberapa tetes tree tea oil yang dicampur dengan sampo biasa, kemudain cuci dan bilas seperti biasa. Gunakan perbandingan 5% atau sekitar 3-4 tetes tea tree oil untuk sampo Anda. Jangan menaruh tea tree oil langsung ke kulit kepala Anda.

5. Pengobatan untuk kulit kepala kering

Campur sedikit minyak Tea Tree dengan minyak esensial, seperti minyak jojoba, minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak almond dan pijat lembut ke rambut dan kulit kepala, dan biarkan selama sekitar setengah jam sebelum dicuci. Minyak akan melembabkan dan menyehatkan kulit kepala Anda dan membersihkan penyumbatan pada pori-pori.

6. Pelembab untuk kulit kering

Tea tree oil yang dicampur dengan minyak esensial sangat bagus untuk melembabkan kulit kering dan pecah-pecah. Campurkan 1-2 tetes tea tree oil dengan 1 sendok makan minyak almond, dan pijat lembut ke daerah yang kering, terutama pada lutut, siku dan tumit untuk melembabkan kulit yang kering.

7. Mengatasi rambut rontok

Tea tree oil merupakan obat untuk mengatasi rambut rontok yang akan membantu memelihara dan melembabkan rambut. Campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan beberapa sendok makan minyak Castor atau minyak Argan, pijat kulit kepala Anda dengan campuran ini selama beberapa menit, kemudian biarkan selama sekitar 1 jam, kemudian bilas. Pengobatan ini dapat memperlambat penipisan rambut, merevitalisasi dan menebalkan rambut pada saat yang sama.

8. Menyembuhkan luka bakar

Salah satu manfaat tea tree oil adalah minyak ini bisa menjadi pengobatan yang luar biasa untuk luka bakar ringan. Pada umumnya campurkan madu dengan tea tree oil dapat menenangkan rasa sakit, membantu proses penyembuhan dan mengurangi depresi karena luka bakar.

Namun Anda dapat juga mengkombinasikannya dengan gel lidah buaya. Pertama, cuci area yang terbakar dengan air dingin. Berikutnya, gunakan tea tree oil dicampur dengan gel lidah buaya di dalamnya. Terus lakukan perawatan ini secara teratur untuk menyembuhkan serta menahan jaringan parut pada kulit.

9. Ramuan anti-jamur

Tea Tree oil memiliki sifat anti-jamur dan antiseptik yang luar biasa. Encerkan dengan minyak esensial dan dapat Anda gunakan untuk kaki atau kuku yang terinfeksi jamur atau bakteri. Anda dapat menambahkan beberapa tetes tea tree oil untuk masker wajah buatan sendiri. Ini membantu Anda dalam membunuh bakteri dan mengeringkan jerawat.

Ambil 2 sdm bubuk tanah liat hijau dan campurkan dengan 3-4 tetes tea tree oil. Tambahkan air untuk membentuk pasta dan oleskan secara merata di daerah wajah dan leher Anda. Biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

Selain itu Anda dapat mencampurkan 1 sdt minyak jojoba dengan 3 tetes tea tree oil dan aduk dengan tomat cincang halus. Hancurkan campuran untuk membentuk pasta dan oleskan untuk membuat masker di wajah. Diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

Perawatan lainnya adalah dengan ¼ cangkir yogurt tawar dan tambahkan 5 tetes tea tree oil. Oleskan campuran ini pada wajah. Biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

11. Obat kumur alami

Anda secara alami dapat melawan bau mulut menggunakan tea tree oil. Encerkan 1 atau 2 tetes Tea Tree oil dalam segelas air dan berkumurlah dengan campuran ini. Perhatikan, jangan sampai menelan campuran obat kumur ini.

12. Perawatan untuk bibir Anda

Tambahkan satu atau dua tetes Tea Tree oil untuk membuat lip balm biasa dan menggunakannya untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Lelehkan sekitar 1 cangkir beeswax dalam panci yang ditempatkan di atas air yang mendidih. Tambahkan 3 sendok makan minyak kelapa. Angkat setelah mendidih. Tambahkan 1 sendok teh minyak vitamin E dan 2-3 tetes tea tree oil. Kemudian tuang ke wadah dan biarkan dingin sebelum digunakan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *