Tips Mencegah dan Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kulit kering merupakan keadaan dimana kulit menjadi kasar saat disentuh dan muncul sisik-sisik halus. Umumnya, kondisi kulit yang kering dapat memicu timbulnya jerawat dan tanda-tanda penuaan dini. Oleh karena itu, jika anda mengalami kondisi kulit yang kering maka sebaikya sesegera diatasi.

Salah satu cara yang sering digunakan untuk mengatasi kulit wajah yang kering adalah penggunaan produk pelembab kimiawi. Namun, biasanya produk-produk pelembab tersebut mengandung alkohol yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Terutama bagi seseorang yang mempunyai jenis kulit sensitif.

Cara Alami Mengatasi Kulit Kering

Sebenarnya kulit kering juga dapat diatasi dengan penggunaan bahan-bahan alami, seperti minyak zaitun. Bahan-bahan alami dapat membantu proses produksi sebum (kelenjar minyak) dan mengembalikan kelembaban alami kulit. Dikutip dari everydayhealth, berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan kulit kering.

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami yang bekerja sebagai pelembab dan pembersih kulit. Kandungan berbagai vitamin, khususnya vitamin E di dalam minyak zaitun dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat efek radikal bebas. Anda dapat mengoleskan minyak zaitun pada wajah setiap malam. Kemudian bilas dengan air di keesokan paginya. Dalam beberapa minggu, kulit pun akan terasa lebih lembut dan bersih.

Masker alpukat

Masker alpukat dapat membantu meningkatkan kelembaban serta memberikan ketenangan pada kulit yang kering. Penggunaan masker alpukat ini dapat dicampur dengan minyak zaitun untuk memperoleh hasil yang lebih optimal. Alpukat mempunyai efek hidrasi lebih besar dibandingkan produk pelembab kimiawi.

Cara pemakaiannya, campurkan 1 sdm jus alpukat, 1 sdm madu, dan 1 sdt minyak zaitun. Aduk semua bahan hingga rata. Oleskan pada wajah secara lembut. Selanjutnya, diamkan hingga masker mengering (sekitar 15-20 menit). Lalu bilas dengan air hingga bersih. Apabila anda menggunakannya secara teratur (2-3 kali dalam seminggu), maka kulit akan terasa semakin lembab.

Scrub gula dan minyak zaitun

Gula merupakan bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk proses scrubbing kulit. Kandungan di dalam gula dapat membantu proses eksfoliasi (pengelupasan) kulit. Sehingga sel-sel kulit mati pun terlepas dan tergantikan dengan sel kulit yang lebih sehat.

Cara pemakaiannya, campurkan ½ cangkir gula dengan 2 sdm minyak zaitun. Anda juga dapat menambahkan minyak esensial, seperti minyak lavender untuk memberikan efek relaksasi. Selanjutkan oleskan campuran tersebut pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Masker oatmeal dan madu

Oatmeal merupakan bahan alami yang dapat memberikan efek hidrasi pada kulit, sehingga meningkatkan kelembaban kulit. Sedangkan madu telah lama dikenal sebagai pelembab alami.

Cara pemakaiannya, campurkan 2 sdm oatmeal dengan 1 sdm madu serta sedikit air. Aduk hingga rata, kemudian oleskan pada wajah secara lembut. Diamkan selama 15-20 menit hingga masker mengering. Setelah masker mengering, bilas wajah dengan air hingga bersih.

Tips Mencegah Kulit Menjadi Kering

Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya kulit kering, yaitu:

  • Gunakan pelembab di setiap hari untuk memberikan nutrisi pada kulit
  • Gunakan krim tabir surya setiap beraktifitas di luar ruangan, karena sinar UV dapat merusak lapisan kolagen dan membua kulit menjadi kering
  • Hindari penggunaan air yang terlalu panas untuk mandi. Lebih baik mandi dengan air dingin karena dapat menutup pori-pori
  • Jangan mencuci wajah dengan sabun terlalu sering karena dapat mengurangi kelembaban kulit

Demikianlah tips mengatasi dan mencegah terjadinya kulit kering. Semoga bermanfaat.

(photo: atlantichealinghemp.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *