6 Tips Menghilangkan Komedo secara Praktis dan Aman

Loading...

DOKTERCANTIK.COM –  Sebagian besar wanita biasanya memiliki masalah pada kulit wajah mereka, salah satunya adalah komedo. Tentu sangat tidak menyenangkan, selain itu komedo juga dapat mengurangi rasa percaya diri. Komedo adalah penyumbatan kotoran pada pori-pori kulit yang berasal dari sisa make up, kelebihan minyak maupun kotoran akibat polusi dan debu. Komedo biasanya terdapat pada daerah sekitar hidung dan sekitar mata.

Berikut kami akan berbagi tips untuk anda bagaimana cara menghilangkan komedo secara praktis dan aman. Cara alami ini sangat mudah diterapkan dengan bahan-bahan yang juga mudah didapatkan. Penerapan secara rutin akan mengusir komedo dari kulit wajah, wajahpun akan kembali bersih dan bebas komedo yang mengganggu.

1. Putih Telur

Sejak dulu putih telur memang sudah terkenal sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan wajah, dan salah satu manfaatnya adalah dapat menghilangkan komedo. Cara penggunaannyapun cukup praktis.

Ambillah satu butir telur kemudian pisahkan antara bagian kuning telur dan putih telur. Yang digunakan adalah bagian putih telur saja. Campurkan putih telur dengan 1 sendok teh madu lalu aduk hingga merata setelah itu sapukan ke bagian wajah anda terutama yang berkomedo.

Biarkan hingga kering kurang lebih 20-30 menit setelah itu cuci dengan air (anda bisa menggunakan air biasa maupun air hangat). Lakukanlah secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Pasta gigi

Ternyata tidak hanya digunakan untuk membersihkan daerah gigi, gusi dan mulut, pasta gigi juga dapat membersihkan komedo pada wajah anda. Caranya adalah campurkan pasta gigi dengan garam kurang lebih ¼ sendok lalu aduk hingga rata.

Cucilah wajah anda dengan air hangat agar pori-pori wajah terbuka setelah itu oleskan campuran pasta gigi ke bagian wajah yang berkomedo. Pijat dengan lembut bagian wajah tersebut dengan cara dipijat ke depan dan tunggu hingga cukup kering setelah itu cuci bersih wajah anda.

3. Uap air

Anda dapat memanfaatkan uap air untuk menghilangkan komedo secara instan. Caranya adalah cuci bersih wajah anda terlebih dahulu dengan menggunakan scrub dan cleansing susu jika ada, jika tidak anda bisa menggunakan pencuci muka yang biasa anda gunakan. Setelah benar-benar bersih, keringkan dengan menempel-nempelkan handuk muka.

Masak air panas hingga mendidih dan campurkan sedikit garam, setelah mendidih angkat dan pindahkan ke baskom. Uapilah wajah anda dengan menghadapkan wajah ke baskom sekitar 10-15 menit (sebaiknya bungkuslah rambut anda dengan handuk untuk hasil maksimal).

Setelah itu cobalah memencet komedo secara perlahan dan lembut, ini mempermudah komedo keluar tanpa membuat kulit wajah memerah akibat dipencet.

4. Oat

Oat terbuat dari bahan gandum yang dapat menyedot kelebihan minyak pada wajah dan juga menghilangkan komedo. Caranya adalah campurkan oat dengan air hingga berbentuk pasta kemudian oleskan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya secara menyeluruh sambil dipijat lembut .

Diamkan kurang lebih 15-20 menit (sampai kering) lalu cuci kembali dengan air hangat (suam-suam kuku) sehingga komedo dan sel-sel kulit mati pada wajah anda dapat terangkat. Lakukan perawatan ini setiap hari atau minimal 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Pepaya

Buah kuning yang satu ini memang sangat kaya manfaat untuk kecantikan kulit anda. Pepaya sering dijadikan masker untuk membuat kulit wajah kencang, putih, dan halus, termasuk menghilangkan komedo.

Caranya adalah blender buah papaya yang telah masak hingga berbentuk pasta dan siap dijadikan masker. Anda juga dapat mencampurkan dengan susu dan madu untuk mendapatkan manfaat maksimal. Mulailah menerapkan masker pepaya anda dengan cara mengoleskan secara merata pada wajah dan diamkan hingga kering kurang lebih 20-30 menit lalu cuci bersih dengan air hangat.

6. Lemon atau Jeruk nipis

Anda dapat menggunakan lemon atau jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat untuk menghilangkan jerawat, noda hitam, kandungan minyak berlebih, melepas sel kulit mati dari permukaan kulit dan tentunya mengatasi komedo.

Caranya adalah balurkan perasan lemon atau jeruk nipis pada daerah kulit wajah yang memiliki komedo secara rutin pada malam hari dan biarkan hingga pagi hari agar kulit wajah dapat terbebas dari komedo.

**

Demikianlah tips menghilangkan komedo dengan praktis dan aman. Tidak ada salahnya jika anda mencobanya karena tips dari kami adalah dengan memanfaatkan bahan alami sehingga tidak memiliki efek samping yang membahayakan untuk wajah anda, selamat mencoba.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *