5 Bahan Alami Yang Ampuh Menghilangkan Jerawat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Jerawat adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh sebagian besar orang, terutama para remaja. Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit, namun munculnya jerawat pada wajah dapat mengganggu penampilan.

Oleh karena itu, banyak produk-produk di pasaran yang menawarkan berbagai kandungan untuk menghilangkan jerawat. Sayangnya, tidak semua orang dapat menghilangkan jerawat dengan mudah.

Beberapa faktor penyebab jerawat adalah hormon yang tidak seimbang, gaya hidup yang tidak sehat, diet yang salah, dan alergi. Selain menggunakan obat jerawat berbahan kimia, jerawat juga dapat diatasi dengan bahan-bahan alami. Penggunaan bahan-bahan alami secara rutin dapat membantu menghilangkan jerawat.

Berikut ulasan tentang 5 bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan jerawat.

Gunakan minyak zaitun di malam hari

Minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin yang dapat membantu menghilangkan jerawat serta menghaluskan kulit. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun sebagai penghapus sisa make-up di malam hari.

Caranya, oleskan beberapa tetes minyak zaitun pada wajah secara merata. Pijat dengan lembut agar kandungan minyak dapat meresap ke dalam kulit. Diamkan semalaman, lalu bilas dengan air di keesokan paginya.

Masker madu di pagi hari

Selain dapat melembabkan kulit, madu juga berperan sebagai antibakteri yang dapat mencegah dan menghilangkan jerawat.

Caranya, oleskan ½ sdm madu murni mentah pada wajah yang kering. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas wajah dengan air. Untuk memperoleh hasil yang optimal, gunakan masker madu ini setiap hari sebelum mencuci muka di pagi hari.

Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung senyawa asam yang dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati, mengurangi jerawat, serta menyeimbangkan pH kulit. Anda dapat mengoleskan beberapa tetes cuka sari apel pada wajah yang berjerawat. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Gunakan cuka sari apel sebanyak 3 kali dalam seminggu setiap malam hari.

Masker madu, kayu manis, dan pala

Penyembuhan jerawat secara alami dapat dilakukan dengan membuat campuran madu, kayu manis, dan pala. Caranya, campurkan ½ sdm parutan kayu manis dengan 1 sdm madu. Kemudian tambahkan ½ sdm parutan pala.

Aduk campuran hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Setelah kering, bilas wajah dengan air hingga bersih.

Eksfoliasi dengan baking soda

Baking soda juga berpotensi untuk menghilangkan jerawat. Namun kandungan di dalam baking soda bersifat cukup keras untuk kulit. Jika anda ingin menggunakan baking soda untuk menghilangkan jerawat, maka cukup gunakan 1 kali dalam seminggu.

Caranya, campurkan baking soda dengan air secukupnya. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Perawatan ini dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati, meratakan warna kulit, mengurangi jerawat, dan menghilangkan komedo.

Jika anda tidak mempunyai baking soda, maka dapat menggunakan gula. Kandungan di dalam gula juga dapat membantu proses eksfoliasi (pengelupasan sel-sel kulit mati). Selain itu, gula juga lebih bersifat ringan dibandingkan baking soda.

Penggunaanya cukup mudah, anda dapat mencampurkan 1 sdm gula dengan ½ sdm madu. Oleskan pada wajah hingga merata. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

**

Demikianlah bahan-bahan alami yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Untuk memperoleh hasil yang optimal, sebaiknya lakukan perawatan di atas secara rutin 2-3 kali dalam seminggu hingga mencapai hasil yang diinginkan. Semoga dapat bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *