6 Tips Make Up bagi Kulit Berminyak

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Memiliki kulit berminyak memang tidak selalu buruk. Anda pun tak perlu terlalu mengkhawatirkan timbulnya garis halus atau keriput wajah lebih cepat karena kulit anda selalu bisa melembut secara alami.

Namun, kulit berminyak menjadi tantangan tersendiri bagi anda yang gemar menggunakan riasan, terutama untuk mempertahankan riasan agar tetap awet sepanjang hari, apalagi saat musim panas.

Pastinya, tak ada orang yang mau merapikan riasan setiap jam, maka berikut adalah beberapa tips agar riasan wajah tetap awet sepanjang hari, meski tipe wajah anda berminyak.

Bersihkan wajah di pagi hari

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah pastikan anda membersihkan wajah dengan benar di pagi hari. Anda juga perlu menggunakan pembersih wajah yang paling tidak mengandung 2% salicylic acid. Salicylic acid akan membuang minyak berlebih pada kulit, namun tak akan mengeringkan kulit.

Pastikan juga untuk selalu mencuci tangan sebelum membersihkan wajah, atau anda hanya akan memindahkan minyak atau kotoran di tangan ke wajah anda saja.

Waspada dengan apa yang dimakan

Makanan juga memainkan peran penting bagi kondisi kulit wajah anda. Jika anda memiliki kulit berminyak, maka pastikan anda tidak terlalu banyak berkeringat saat beraktivitas seharian.

Hindari mengkonsumsi makanan yang panas, terlalu pedas, dan mengandung alkohol. Anda pun harus lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, seperti wortel dan bayam. Vitamin akan memperlambat produksi minyak di kulit.

Pakai moisturizer bebas minyak

Meski, tipe kulit anda berminyak, tetap diperlukan moisturizer agar tetap terawat. Gunakan moisturizer ringan yang bebas minyak dan tak mengandung krim. Pastikan untuk selalu menerapkan moisturizer sebelum menggunakan riasan pada wajah.

Gunakan bedak sebelum foundation

Aplikasikan bedak terlebih dulu, sebelum anda menggunakan foundation, walau mungkin agak terlihat aneh, namun ini merupakan cara yang baik untuk menahan minyak hingga beberapa saat. Bedak akan mengisi pori-pori pada kulit dan mencegah minyak keluar. Cobalah untuk menerapkan bedak pertama kali, dan lihatlah wajah anda akan bebas dari minyak selama 8 jam.

Pakai matte

Hal lain yang membuat riasan anda tahan lama adalah menggunakan matte primer. Ini berguna untuk tipe kulit apa pun, terutama bagi pemilik kulit berminyak. Aplikasikan matte primer sehingga akan menghasilkan kanvas halus pada sisa riasan wajah anda.

Yang lebih penting, matte primer juga dapat menjadi dasar sempurna untuk membuat riasan anda tahan lama berjam-jam. Namun, jika anda punya kompleksi wajah berminyak, anda harus minimal menggunakan matte bebas minyak, pada bagian dahi, hidung, dan dagu, setelah membersihkan wajah.

Pakai foundation yang tepat

Memilih foundation yang tepat bagi kulit berminyak juga penting untuk membuat riasan wajah tetap baik dan tampak awet. Untuk riasan wajah yang tahan lama, pilih foundation yang bebas minyak berbasis matte yang tak mengandung pewangi.

Lebih baik juga jika anda mengaplikasikan foundation dengan kuas bulu yang halus, jika anda punya kulit berminyak. Hal itu akan mengisi pori-pori wajah dengan lebih baik dan menyerap minyak berlebih pada wajah.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *