Kandungan dan Manfaat Buah Kelapa

Loading...

Kelapa dengan bahasa ilmiahnya Cocos nucifera adalah tanaman yang buahnya berukuran cukup besar dengan aneka manfaat bagi manusia yang bisa didapatkan mulai dari akar pohon, batang, buah hingga daun kelapa sendiri.

Pada buah kelapa yang sudah tua, kita bisa memanfaatkan dagingnya untuk bahan sayuran dan untuk bahan pembuatan minyak kelapa.

Pada buah kelapa muda baik daging maupun air dari kelapa muda terkandung berbagai unsur vitamin dan mineral serta senyawa lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Kandungan dan manfaat buah kelapa telah terbukti dapat mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit serta bisa dijadikan resep perawatan kecantikan.

Kandungan dan Manfaat Buah Kelapa

Kandungan nutrisi  pada air kelapa tua terdiri atas protein, karbohidrat, lemak dan air. Selain itu, air kelapa tua juga mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks.

Pada air kelapa muda terkandung berbagai unsur vitamin dan mineral seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium, besi, tembaga, fosfor, sulfur, dan klorin. Selain itu mineral yang terkandung pada air kelapa lainnya seperti nitrogen, kalium,  klorin dan besi. 

Dengan beberapa kandungan diatas membuat buah kelapa sangat manjur untuk mengobati beberapa jenis penyakit seperti:

  • Air kelapa dapat membersihkan saluran pencernaan, sebagai penawar racun (antitoksin) karena obat, memperbaiki sirkulasi darah di tubuh, menstabilkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi organ jantung serta mengobati penyakit ginjal.
  • Air kelapa bersifat antioksidan untuk melawan radikal bebas, sehingga secara tidak langsung berfungsi menjaga kesehatan kulit, meningkatkan sistem imun dan mencegah penyakit yang diakibatkan oleh virus, jamur, protozoa, dan bakteri dan bebeapa penyakit lainnya.

Selain fungsi diatas, buah kelapa juga dapat dijadikan resep alami untuk perawatan kecantikan dan mengobati beberapa penyakit lainnya seperti:

1. Telapak Kaki Pecah-Pecah

Gunakan tepung beras yang telah direndam air kelapa muda sebagai bedak lulur pada telapak kaki yang mengalami pecah-pecah setiap hari selama 3 hari. Cara membuat ramuan ini dengan merendam beras dalam tempurung yang di campur dengan air kelapa muda selama 24 jam sebelum beras dijadikan tepung.

2. Obat Bekas Luka Bakar

Untuk mengobati bekas luka bakar, kita bisa membuat ramuan dari campuran bubuk kunyit, air kapur sirih dan air kelapa muda dan dijadikan sebagai bahan oles. Lakukan hal ini hingga bekas luka bakar anda tersamarkan.

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

Menggunakan air kelapa muda untuk mencuci wajah secara rutin ternyata dapat menyembuhkan dan menghilangkan flek hitam, bekas jerawat, serta mencegah keriput wajah karena penuaan dini.

4. Mengobati Jerawat Membandel

Untuk urusan jerawat membandel dapat juga digunakan campuran air kelapa muda satu gelas dan pasta kunyit 25 gram lalu diamkan selama 12 jam, setelah itu barulah ditambahkan bubuk cendana 3 sendok teh kemudian aduk hingga rata kemudian rendam lagi ramuan tersebut selama 3 hari. Setelah itu, saring hingga bersih dan siap dipakai.

Oleskan ramuan ini secara teratur pada bagian muka yang berjerawat hingga mendapatkan hasil maksimal.

5. Membersihkan Kulit Bayi dalam Kandungan

Air dan daging kelapa muda dipercaya akan membuat kulit calon bayi bersih dan berbau harum setelah bayi di lahirkan. Karena itu, di kampung-kampung banyak orang tua yang menyarankan kepada ibu hamil untuk selalu meminum air kelapa dan memakan daging buah kelapanya.

6. Mencegah Uban

Sering munggunakan air kelapa sebagai bahan keramas akan memperlambat timbulnya uban, menyuburkan rambut sekaligus mencegah kerontokan rambut.

7. Mencegah Dehidrasi

Meminum  air kelapa muda setelah beraktifitas akan mengganti cairan dan ion tubuh yang hilang untuk mengembalikan stamina dan energi baru bagi tubuh.

8. Menyembuhkan Demam Berdarah

Gunakan campuran air kelapa muda dan perasan jeruk nipis, garam 7 butir dan madu secukupnya lalu di minum 3 kali sehari dan setiap kali minum satu gelas untuk mengobati penyakit akibat demam berdarah.

9. Meningkatkan Gairah Lelaki

Mau meningkatkan gairah seksual lelaki? Minum saja ramuan air kelapa muda yang di campur madu secukupnya setiap hari.

****************

Kandungan dan manfaat buah kelapa untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit masih menjadi obat tradisional pilihan yang terpercaya hingga saat ini.

Jadi bagi anda yang mempunyai masalah dengan beberapa penyakit diatas, mungkin tak ada salahnya jika anda mencoba secara rutin mengkonsumsi air dan daging buah kelapa.

Salam sehat!

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Kandungan dan Manfaat Buah Kelapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *