8 Cara Untuk Menghilangkan Karang Gigi

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Karena letaknya di dalam mulut dan cenderung jarang terlihat, permasalahan karang gigi mungkin sering luput dari perhatian kita. Bahkan mungkin kita tidak begitu peduli dengan karang gigi tersebut. Jika karang gigi masih sedikit mungkin tidak akan begitu kentara, namun bagaimana jika  terus dibiarkan? Bukankah karang gigi tersebut malah akan menumpuk?

Karang gigi yang menumpuk akan menyebabkan masalah-masalah lain pada gigi kita seperti gigi berlubang, penyakit gusi dan sariawan sampai bau mulut. Nah kamu tidak ingin kan menjadi tidak percaya diri ketika berbicara dengan orang lain dengan mulut yang bau?

Makanya, sebagai salah satu penyebab bau mulut, dan juga untuk mencegah masalah-masalah lainnya karang  gigi harus dibersihkan. Apakah kita  harus ke dokter untuk membersihkan karang gigi? Tidak harus selalu ke dokter kok, apalagi jika karang gigimu masih sedikit.

Kita bisa kok membersihkan karang gigi sendiri di rumah. Berikut cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karang gigi:

Rajin sikat gigi       

Karang gigi disebabkan oleh sisa makanan yang menempel di gigi saat kita makan. Terkadang kita sikat gigi asal-asalan saja sehingga tidak semua sisa makanan terbersihkan.  Sisa –sisa makanan tersebut akan mengeras dan menyebabkan munculnya karang gigi.

Jika demikian, untuk mencegah dan menghilangkan karang gigi hal pertama yang harus kita lakukan adalah rajin menggosok gigi, terutama setiap setelah makan agar sisa makanan langsung bisa langsung kita bersihkan dari gigi. Tentunya kita menggosoknya dengan cara yang benar agar tidak ada lagi sisa makanan yang tersisa.

Menggunakan kulit jeruk

Kulit buah terkadang kita buang begitu saja padahal beberapa buah tertentu mempunyai kulit yang tak kalah bermanfaat juga lho. Salah satunya adalah kulit buah jeruk. Kulit jeruk ternyata bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mengurangi karang gigi.

Bagaimana caranya? Cukup digosokkan ke bagian dalam gigimu setiap selesai makan. Selain mengurangi karang gigi, kulit jeruk juga bisa menghilangkan bau mulut. Nah, patut dicoba tuh.

Menggunakan biji cengkeh

Tumbuhan rempah beraroma harum ini ternyata juga bisa menghilangkan karang pada gigi. Bagaimana caranya? Ambil segenggam biji cengkeh yang sudah dikeringkan kemudian haluskan lalu gosokkan pada gigi. Sama seperti kulit jeruk kamu juga dapat bonus nafas segar lho.

Memakan apel

Kamu pasti sudah tahu kan kalau apel adalah buah yang mengandung banyak vitamin C. Nah buah ini juga bisa mengurangi karang pada gigi. Caranya? Rajinlah menkonsumsi apel setiap hari.

Mengkonsumsi melon

Selain memakan apel memakan melon ternyata juga bisa mengurangi karang gigi. Kenapa? Karena melon bisa merangsang produksi air liur. Dengan demikian, gigi kita bisa dibersihkan dengan lebih maksimal.

Mengurangi konsumsi makanan manis dan terbuat dari tepung

Karang gigi bisa disebabkan oleh makanan yang terbuat dari tepung  dan berkadar gula tinggi. Jadi untuk menghindari dan mengurangi karang gigi kita harus mengurangi kosumsi makanan-makanan tersebut.

Menggunakan Buah Sukun

Cara menghilangkan karang gigi secara alami berikutnya adalah dengan getah buah sukun. Sejak lama di tanah Jawa getah buah sukun mampu mengobati berbagai macam penyakit gigi. Jika digunakan secara rutin maka mampu menghilangkan karang gigi secara efektif.

Banyak Minum Air Putih

Mengkonkumsi banyak air putih memang sangat bemanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada tubuh kita. Air putih bermanfaaat untuk kesehatan kulit, kelancaran pencernaan, melancarkan metabolisme serta detoksifikasi. Masalah karang gigipun bisa diatasai dengan minum air putih yang cukup. Kenapa?

Jawabannya simpel saja karena air putih akan membersihkan sisa-sisa makanan dan membawanya sekaligus ke dalam tubuh saat kita menelan air. Cara lain memanfaatkan air putih juga bisa kita lakukan dengan berkumur-kumur agar sisa makanan yang tersisa tersapu air tersebut.

**

Nah, itulah cara-cara alami yang bisa kita lakukan untuk mengurangi karang gigi. Namun, bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati kan? Jadi sebelum karang gigi menyebabkan  masalah pada gigimu, biasakanlah untuk selalu menjaga kebersihan gigi.

Caranya? Rajin-rajin gosok gigi setidaknya sehati dua kali, atau setiap selesai makan. Kemudian biasakan mengkonsumsi banyak air putih agar sisa makanan tidak tinggal dan melekat di gigi. Oke, selamat mencoba ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *