9 Camilan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Ngemil selalu diidentikkan dengan kebiasaan buruk yang dapat merusak program diet. Padahal tidak semua camilan itu berperan drastis dalam menaikkan bobot badan. Beberapa studi telah membuktikan bahwa camilan sehat yang mengandung rendah kalori dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

Di samping itu, mengemil makanan sehat juga membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama serta mencukupi nutrisi tubuh. Berikut 9 camilan sehat untuk menurunkan berat badan, diulas secara lengkap.

Grapefruit

Grapefruit adalah salah satu buah sejenis jeruk yang dapat dikonsumsi sebagai camilan sehat. Sebah penelitian terbaru menemukan bahwa grapefruit membantu menekan nafsu makan. Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa mengonsumsi grapefruit setiap hari di sela-sela waktu makan akan membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

Apel

Apel adalah salah satu buah yang banyak digemari masyarakat. Buah yang memiliki rasa asam, manis, dan segar ini dapat dijadikan sebagai camilan sehat penurun berat badan. Sebuah penelitian di Brazil menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi 3 buah apel sehari akan kehilangan lebih banyak berat badan dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi apel.

Almond

Almond adalah salah satu dari camilan sehat yang berkhasiat menurunkan berat badan. Almond merupakan makanan rendah kalori, tetapi sarat dengan protein dan serat yang dapat meningkatkan energi tubuh. Di samping itu, almond juga dapat mengurangi kadar kolesterol buruk (LDL) di dalam darah dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Alpukat

Banyak orang menghindari konsumsi alpukat karena dianggap mengandung banyak lemak. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Lemak yang terkandung di dalam alpukat adalah jenis lemak tak jenuh (lemak baik) yang tidak akan menambahkan bobot badan Anda. Alpukat juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat dikatakan bahwa alpukat merupakan pilihan tepat untuk camilan sehat.

Popcorn

Tahukah anda bahwa popcorn adalah salah satu makanan rendah kalori? Ya, popcorn merupakan camilan sehat yang tidak akan merusak program diet anda. Kendati demikian, pastikan untuk tidak mengonsumsinya dengan tambahan gula ataupun mentega.

Coklat hitam

Coklat adalah makanan favorit sebagian besar wanita. Sayangnya, sebagian besar wanita takut mengonsumsi coklat karena dapat menaikkan berat badan dengan drastis. Namun hal itu tidak berlaku untuk coklat hitam.

Mengonsumsi coklat hitam dapat membantu menurunkan berat badan dan mengontrol lonjakan insulin. Jika anda ingin menjadikan coklat hitam sebagai camilan, pastikan memilih jenis coklat hitam yang murni (setidaknya mengandung 70% kakao) dan tidak mengandung banyak zat pemanis buatan.

Biji labu

Biji labu adalah salah satu dari makanan ringan yang dapat menurunkan berat badan. Biji labu mengandung rendah kalori (1/4 cangkir terdiri dari 200 kalori), sarat protein dan serat. Selain itu, biji labu juga sumber terbaik dari magnesium yang berguna untuk memperkuat tulang dan melancarkan sirkulasi darah.

Seledri

Seledri adalah salah satu sayuran yang kaya akan kandungan air dan serat. Kandungan tersebut menjadikan seledri sebagai pilihan tepat sebagai camilan sehat untuk penurun berat badan. Seledri juga mengandung vitamin dan sejumlah mineral yang dapat memberikan nutrisi bagi tubuh.

Smoothies

Anda bosan mengonsumsi buah buah dan sayuran secara langsung? Jika anda bosan, maka tidak ada salahnya mencoba resep smoothies untuk camilan sehat.

Pastikan anda menggunakan bahan-bahan dari sayuran dan buah-buahan yang segar dan rendah kalori. Namun usahakan untuk tidak menambahkan krim secara berlebihan, karena krim mengandung tinggi kalori yang dapat memicu kenaikan berat badan.

Jadi, manakah camilan favorit anda untuk menurunkan berat badan?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *