9 Perawatan Alami Untuk Mengatasi Keloid Pada Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Keloid biasanya terjadi saat ada pertumbuhan jaringan ikat berlebihan pada bekas luka. Ada kalanya luka kecil pun dapat menyebabkan keloid. Keloid ini tentu dapat mengganggu penampilan Anda dan membuat Anda tidak percaya diri.

Berbagai perawatan mahal dan produk kimia telah dijual di pasaran untuk mengatasi keloid pada kulit, namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba perawatan alami berikut ini yang mudah dan murah untuk menghilangkan keloid dan mengembalikan kecantikan Anda seperti semula.

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel dikenal sangat efektif dalam menyingkirkan keloid karena dapat membantu meminimalkan tampilan kemerahan dan ukuran keloid.

Terapkan satu sendok makan cuka sari apel langsung pada bekas luka. Pijat lembut daerah bekas luka sehingga cuka sari apel dapat diserap sepenuhnya oleh bekas luka. Biarkan cuka sari apel mengering sendiri. Setelah mengering, ulangi proses.

Hal ini dapat dilakukan beberapa kali. Hasilnya dapat dilihat setelah sekitar satu bulan setelah melakukan proses ini setiap hari.

2. Gel lidah buaya

Lidah buaya telah dikenal sebagai pengobatan alami yang baik untuk rambut rontok, namun juga dapat efektif dalam menyingkirkan keloid. Lidah buaya memiliki sifat revitalisasi dan dapat membantu meregenerasi kulit. Ini juga dapat membantu bekas luka lebih cepat sembuh sehingga Anda tidak akan memiliki masalah dengan keloid pada kulit.

Bersihkan daerah bekas luka sangat hati-hati sehingga bebas dari kotoran dan bakteri. Oleskan gel lidah buaya pada bekas luka sehingga dapat membuat penyembuhan menjadi lebih cepat. Biarkan gel tetap di atas bekas luka selama beberapa jam.

3. Baking soda

Banyak orang tidak menyadari bahwa baking soda juga sangat efektif dalam menyingkirkan keloid karena memiliki sifat yang cukup abrasif dan dapat membantu kulit mati dikelupas.

Campur baking soda dengan hidrogen peroksida. Tempatkan pasta pada daerah di mana bekas luka tersebut. Anda juga dapat menempatkannya langsung pada keloid.

4. Minyak kelapa

Menyingkirkan keloid sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat sederhana, yang perlu Anda lakukan adalah dengan hanya memijat daerah di mana bekas luka terbentuk. Ada kalanya bekas luka terbentuk karena tidak ada sirkulasi darah yang cukup.

Ketika pijatan dilakukan biasanya di daerah bekas luka berada, sel-sel kulit mati juga bisa dihilangkan. Hal ini dapat mencegah keloid terbentuk. Gunakan minyak kelapa untuk memijat. Lakukan perawatan ini secara teratur.

5. Lemon

Jus lemon mengandung banyak sifat yang dapat mencegah munculnya keloid. Jus lemon memiliki vitamin C yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat. Lemon juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah munculnya keloid. Jika keloid yang sudah ada, memanfaatkan jus lemon dapat Anda coba untuk mengubah penampilan secara keseluruhan.

Oleskan jus pada daerah di mana ada bekas luka. Cuci daerah tersebut dengan air hangat. Ulangi proses ini sekali setiap hari untuk hasil yang terbaik.

6. Madu

Madu juga dapat digunakan sebagai pengobatan alami terhadap keloid. Hal ini karena madu memiliki beberapa sifat yang dapat membantu menyembuhkan dan melembabkan kulit. Ini tentu saja dapat mengurangi ukuran keloid. Pijat daerah bekas luka dengan madu. Lakukan perawatan ini sekitar 2-3 kali sehari.

7. Minyak lavender

Minyak lavender adalah salah satu dari minyak esensial yang sangat efektif dalam menyingkirkan keloid, karena memiliki sifat meregenerasi kulit. Ini berarti bahwa minyak lavender dapat mengurangi ukuran dan tampilan keloid bila digunakan dari waktu ke waktu.

Gunakan beberapa tetes minyak lavender di atas keloid. Pijat lembut pada keloid untuk memungkinkan minyak diserap dengan baik. Lakukan ini selama sekitar 15 menit. Anda dapat mengulangi perawatan ini sekitar tiga kali sehari.

8. Kayu cendana

Cendana dikenal memiliki banyak sifat yang baik untuk kulit. Cendana merupakan toning yang dapat membersihkan kulit dari dalam. Cendana yang dicampur dengan air mawar dapat sangat bermanfaat bagi mereka yang mencari perawatan untuk menyingkirkan keloid.

Campurkan bubuk cendana dengan air mawar untuk membentuk pasta dan letakkan di bekas luka. Pastikan bahwa bubuk cendana dan air mawar kering secara alami di atas bekas luka sebelum dibersihkan.

9. Bawang putih

Bawang putih dapat mencegah proliferasi fibroplast yang merupakan salah satu alasan utama mengapa keloid muncul pada bekas luka. Gunakan minyak bawang putih dan letakkan di bekas luka. Biarkan minyak selama sekitar 10 menit kemudian cuci secara menyeluruh.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *