Diet Vegetarian, Manfaat dan Nutrisi Yang Harus Dipenuhi

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – “ Vegetarian”, sebuah kata yang saat ini terdengar  dan dianggap “keren” bagi sebagian orang. Jika dulu alasan seseorang menjadi vegetarian adalah karena tidak menyukai daging, sekarang “vegetarian” malah menjadi sebuah gaya hidup.

Banyak orang yang pada akhirnya memutuskan untuk menjadi vegetarian. Ada yang menjadi vegetarian  untuk alasan kesehatan, ada yang sekedar ikut trend, dan ada juga yang menjadi vegetarian untuk menurunkan berat badan atau kita kenal dengan nama diet vegetarian.

Dari sekian banyak jenis dan metode diet yang kita lakukan, diet vegetarian barangkali merupakan diet yang paling aman dan paling banyak dijalani oleh orang-orang dari  berbagai kalangan. Apa itu diet vegetarian?

Sekilas tentang Diet Vegetarian

Diet vegetarian adalah sejenis diet dimana seseorang hanya memakan  makanan olahan tumbuhan seperti sayur dan buah dan sama sekali tidak memakan makanan yang berasal dari hewan, termasuk makanan olahan hewan seperti telur, susu, ataupun keju.

Tidak mengkonsumsi makanan dari hewan ini bertujuan agar tidak menambah lemak dan kolesterol di dalam tubuh kita. Kelebihan lemak akan menimbulkan berat badan yang tidak ideal (kegemukan).  Dengan melakuan diet vegetarian, anda bisa mengontrol asupan lemak di dalam tubuh.

Sejarah Diet Vegetarian

Pertama kalinya, komunitas vegetarian muncul di Northwood, Kent Inggris sejak tahun 1847. Istilah vegetarian tersebut pertama kali digagas oleh Joseph Brotherton mengiringi dibentuknya komunitas Vegetarian Society tersebut. Kata ini berasal dari bahasa Latin vegetus, yang berarti keseluruhan, sehat, segar dan hidup.

Diet vegetarian kemudian berkembang semakin luas di berbagai belahan dunia. Bahkan di era sekarang, vegetarian menjadi sebuah gaya hidup modern yang banyak dilakukan oleh orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat. Tidak hanya orang yang ingin menurunkan berat badan saja, tetapi orang-orang yang sudah kurus sekalipun ikut menjadi vegetarian demi ikut trend.

Manfaat Diet Vegetarian

Tidak salah kenapa banyak orang-orang yang menjalani diet vegetarian saat ini sebab banyak sekali manfaatnya dalam kesehatan.

Hal yang paling utama sekali adalah diet vegetarian bisa menurunkan dan mengontrol berat badan sehingga kita  bisa mendapatkan berat badan yang lebih baik akibat terkontrolnya lemak yang masuk ke dalam tubuh kita.

Kedua, diet vegetarian bisa mengontrol dan mengurangi kolesterol yang banyak terdapat pada daging. Dengan tidak memakan daging berarti kita mengurangi kolesterol masuk ke dalam tubuh. Sebagaimana kita tahu, kolesterol, terumatama kolesterol LDL adalah penyebab penyumbatan pada arteri koroner yang menyebabkan seseorang terkena serangan jantung, penyakit paling mematikan di Indonesia.

Ketiga, dengan menjadi vegetarian kita bisa terhindar dari berbagai penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker lambung, kanker prostat dan kanker pankreas.

Menurut The Cancer Project, kanker bisa disebabkan oleh makanan tinggi lemak. Makanan tinggi lemak terdapat pada hewan kan? Nah, dengan tidak mengkonsumsi hewan berarti kita mengurangi asupan lemak.

Namun kita tahu kan kita harus mengkonsumsi empat sehat lima sempurna agar nutrisi terpenuhi dengan baik. Apakah semua bisa dipenuhi dengan tumbuhan?

Agar Nutrisi Tetap Terpenuhi Dalam Diet Vegetarian

Untuk protein, protein bisa kita dapatkan dari kacang-kacangan. Ingat ya, agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik serta untuk kesehatan sel-sel dalam tubuh kita, laki-laki harus mencukupi 60 gram protein setiap harinya sedangkan wanita  harus memenuhi 50 gram asupan protein.

Asam lemak esensial, bagaimanapun tubuh tetap membutuhkan sedikit lemak apalagi lemak esensial. Lemak esensial ini berfungsi menyerap sumber energi. Sumber esensial didapat dari walnut dan minyak kelapa.

Vitamin B12,Vitamin B12 didapatkan dari fermentasi kedelai.

Zat besi dan zinc, zat besi berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Nutrisi dari zat besi bisa kita dapatkan dari kismis dan kacang polong.

Kalsium untuk pembentukan tulang, kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalsium didapat dari brokoli, kubis dan rumput laut.

Untuk nutrisi seperti karbohidrat, vitamin, mineral bisa kita temukan pada banyak tumbuh-tumbuhan.

Apa kamu sudah siap untuk lebih sehat dengan menjalani diet vegetarian? Yakin bisa meninggalkan bakso, sate dan kawan-kawannya?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *