Mengenal Jenis Kutil dan Pengobatannya secara Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tidak sedikit orang yang memiliki kutil pada bagian kulitnya, daerah yang diserang oleh kutil pun bisa bervariasi. memang kutil bukanlah penyakit kulit yang berbahaya tetapi dapat mengurangi keindahan kulit anda, selain itu juga ada beberapa jenis kutil yang menyebabkan perih di kulit.

Kutil adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus HPV atau Human Papilloma Virus, kutil dikenal dengan istilah medis yakni Pappiloma yang merupakan sejenis tumor jinak pada kulit. Berikut ini kami akan berbagi info menarik untuk anda tentang mengenal jenis-jenis kutil dan pengobatannya, disimak ya.

Jenis-Jenis Kutil

1. Common warts
Merupakan jenis kutil yang memiliki tekstur yang kasar dan berupa benjolan menebal , benjolan ini disebut juga papula atau plak. Kutil jenis ini sering menyerang daerah jari dan buku jari serta siku dan lutut.

2. Plane Warts
Merupakan jenis kutil yang berbentuk bulat, datar, mulus dan berwarna kekuning-kuningan, coklat atau sesuai warna kulit penderitanya.

3. Filiform warts
Merupakan jenis kutil yang berbentuk panjang, kutil jenis ini menyerang kelopak mata, lehercdan ketiak.

4. Verrucas
Merupakan jenis kutil dengan ciri khas memiliki titik hitam ditengah dan daerah putih di sekitarnya yang mengeras. Kutil jenis ini menyerang daerah telapak kaki, jari kaki dan kadang-kadang tumit.

Pengobatan Kutil

1. Daun Dewa

Daun dewa dapat menjadi bahan alternative untuk mengobati kutil. Caranya cukup praktis, anda hanya perlu mengambil lima lembar daun dewa kemudian lumurkan pada kulit yang memiliki kutil setelah itu balutlah dan biarkan beberapa saat. Lakukan secara teratur hingga kutil benar-benar hilang.

2. Kapur sirih dan Lengkuas

Anda dapat menggunakan kapur sirih dan lengkuas untuk menghilangkan kutil pada kulit anda, caranya adalah tumbuk hingga halus sepotong lengkuas dan campurkan dengan kapur sirih secukupnya setelah itu tempelkan ramuan tersebut pada kulit yang memilki kutil. Lakukan secara teratur hingga kutil benar-benar hilang.

3. Asam salisilat

Asam salisilat dapat digunakan untuk menghilangkan kutil karena asam ini dapat melunakkan permukaan kutil sehingga kulit dapat meluruh dan mudah dirontokkan.

Caranya adalah oleskan asam salisilat pada kulit yang menderita kutil, lakukan secara rutin sehabis mandi. Menghilangkan kutil dengan asam salisilat biasanya membutuhkan waktu berminggu-minggu hingga bulanan, jadi anda harus bersabar ya.

4. Kulit pisang

Ternyata bukan hanya buah pisang yang nikmat dan bergizi untuk kesehatan tubuh bahkan kulit pisang pun dapat dimanfaat. Kulit pisang ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan kutil, cukup dengan mengoleskan kulit pisang pada bagian kulit yang memiliki kutil, lakukan berkali-kali secara teratur hingga kutil benarbenar hilang.

5. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu jenis bumbu masak yang sering anda jumpai di dapur, ternyata bawang putih juga dapat anda gunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan kutil.

Caranya adalah ambil 1 siung bawang putih kemudian tumbuk hingga halus setelah itu oleskan pada bagian kulit yang memiliki kutil lalu diperban dengan menggunakan kain kasa, atau bisa juga cukup dengan memotong-motong kecil bawang putih tersebut lalu balurkan kebagian kulit yang terserang kutil.

6. Kentang

Kentang dapat menghilangkan kutil karena kentang mengandung banyak potassium yang dapat membunuh virus HPV penyebab kutil, caranya adalah ambil satu biji kentang putih kemudian iris dan cuci hingga bersih setelah itu taruhlah pada bagian kulit yang terserang kutil.

7. Cuka

Salah satu penyedap rasa pada masakan yang memberikan cita rasa kecut atau asam ini ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kutil,caranya adalah anda bisa menggunakan cuka biasa atau cuka apel setelah itu teteskan beberapa tetes pada kapas lalu usapkan kapas tersebut pada kulit yang menderita kutil.

Lakukan cara ini setiap hari hingga kutil benar-benar hilang, mungkin ada akan merasakan perih pada kulit anda tetapi ini merupakan proses dari pelepasan kutil.

**

Demikianlah info dari kami mengenai jenis-jenis kutil dan cara mengobatinya dengan bahan alami, ada baiknya anda mendatangi dokter kulit anda jika belum berhasil menghilangkan kutil dengan cara yang telah kami sarankan, semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *