8 Perawatan Kecantikan Alami dengan Air Mawar

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Air mawar merupakan bahan alami yang memiliki manfaat besar pada kulit. Air mawar biasanya digunakan dalam banyak produk kosmetik karena aroma yang menyegarkan dan memiliki manfaat besar untuk kulit.

Cara Menyiapkan Air Mawar

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti ketika menyiapkan air mawar:

• Pilih beberapa kelopak mawar segar pagi setelah matahari terbit.
• Cuci kelopak menyeluruh dengan air bersih.
• Tempatkan kelopak dalam panci besar.
• Tuangkan air yang cukup untuk menutupi semua kelopak.
• Tutup panci dengan tutup dan didihkan dalam api kecil.
• Biarkan air menjadi uap sampai air telah berubah menjadi warna kelopak mawar.
• Saring air, biarkan sampai dingin turun dan menyimpannya dalam sebuah wadah.

Beberapa peradaban menggunakan air mawar dalam ritual spiritual mereka. Cleopatra menggunakan minyak mawar sebagai afrodisiak sekitar 3000 tahun yang lalu. Dia menggunakannya untuk mandi kelopak mawar dan susu.

Diyakini bahwa peradaban tua seperti Babilonia menggunakan minyak mawar dan air mawar dalam obat-obatan dan ritual, sedangkan di India, air mawar digunakan dalam masakan untuk keluarga kerajaan. Roma kuno juga menggunakan air mawar karena sifat antiseptik dan antibakteri. Mereka menggunakannya untuk mencuci tangan.

Selama abad pertengahan, air mawar digunakan untuk mengatasi stres dan depresi. Bahkan saat ini, air mawar digunakan untuk berbagai tujuan.

Manfaat Air Mawar Untuk Kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat Anda ambil dari penggunaan air mawar untuk perawatan kecantikan Anda.

1. Bahan anti-bakteri dan anti-septik kuat

Sifat anti-bakteri dan antiseptik ditemukan dalam air mawar berguna dalam banyak perawatan kecantikan. Ini membantu kita melindungi kulit dari debu, polusi, noda kemerahan, peradangan mata dan bahan-bahan berbahaya dari make up dan produk kecantikan.

Caranya ambil dua bola kapas, semprot atau celupkan bola kapas di air mawar secukupnya. Tempatkan ini di atas kulit wajah Anda selama 10-15 menit untuk mendapatkan manfaat terbaik.

2. Mengurangi stres dan kelelahan

Air mawar dapat mengurangi stres dan kelelahan yang dirasakan seseorang setelah duduk selama berjam-jam di depan komputer dan televisi. Siapkan air yang telah ditetesi oleh air mawar secukupnya. Kemudian bilas area mata Anda dengan air ini untuk meredakan kelelahan pada mata.

3. Mengobati lingkaran hitam

Air mawar juga bermanfaat untuk mengurangi lingkaran hitam pada mata. Semprotkan campuran susu dingin dan air mawar pada bola kapas Biarkan selama setidaknya 10 menit di mata Anda setiap hari. Anda akan melihat perubahan terlihat dalam 3-4 minggu.

4. Mengobati jerawat

Kombinasi air mawar dan bubuk cendana membantu dalam mengeringkan jerawat dan memudar bekas jerawat. Campur bubuk cendana dan air mawar dalam perbandingan 2: 1, misalnya 2 sdm bubuk cendana untuk 1 sdm air mawar. Buat pasta tebal dan oleskan pada wajah sampai mengering dan kemudian bilas.

Selain itu kombinasi air mawar dan jus lemon juga merupakan obat yang sangat baik untuk menyembuhkan jerawat. Campur 1 sdm air mawar dengan 1 sdm air jeruk lemon. Campur kedua bahan dengan baik. Cuci wajah dengan campuran ini untuk membantu pembukaan pori-pori dan biarkan selama 10 menit.

Proses ini membantu dalam pengeringan jerawat dan jus lemon juga membantu dalam memudarkan bekas jerawat. Sebelum menggunakan paket ini, ada baiknya Anda mengujinya pada siku atau leher untuk memastikan bahwa Anda tidak alergi atau sensitif terhadap jus lemon.

Jika Anda alergi terhadap asam sitrat atau memiliki kulit sensitif, Anda juga bisa menggunakan kombinasi dari pasta mentimun dengan madu dan air mawar. Ambil 5 cm mentimun segar dan hancurkan dengan 2 sdm madu dalam blender. Buatlah pasta halus dari keduanya, kemudian tambahkan air mawar.

5. Mengobati Kulit yang Terbakar sinar matahari

Air mawar dapat digunakan untuk mengobati ruam kulit yang disebabkan karena paparan sinar matahari dan efek terbakar. Hancurkan 10 sampai 15 lembar daun tulsi dan menambahkannya ke 200 ml air mawar. Simpan cairan ini dalam botol semprot dan dinginkan.

Air ini dapat digunakan sebagai semprotan tubuh setelah Anda beraktifitas di bawah sinar matahari. Semprot seluruh tubuh Anda untuk membantu menenangkan kulit.

6. Melembabkan bibir

Air mawar juga dapat digunakan untuk mengatasi bibir pecah pecah dan melembabkannya serta memberikan efek warna merah muda alami. Potong kecil-kecil bit dan biarkan mengering di bawah sinar matahari. Giling bit menjadi bubuk halus dan tambahkan satu sendok teh air mawar. Terapkan campuran ini merata di bibir Anda dan cuci setelah 15 menit.

7. Pembersih wajah

Air mawar dapat membersihkan wajah dari kotoran dan kulit mati dengan menggunakannya sebagai pembersih wajah. Campurkan satu cangkir air mawar, dua sendok teh gliserin dan 10 tetes minyak esensial mawar untuk membuat pembersih Anda sendiri di rumah.

8. Membuat nafas segar

Ada sejumlah masalah gigi yang dapat disembuhkan dengan bantuan air mawar. Air mawar dapat mengatasi masalah peradangan dan gusi berdarah. Hal ini juga dapat menguatkan gigi dan menyembuhkan nyeri gusi.

Jika Anda memiliki masalah dengan napas tidak sedap, air mawar dapat membantu Anda mengatasinya. Gunakan air mawar sebagai pencuci mulut setiap kali Anda merasa mulut Anda berbau, dan secara efektif air mawar akan menghilangkannya dan membuat nafas Anda segar.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *